Apa Arti Arsitektur Islam?

Assalamu’alaykum wr wb

Ini ada kutipan dari artikel yang saya dapat dari akh Taufiq.

semoga bermanfaat..

Kali ini kita membahas arsitektur Islam. Yang pada prinsipnya bila kita menyebut arsitektur Islam maka tentu dengan mudah kita akan menterjemahkan arisitektur khusus bagi komunitas muslim. Betul memang. Tapi itu arti yang sempit.

Karena arsitektur memang sebuah wadah bangunan yang disiapkan bagi pengguna bangunan sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhannya. Dalam hal ini komunitas muslim menjadi penggunanya. Maka segenap kebiasaan dan kebutuhan ruang kaum muslimin harus dipenuhi. Mulai dari keperluan guna beribadah kepada Allah SWT hingga pola ruang yang sesuai dengan tata cara hidup Islami.

Seperti misalnya dapal disain rumah tinggal. Ruang pembantu harus dipisahkan dengan rumah induk utama. Bukan untuk membuat kasta atau merendahkan pembantu. Tapi justru memuliakannya. Hingga pembantu memiliki privasi sendiri dan tuan rumah pun tak tergannggu auratnya.

Jadi artian sempit arsitektur Islam memang terbatas. Namun saya tak ingin arahnya seperti itu. Karena Islam rahmatan lil ‘alamin maka sesungguhnya arsitektur Islam adalah arsitektur bagi semua kalangan. Ingat. Innaddiina indallahil Islam. Sesungguhnya agama yang di restui di sisi Allah adalah Islam. Maka baik kebudayaannya maupun akidahnya juga sesuai dengan fitrah atau jati diri manusia.

Maka keperluan arsitektur Islam adalah mengadakan musholla di gedung-gedung besar bagi umat muslim untuk beribadah. Karena sholat dilakukan 5 kali sehari. Bukan 1 kali saja di hari sabtu atau ahad. Ruang yang diperlukan lainnya adalah ruang ibu menyusui, ruang penitipan anak atau hadhonah dll.

Nah, masalahnya adalah arsitek muslim yang mau memperjuangkan semua ini. Hingga tidak ada lagi kejadian musholla diletakkan di parkir bawah tanah yang pengap, wc satpam yang jorok sementara front office nya mewah. Karena ada hadits yang berbunyi ath thohuru syathrul iiman. Kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Wahai para arsitek muslim, marilah kita berdakwah bersama dengan ilmu yang kita miliki ini. Wahai netters sekalian pengguna bangunan, mari kita arahkan selera dan kebutuhan kita sesuai dengan nilai-nilai Islami. Hingga terbentuk komunitas pecinta Islam yang senantiasa rindu Islam dapat terlaksana dengan baik.

Pak Ir. Andan Nadriasta – arsitek@eramuslim.com
di eramuslim.com

Yah, seperti itulah arsitektur Islam. Sebuah arsitektur yang mendukung kegiatan-kegiatan ber-Islam. Tempat yang menyenangkan untuk ditinggali, tapi tidak melenakan dari kewajiban-kewajiban kita. Tempat beristirahat yang nyaman, tapi tidak mengurangi keinginan kita untuk beraktivitas da’wah fii sabilillah di luar sana.

“Kebahagiaan seorang ikhwan adalah memiliki rumah yang luas, kendaraan yan cepat, dan istri yang bisa menjaga diri dan harta suaminya ketika suami tidak di rumah.” (Al Hadist)

“Empat hal yang membawa kebahagiaan, yaitu perempuan salehah, rumah yang luas, tetangga yang baik dan kendaraan yang enak.” (Riwayat Ibnu Hibban)

“Tiga kunci kebahagian seorang laki-laki: (1)isteri salihah yang jika dipandang membuatmu semakin sayang, jika kamu pergi membuatmu merasa aman karena bisa menjaga kehormatan dirinya dan hartamu. (2) kendaraan yang baik, yang bisa mengantar kemanapun pergi. Dan, (3) rumah yang lapang, damai, penuh kasih sayang…” (HR Abu Dawud)

Alahu’alam bish shawab wassalamu’alaykum wr wb

Labkom AR ITB, Sang Arsitek Peradaban Islam

4 thoughts on “Apa Arti Arsitektur Islam?

  1. eh… eh… peha…
    gw forward ya…
    klo gak boleh, sorry bgt ya..
    soalnya udh gw forward 1 kali..
    (dan akan nge-forward lg ke milist SMA gw)
    he he..

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.