Google Goes Black To Go Green

Assalamu’alaykum wr wb

Umm, mau coba ikutan tuk meng-kampanyekan hemat energi. Saya di sini sebagai seorang mahasiswa yang memiliki kewajiban tuk menjaga nilai-nilai yang kelak harus diwariskan kepada anak-cucu. Setelah menerima mata kuliah Science Environment (salah satu pengarang bukunya tuh calon walikota bandung lho), saya menjadi berkeinginan untuk selalu hemat energi.

Salah satu hobi saya adalah computing (maksudnya maen komputer, bukan ngitung2 =D) dan tentu saja hal tersebut sangat-sangat memboroskan energi. Dalam suatu kesempatan, saya pernah mendapat informasi tentang Blackle…

Apa itu?

Mari kita simak dulu latar belakang terbentuknya…

Tahukah kamu? Ternyata setiap warna yang ditampilkan oleh layar monitor, memerlukan energi yang berbeda-beda dan layar yang terang lebih banyak membutuhkan banyak energi daripada layar yang gelap.

Dalam sebuah blog disebutkan bahwa google yang berwarna hitam akan menghemat 750 megawatt-hours. Sedangkan, 1 megawatt sendiri, setara dengan 10 ribu lampu watt berdaya 100 watt menyala terus-menerus selama 1 jam. Waw, subhanallah ya? =D

Google goes black to go green

BLACKLE… tergabung dalam suatu badan usaha Toby Heap, Heap Media Australia mampu menghemat 620,949.253 watt-hours. Wedeh, kebayang kan?

Namun, Blackle tuh bukanlah bagian dari Google (walaupun bisa dibilang ‘numpang’ pada mesin pencarinya Google), hal itu menyebabkan pada Blackle tidaklah memiliki banyak fitur yang ada pada Google, seperti ‘cache’ dan ‘similar pages’, serta pencarian Images, Groups, dan Scholars.<

Nah, sekarang, mari kita adu, lebih hemat mana? Google atau Blackle?

Dengan layar LCD, rata-rata Google lebih menghemat energi sebesar 0.1 watt. Akan tetapi, dengan layar CRT, Blackle lebih hemat hingga 10.8 watt!!! (lebih jelasnya ada dalam suatu situs, afwan lupa)

Google sendiri mengeluarkan pendapatnya mengenai Blackle, “Ini adalah salah satu contoh cara untuk dapat menggunakan teknologi Google dengan jalan yang inovatif.”

Emang, jika ada maksud baik dalam suatu perbuatan, selalu ada jalan keluar dan didukung banyak orang…

Jadi, apa yang bisa kita lakukan? Setidaknya menghemat segala bentuk energi, termasuk dengan mengurangi pemakaian warna terang pada komputer. Sepakat? Karena itulah, layar blog ini gelap (tapi emang dari sananya, saya suka hitam-hitam sih =D)

Allahu’alam bish shawab wassalamu’alaykum wr wb

dari berbagai sumber (search aja, tapi pake http://blackle.com ya… hihi) dan dibuat untuk menyelesaikan tugas akhir pengling

5 thoughts on “Google Goes Black To Go Green

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.