Sebuah Pelajaran dalam Berpakaian

bismillah

assalamu’alaikum wr wb
ba’da tahmid dan shalawat

umm, yang dibawah ini adalah postingan saya di bulletin fs. Semoga bisa bermanfaat…

sebuah pelajaran dari:

1. NARUTO

akhir-akhir ini saya jadi sering baca komik naruto *sebenernya saya ga suka naruto, lebih suka hinata =D he*

ada suatu hal yang unik. setiap karakter yang saya perhatikan di komik tersebut mengenakan celana yang ngatung

hehee

mau tau kenapa?

“Barangsiapa memanjangkan pakaiannya karena sombong, maka Allah tidak akan melihatnya kelak di hari kiamat. Kemudian Abu Bakar bertanya, ‘Sesungguhnya sebagian dari sisi sarungku melebihi mata kaki, kecuali aku menyingsingkannya.’ Rasulullah saw menjawab, “Kamu bukan termasuk orang yang melakukan hal itu karena sombong.” [HR. Jama’ah, kecuali Imam Muslim dan Ibnu Majah dan Tirmidiziy tidak menyebutkan penuturan dari Abu Bakar.]

Dari Ibnu ‘Umar dituturkan bahwa Rasulullah saw telah bersabda, “Isbal itu bisa terjadi pada sarung, sarung dan jubah. Siapa saja yang memanjangkan pakaiannya karena sombong, maka Allah swt tidak akan melihatnya kelak di hari kiamat.” [HR. Abu Dawud, al-Nasaa`iy, dan bnu Majah]

“Angkatlah sarungmu sampai setengah betis, jika engkau tidak suka maka angkatlah hingga di atas kedua mata kakimu. Perhatikanlah, sesungguhnya memanjangkan kain melebihi mata kaki itu termasuk kesombongan. Sedangkan Allah swt tidak menyukai kesombongan.” [HR. Abu Dawud, al-Nasaa’iy, dan Al-Tirmidziy dari haditsnya Jabir bin Salim]

Tatkala kami bersama Rasulullah saw, datanglah ‘Amru bin Zurarah al-Anshoriy dimana kain sarung dan jubahnya dipanjangkannya melebihi mata kaki (isbal). Selanjutnya, Rasulullah saw segera menyingsingkan sisi pakaiannya (Amru bin Zurarah) dan merendahkan diri karena Allah swt. Kemudian beliau saw bersabda, “Budakmu, anak budakmu dan budak perempuanmu”, hingga ‘Amru bin Zurarah mendengarnya. Lalu, Amru Zurarah berkata, “Ya Rasulullah sesungguhnya saya telah melabuhkan pakaianku melebihi mata kaki.”

Rasulullah saw bersabda, “Wahai ‘Amru, sesungguhnya Allah swt telah menciptakan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya. Wahai ‘Amru sesungguhnya Allah swt tidak menyukai orang yang melabuhkan kainnya melebihi mata kaki.” [HR. al-Thabarniy dari haditsnya Abu Umamah]

Dalam riwayat Imam Ahmad dan Bukhari dengan bunyi : “Apa saja yang berada di bawah mata kaki berupa sarung, maka tempatnya di Neraka.”

Rasullullah Shalallahu `alaihi wa salam bersabda :“Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah di hari kiamat. Tidak dilihat dan dibesihkan (dalam dosa) serta akan mendapatkan azab yang pedih, yaitu seseorang yang melakukan isbal (musbil), pengungkit pemberian, dan orang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah palsu.” [Hadits Riwayat Muslim, Abu Daud, Turmudzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah]

“Sesungguhnya Allah tidak menerima shalat seseorang yang melakukan Isbal.” [Hadits Riwayat Abu Dawud dengan sanad yang shahih. Imam Nawawi mengatakan di dalam Riyadlush Shalihin dengan tahqiq Al Arnauth hal: 358]

dan masih banyak lagi…
so akhi, coba yuk amalkan sunnah Rasulullah kita tercinta ini…

2. REXONA

masih inget iklan rexona yang bilang kalo keringet cowok lebih banyak 50% dari keringet cewek???

itu tuh yang iklannya cheerleader cowok, trus 1 stadion pada kebauan. trus ada kalimat ‘kenapa ga ada cheerleader cowok?’

setelah sekian lama, baru saya menyadari kalo itu tuh ada hubungannya dengan kewajiban cewek memakai jilbab. Apalagi awal turunnya jilbab tuh di timur tengah yang panas banget..

ngertikan maksudnya? ga usah dijelasin lagi kan? Allah menurunkan perintah jilbab kepada wanita sesuai dengan fitrahnya. Terlalu mengada-ada kalo ga mau pake jilbab gara2 gerah *ekstrimnya sih mending gerah di dunia daripada di neraka*

“Dan katakanlah pada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya,…” (TQS An Nuur: 31)

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang Mukmin, ‘Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu…” (TQS Al Ahzab: 59)

So, berjilbablah ukhti!!!

Allahu’alam bish shawab wassalamu’alaikum wr wb

“Wahai Allah, kami datang membawa gambar dan maket studi, mencoba memberanikan diri menawarkan desain kami sebuah rancangan peradaban Islam yang baru (walaupun tidak bisa asistensi sama Rasul) – bersama gARis membangun peradaban. Bismillah, status: ON MISSION” [teh Retno @ MuKer gARis]

“We aren’t a scientist, nor an engineer, nor an artist. We are an ARCHITECT (scientist+engineer+artist)”

“Architect is not only change the building, but also BUILDING FOR CHANGE!!!”

3 thoughts on “Sebuah Pelajaran dalam Berpakaian

  1. 1. NARUTO

    akhir-akhir ini saya jadi sering baca komik naruto *sebenernya saya ga suka naruto, lebih suka hinata =D he*

    ada suatu hal yang unik. setiap karakter yang saya perhatikan di komik tersebut mengenakan celana yang ngatung

    Boleh, boleh, kreatif nih 🙂
    Klo gt analoginya bwt akhwat yg bercadar : BATMAN 😀

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.