Google Goes Black To Go Green


Assalamu’alaykum wr wb

Umm, mau coba ikutan tuk meng-kampanyekan hemat energi. Saya di sini sebagai seorang mahasiswa yang memiliki kewajiban tuk menjaga nilai-nilai yang kelak harus diwariskan kepada anak-cucu. Setelah menerima mata kuliah Science Environment (salah satu pengarang bukunya tuh calon walikota bandung lho), saya menjadi berkeinginan untuk selalu hemat energi.

Salah satu hobi saya adalah computing (maksudnya maen komputer, bukan ngitung2 =D) dan tentu saja hal tersebut sangat-sangat memboroskan energi. Dalam suatu kesempatan, saya pernah mendapat informasi tentang Blackle…

Apa itu?

Mari kita simak dulu latar belakang terbentuknya…

Tahukah kamu? Ternyata setiap warna yang ditampilkan oleh layar monitor, memerlukan energi yang berbeda-beda dan layar yang terang lebih banyak membutuhkan banyak energi daripada layar yang gelap.

Dalam sebuah blog disebutkan bahwa google yang berwarna hitam akan menghemat 750 megawatt-hours. Sedangkan, 1 megawatt sendiri, setara dengan 10 ribu lampu watt berdaya 100 watt menyala terus-menerus selama 1 jam. Waw, subhanallah ya? =D

Google goes black to go green

BLACKLE… tergabung dalam suatu badan usaha Toby Heap, Heap Media Australia mampu menghemat 620,949.253 watt-hours. Wedeh, kebayang kan?

Namun, Blackle tuh bukanlah bagian dari Google (walaupun bisa dibilang ‘numpang’ pada mesin pencarinya Google), hal itu menyebabkan pada Blackle tidaklah memiliki banyak fitur yang ada pada Google, seperti ‘cache’ dan ‘similar pages’, serta pencarian Images, Groups, dan Scholars.<

Nah, sekarang, mari kita adu, lebih hemat mana? Google atau Blackle?

Baca lebih lanjut

Apa Arti Arsitektur Islam?


Assalamu’alaykum wr wb

Ini ada kutipan dari artikel yang saya dapat dari akh Taufiq.

semoga bermanfaat..

Kali ini kita membahas arsitektur Islam. Yang pada prinsipnya bila kita menyebut arsitektur Islam maka tentu dengan mudah kita akan menterjemahkan arisitektur khusus bagi komunitas muslim. Betul memang. Tapi itu arti yang sempit.

Karena arsitektur memang sebuah wadah bangunan yang disiapkan bagi pengguna bangunan sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhannya. Dalam hal ini komunitas muslim menjadi penggunanya. Maka segenap kebiasaan dan kebutuhan ruang kaum muslimin harus dipenuhi. Mulai dari keperluan guna beribadah kepada Allah SWT hingga pola ruang yang sesuai dengan tata cara hidup Islami.

Seperti misalnya dapal disain rumah tinggal. Ruang pembantu harus dipisahkan dengan rumah induk utama. Bukan untuk membuat kasta atau merendahkan pembantu. Tapi justru memuliakannya. Hingga pembantu memiliki privasi sendiri dan tuan rumah pun tak tergannggu auratnya.

Baca lebih lanjut

Sang Pemimpi(n)


“Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” [TQS. At Taubah: 18]

Assalamu’alaykum wr wb.

Innalhamdalillah wash shalatu was salamu’ala Rasulillah…

Pada semester pertama, GAMAIS pernah menyelenggarkan sebuah Temu Tokoh Kampus. Pada saat itu hadir, Presiden KM ITB 07/08, Kang Izul dan Kahim Patra 07/08, Kang Indra.

Ada kata-kata menarik dari Kang Izul, yang ternyata pernah menjadi AM MaTa’, tentang pemimpin. Pemimpin adalah kepala yang mempunyai visi, hati yang mencintai, dan perencanaan yang dilakukan dengan penuh konsisten.

1. Ya, pemimpin harus memiliki visi. Visi yang lugas, agar apa yang dipimpinnya memiliki 1 pikiran.

2. Hanya cinta *dengan izin Allah* yang bisa menggerakkan orang sampai batas maksimalnya. Pemimpin harus mencintai ‘bawahan’nya dan tidak boleh benci pada mereka, namun pemimpin boleh dibenci dan ia harus menerimanya bila dibenci. Hihi, sejalan dengan kalimatnya Kepala GAMAIS ya? Kalian bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnya, tetapi kalian tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya.

3. If you fail to prepare, you prepare to fail. Jika perencanaan kita baik, insya Allah bisa dipastikan 50% kita akan sukses. Dan apa yang dapat membuatnya jadi 100% sukses? Kekonsistenan dalam menjalankannya lah jawabannya.

Nah, itu kata kang Izul. Qur’an juga punya gambaran mengenai pemimpin. Yaitu tersurat pada Qur’an Surat ke-9 ayat ke-18.

Baca lebih lanjut

lega =D


“Kalian akan dapatkan manusia itu bagaikan bahan dasar, maka yang terbaik (bahan dasarnya) di antara mereka sejak Jahiliyyahnya akan menjadi yang terbaik pula di masa Islam jika mereka faqih.” (HR. Bukhari, XI/314 no. 3234.)

assalamu’alaykum wr wb
alhamdulillah,, (lega =D)

jadi teringat masa2 sma. ketika baru masuk, sama sekali ga kepikiran buat masuk dkm. pengennya tuh sketsa *karna saya suka gambar*,panssera *bola/futsal*, dan diafragma *musik, pengen belajar piano =p*

tapi, ujug2 ada temen yang nyodorin formulir dkm dan nyuruh ngisi. yawdah, isi aja deh. tapi, perlahan, beriringan dengan pelatihan orientasi dakwah sekolah. ekskul ini menjadi prioritas pertama. malahan, di diafragma cuma daftar selanjutnya ga pernah ikut, panssera mulai jarang latian *ga betah pake celana pendek walopun auratnya ga keliatan*, sketsa cuma muncul pas insidental & ngisi2 bu-chat duang.

dan…
mulailah perjalanan spiritual itu…

Baca lebih lanjut

Mukmin yang Terbaik


Dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah saw. bersabda, “Orang mukmin yang paling sempurna adalah yang paling baik akhlaknya, dan orang yang paling baik diantara kalian adalah yang paling baik perlakuannya kepada perempuan.” (HR Al-Tirmidzi, dan dia menilainya hasan shahih)

Assalamu’alaikum wr wb
Alhamdulillah wash shalatu was salamu ‘ala Rasulillah.

Pernah saya menemukan sebuah buku yang berjudul 100 Pesan Nabi untuk Wanita Shalihah (karangan Badwi Mahmud Al-Syaikh, penerbit mizania; harga [lho kok?^^] udah kali, bukan promosi) di lemari di rumah saya di Bogor.

Karena penasaran [ehm…], saya pun membacanya. Nah, pas nyampe hadis ke-6 [tuh dilampirkan di awal tulisan ini] saya kaget dan ngerasa seneng banget. Mudah2an saya termasuk kedalam golongan itu, yaitu mukmin yang terbaik (karena selama ini saya selalu berusaha untuk memuliakan wanita, dengan tidak menyentuh dan memandangnya).

Baca lebih lanjut

Sebuah Pelajaran dalam Berpakaian


bismillah

assalamu’alaikum wr wb
ba’da tahmid dan shalawat

umm, yang dibawah ini adalah postingan saya di bulletin fs. Semoga bisa bermanfaat…

sebuah pelajaran dari:

1. NARUTO

akhir-akhir ini saya jadi sering baca komik naruto *sebenernya saya ga suka naruto, lebih suka hinata =D he*

ada suatu hal yang unik. setiap karakter yang saya perhatikan di komik tersebut mengenakan celana yang ngatung

hehee

mau tau kenapa?

Baca lebih lanjut

NijiHoshi


“mencoba menjadi seperti bintang yang menyinari dan pelangi yang harmoni indah dalam keberagaman”

assalamu’alaykum wr wb

kita semua sudah tahu, kalo Allah SWT menciptakan makhluk2nya tanpa kesia-siaan, semuanya sempurna. bahkan sel yang paling sederhana aja, rumitnya minta ampun *sampe2 di arsitektur ga diajarin, ya eyalah =D* dan hal itulah yang membantah teori evolusinya pak darwin. ga mungkin dari yang sederhana itu membentuk sesuatu yang semakin rumit tanpa kesengajaan. nah, kayaknya udah menyimpang, cukup melelahkan kalo membahas teori evolusi di sini.

yang ingin saya sampaikan adalah pesan tersembunyi dari 2 makhluk Allah SWT, yaitu pelangi dan bintang…

pelangi adalah contoh terbaik yang membuktikan bahwa perbedaan itu indah…

coba bayangin, kalo pelangi cuma 1 warna *misal ijoooo doang*, pasti jadi bosen dan jadi kurang indah dibanding yang mejikuhibiniu. ya gak?

selain itu, setiap warna yang menyusun komposisi pelangi mempunyai posisi yang sama, ga ada yang kedudukannya melebihi warna yang lain. ga ada yang menonjol sendirian dan ga ada yang tertutup oleh yang lain . kenapa? karena mereka sadar, kalo semua tuh ada kelebihannya ada kekurangannya, semuanya saling melengkapi untuk membuat gradasi yang indah.

satu pesan lagi dari pelangi, adalah kesatuan dari mereka. warna2 pelangi yang beda2 itu sejatinya adalah satu kesatuan, yaitu warna sinar matahari yang terbiaskan. mungkin seperti antarmuslim yang sejatinya satu tubuh dan saling melengkapi.

Baca lebih lanjut