Profil Kepemimpinan: Elang Gumilang

  1. Bagaimana suasana kerja di perusahaan Pak Elang?

    Sangat menyenangkan dan meninggalkan kesan positif dalam diri saya. Suasananya santai tetapi tetap profesional dalam kinerjanya.

  2. Bagaimana pola kerja perusahaan? Misal, masuk kerja jam berapa, pulang kerja jam berapa.. Apakah ada peraturan-peraturan untuk para karyawan yang harus ditaati?

    Waktu kerja dimulai pukul 08.00 s/d 17.00, dengan briefing pagi setiap pukul 07.55-08.00, serta waktu istirahat pukul 11.30 s/d 13.00 dan 15.00 s/d 15.30.
    Sementara pada hari Jumat, istirahat siang mulai pukul 11.30 dan waktu kerja hanya sampai pukul 15.00 karena setelah istirahat ashar ada pengajian rutin bagi karyawan.

    Ada beberapa peraturan yang saya ingat:

    • Keterlambatan masuk kerja mengakibatkan pemotongan gaji sesuai dengan jumlah keterlambatan dalam suatu periode. Hal ini untuk mengingatkan pegawai betapa berharganya waktu yang ada.
    • Pegawai  perempuan diwajibkan mengenakan kerudung dan pakaian yang menutup aurat.
  3. Apakah ada keunikan-keunikan dari budaya perusahaan yang berbeda dari perusahaan lainnya? Misal, ada seminar/kegiatan motivasi untuk pegawai, ada taklim pekanan untuk pegawai, ada reward and punishment, dll…

    Orientasi perusahaan yang ditanamkan kepada para pegawai adalah 3G:

    • GOD, orientasi pada nilai-nilai Ketuhanan;
    • GOLD, orientasi pada pencapaian target yang diukur dari aspek materi;
    • GLORY, orientasi pada terwujudnya visi besar perusahaan.


    Ketiga aspek ini, tertuang dalam kegiatan rutin setiap pagi, yaitu briefing singkat. Rangkaian briefing ini diawali dengan pembacaan ayat suci alquran oleh salah satu karyawan secara bergantian, kemudian apa saja target-target yang akan dicapai setiap divisi pada hari itu.

    Perusahan ini sering mengadakan leadership training setiap 2 pekan 1 kali untuk meningkatkan kapasitas para karyawan.

    Selain itu, di kantor ini juga biasa melakukan pengajian rutin setiap hari jumat sore. Jadi, ada ustadz yang biasa mengisi di kantor untuk membahas masalah aqidah, fiqh, dan muamalah. Bahkan ada ujiannya juga, untuk mengecek seberapa banyak pemahaman yang didapat selama pengajian. Ada juga pengajian khusus laki-laki dan khusus perempuan. Setahu saya, materi yang dibahas di sini adalah tahsin alquran (karena saya tidak pernah ikut).

    Terakhir, ternyata ada juga laporan ibadah karyawan yang dikerjakan selama 1 pekan. Ibadah yang dicek adalah tilawah alquran, qiyamul lail, shalat dhuha, shaum sunnah, dan olahraga. Untuk olahraga, perusahaan memfasilitasi futsal bareng setiap 2 pekan sekali untuk laki-laki.

  4. Apakah menurut Anda Pak Elang adalah seorang pemimpin yang berhasil dalam memimpin perusahaan? Jika iya, apa alasannya? Apakah Anda punya pengalaman unik tentang hal itu?

    Ya, karena beliau adalah pemimpin yang tidak segan turun langsung ke lapangan untuk memberikan contoh. Tak jarang saya diajak ke tempat proyek untuk memantau perkembangannya sambil berbincang-bincang dengan pegawai yang ditempatkan di lokasi proyek tersebut.

  5. Kira-kira, strategi apa yang dilaksanakan Pak Elang sehingga bisa berhasil mengembangkan perusahaan?

    Beliau mengedepankan aspek pembelajaran kepada para pegawainya. Beliau ingin agar semua pegawai sama-sama berkembang. Dan peningkatan kapasitas ini mencakup segala hal, mulai dari pemikiran, jasad, hingga moral-spiritual.

  6. Bagaimana dengan interaksi antara Pak Elang dengan keluarga dan teman-temannya? Jika Anda mengetahui, bisakah Anda ceritakan? (terkait Pak Elang sebagai pemimpin dalam keluarga dan interaksi dengan teman-teman beliau)

    Ketika olahraga futsal setiap  2 pekan 1 kali, beliau selalu hadir untuk sama-sama berkeringat. Tidak canggung, tidak takut jatuh, tidak takut kotor, tidak takut berkeringat, malah senang bersama-sama dan sehat bersama-sama dengan para pegawainya.

    Tetapi ketika break sholat biasanya beliau dan para petinggi perusahaan menggunakan mobil untuk berangkat ke masjid, sedangkan pegawai-pegawai staf hanya menggunakan motor. Dan sebelum shalat, para pegawai staf ini biasa ‘nongkong’ dulu sambil makan gorengan, minum kopi, dan merokok. Pak Elang jarang sekali membaur di sini, mungkin karena beliau tidak merokok dan sering shaum sunnah.

  7. Bagaimana interaksi Pak Elang dengan masyarakat? Apakah Pak Elang juga bergabung dalam organisasi kemasyarakatan? Apakah Anda mengetahui aktivitas beliau dalam organisasi tersebut? Jika ya, tolong ceritakan…

    Kurang tahu. Tidak pernah mendapat informasi tentang ini.

  8. Menurut Anda, bagaimana karakter diri Pak Elang sebagai sosok pribadi?

    Pak Elang memiliki visi yang besar, jauh ke depan, dan jelas tahapan-tahapan untuk mencapainya. Beliau juga seorang pekerja keras dan pekerja cerdas yang memiliki daya juang tinggi dan semangat yang menyala-nyala. Beliau juga seorang yang haus akan ilmu, bahkan beliau tidak segan untuk mendapatkan pengajaran dari para pegawainya.

    Walau asetnya sudah bernilai miliaran rupiah (saya pernah baca di CV-nya sekitar 61 miliar rupiah) dan sudah banyak prestasi yang diraihnya (cek aja di search engine), orangnya tetap sederhana. Ketika ada undangan untuk menghadiri talkshow tentang green housing dari Jotun di Hotel Mulya Jakarta, beliau mengingatkan ke saya: “Wah za, harus menundukkan pandangan nih.” Ketika ada undangan untuk presentasi di Bali, yang terucap pertama kali: “Enak apanya, banyak godaannya tau.”

About these ads

22 thoughts on “Profil Kepemimpinan: Elang Gumilang

  1. joss…pemimpin yg patut ditauladani.
    semoga saya dan semua orang dpt mengikuti jejak keemimpinannya

  2. mohon info, jika ingin mengundang mas elang gumilang sebagai pembicara di seminar / talkshow kampus kontak ke siapa & nomor nya brapa? . Tolong bagi infonya ke email saya. adelelek@ymail.com , trimakasih :)

  3. Ping-balik: Profil Kepemimpinan: Elang Gumilang | 3MADA

  4. subhannallah… patut di contoh… semoga para pemimpin yg duduk dikursi pemerintahan membaca dan mencontoh… semoga mas elang selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT.. amin.. sukses selalu mas elang.. salam _budi_

  5. wow… elang inget aku nggak
    tmnmu di ipb yg kamu ajak beli sepatu di taman puring
    dari dulu aku sdh yakin kamu akan sukses
    keren sekaliii

  6. subhanallah, saya sangat terinspirasi dengan Pak Elang, terus sukses ya dalam berkarir dan mengabdi kepada Allah azza wa Jalla,…

  7. subhanallh luar biasa!!!!..itulah mimpi karakterku…mas blh kirim alamat perusahaan bpk elang,..karna saya ada tugas manajemen dari dosen. ini no saya ka 083185479073

    Reply:
    saya lupa pastinya. intinya di Jl. K.H. AbduLlah bin Nuh di Ruko Taman Yasmin V atau VI (lupa nomor berapanya). insya Allah ga susah nyarinya, tinggal tanya pas di sana, maaf banget. eh, tapi gak tau lho kalo ternyata kantornya udah pindah (pas kerja praktik di sana sih denger2 sih mau pindah). hehe…

  8. Subhanallah…. Sungguh luar biasa!… Smoga saya juga bisa menjadi sperti pak Elang gumilang. Seorang pengusaha muda yang sukses, kaya raya, namun tetap takwa.

  9. Ping-balik: leadership yang fardhu ditiru cui… « Santai5lalu's Blog

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s