Kinerja ITB 2007

Assalamu’alaykum wr wb

kawan, ada hotnyus nih dari MWA Mahasiswa. Semoga bermanfaat…

Laporan Kinerja ITB 2007 kpd Mendiknas (Rabu, 4 Juni 2008):

1. Total Anggaran Pengelolaan ITB satu tahun: 456 Milyar
2. Sumber dana 456 M diperoleh dari Pemerintah (94 M, utk gaji dosen dan karyawan), Dana SPP Mahasiswa (185 M), Hasil Penelitian/LPPM (146 M), dan dari Dana Lestari ITB-Profit Perusahaan ITB-Hibah Kemitraan (31 M)
3. Berdasarkan data di atas ternyata Dana Operasional ITB tahun 2007 diperoleh dari dana SPP mahasiswa sebanyak 40,57%
4. Dari 456 M tersebut, teralokasikan utk Pelayanan kepada Mahasiswa-Dana Kemahasiswaan (2,7 M = 0,6%), Beasiswa untuk Mahasiswa (16,5 M = 3,62%), sisanya utk Operasional Pendidikan, Penelitian dan Pengabdiaan Masyarakat.
5. Pihak eksekutif ITB/rektorat mengusulkan kenaikan angka minimal SBPT pada USM 2009 dari 45jt menjadi 60jt dan kemungkinan SPP utk angkatan 2009 mendekati angka 3jt per semester, usulan ini untuk penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran/RKA ITB 2009 yg akan mulai disusun bulan Juni-Juli 2008, hal ini belum diputuskan oleh MWA karena harus dianalisis oleh Komisi Anggaran MWA ITB (Bu Yani Panigoro, Pak Djoko Suharto, dkk), lalu seperti kita ketahui bahwa komposisi penerimaan mahasiswa baru 2007 adalah SPMB (1.640 = 54%) : USM (1.403 = 46%).

Oh, iya. jadi pengen menyosialisasikan struktur ITB…

Jadi di, ITB ada 4 pilar, yaitu Majelis Wali Amanat, Majelis Guru Besar, Senat Akademik, dan Rektor itu sendiri *kalo ga salah, MWA tuh paling tinggi, yang lain berada di bawah MWA secara struktural*
Di MWA sendiri ada 4 komisi *apa 3 yah? aduh malah tidak meyakinkan dan malah bikin bingung? biar ah, supaya tidak puas dan nyari sendiri =D* Komisi internal, komisi eksternal, dan lain-lain. Nah, MWA Kemahasiswaan *yaitu kang Wahyu Bagus PL’04* berada di komisi Internal.
Di MWA sendiri, beliau tidak sendirian, tetapi punya tim khusus. Di tim tersebut ada tim manajerial dan tim analitis.

Terus, stuktur kemahasiswaannya. Yang paling tinggi kongres KM, dibawahnya ada Kabinet KM, tim MWA mahasiswa, dan tim beasiswa.
Kongres sendiri punya senator, nah senator IMA-G itu Kak Ucha (Ezra Ganesha AR’04 yang tahun lalu jadi kahim)

Nah, sekarang struktur IMA-G. Di atas ada BPA (Badan Perwakilan Anggota) yang membawahi GB (Badan Pengurus), dan senator di Kongres tadi.
Struktur BP sendiri ada ketua yang memiliki perpanjangan tangan Wakabid I (internal), Wakabid II (eksternal), dan membawahi langsung Bidang Penelitian dan Pengembangan. Di bawah Wakabid I ada Bidang keanggotaan, bidang keprofesian, bidang inventaris, dan kelompok minat. Wakabid I juga menjadi ‘pengawas’ Kaderisasi IMA-G. Sedangkan Wakabid II membawahi Bidang Hubungan Masyarakat, Bidang Pengabdian Masyarakat, dan Bidang Wirausaha, serta mengawasi kinerja panitia Dies Natalis.

Oh iya, info tambahan : kahim IMA-Gunadharma (Kak Reza Aryandi AR’05) pada tanggal 4 Juni lalu, ikut dalam rombongan mahasiswa ITB menuju kementerian RI. Para beliau yang berjumlah 26 orang berangkat pada sekitar pukul 15.20 dari gerbang ganesha tercinta menggunakan bis ITB dengan untuk menemui Menteri Kesejahteraan Rakyat (Abu Rizal Bakrie) dan Menteri Sekretaris Negara (Hatta Rajasa), serta staf dari Menteri Keuangan dan Menteri ESDM.

Pertemuan tersebut dimulai oleh presentasi mengenai kenaikan BBM yang dijelaskan langsung oleh Menkesra yang langsung disambung oleh PERNYATAAN SIKAP KM ITB yang diwakili oleh SHANA (Presiden KM ITB) bahwa KM ITB tidak menyetujui kebijakan kenaikan BBM ini disertai dengan tuntutan/solusi dari hasil kajian lainnya.

Pertemuan pun ditutup pada pukul 22.30 dengan ucapan terimakasih dari Bapak Hatta Rajasa atas kedatangan, kepedulian, tuntutan (yang dianggap masukan) dari para mahasiswa ITB. Setelah itu, kami langsung pulang ke Bandung dan sampai ITB pd pukul 02.00 dini hari.

Sekian…
Untuk TUHAN, bangsa, dan almamater… Merdeka!!!

Wassalamu’alaykum wr wb

2 thoughts on “Kinerja ITB 2007

  1. assalmu’alaikum

    wah hitamnya.

    jadi seorang arsitek itu untuk jaman sekarang gimana ke depannya?
    oh ya. saya pernah nonton di metro tv klo rumah sekarang itu memiliki limbah yang berpotensi untuk mendukung global warming. tapi ada seorang mahasiswa dari MIT, USA, yang memiliki ide klo rumah masa depan pake pohon aj. jadi gak banyak limbahnya gitu. tolong buatkan ya a ph bwat saya. hehehehe… syukron

    wassalamu’alaikum

  2. dari MWA Mahasiswa:

    Berdasarkan RKA 2008, besar anggaran pengeluaran untuk beasiswa sebanyak 21,1 M. Nominal ini lebih besar dr tahun lalu dan kecenderungannya dari tahun ke tahun selalu naik, tahun 2007 (16,5 M), 2006 (12,9 M), 2005 (14,3 M), 2005 (15,7 M) dan 2004 (15,7 M). Jumlah mahasiswa ITB saat ini (sebelum 2008 masuk) tuh sebesar 15rb mhsw (S1,S2,S3).

    Menurut pak Adang, beasiswa ITB diberikan kepada 30% dari total mhsw (mayoritas untuk beasiswa ekonomi), berarti beasiswa diberikan kepada 5rb mhsw.

    Menurut itung2, berarti seharusnya untuk satu tahun (utk 2008), setiap mhsw dr golongan 30% itu berhask menerima beasiswa sebesar 21,1 M / 5rb = Rp 4.220.000,- per tahun.

    Wow,,, jadi ga ada alesan buat ga milih itb karena duit kan???

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.