ITB : In Harmonia Progressio

Assalamu’alaykum wr wb

Alhamdulillah, hampir satu tahun saya menuntut ilmu di institusi ini. Banyak hal yang telah didapat dan pastinya akan lama banget kalo mau ditulis satu-persatu disini. Itu berarti juga bahwa saya akan mendapatkan adik baru yang masih polos dalam menghadapi bangku kuliah =D

Oleh karena itulah saya mencoba, menuliskan sedikit informasi mengenai ITB untuk calon adik-adikku… (kalo mau copy-paste, mulai dari bawah ini sampai akhir, okok?)

Selamat Datang Putra-Putri Terbaik Bangsa

Institut Teknologi Bandung terletak di Jalan Ganesha 10, Bandung 40132, Jawa Barat.
Kampus ini terdiri dari 7 Fakultas, yaitu:
1. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
2. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
3. Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian (FITB)
4. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
5. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
6. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
7. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Serta 5 Sekolah:
1. Sekolah Farmasi (SF)
2. Sekolah Ilmu Teknologi Hayati (SITH)
3. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
4. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
5. Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)

Bedanya Fakultas sama Sekolah adalah jumlah program studi yang ada di dalamnya.
Fakultas merupakan kumpulan lebih dari dua Program Studi (tiga dan seterusnya).
1. Fakultas Teknologi Industri : Teknik Industri (TI), Teknik Fisika (TF), dan Teknik Kimia (TK)
2. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan: Teknik Lingkungan (TL), Teknik Sipil (SI), dan Teknik Kelautan (KL)
3. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara: Teknik Penerbangan (PN), Teknik Mesin (MS), dan Teknik Material (MT)
4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Matematika (MA), Kimia (KI), Fisika (FI), dan Astronomi (AS)
5. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan: Teknik Perminyakan (TM), Teknik Pertambangan (TA), Teknik Metalurgi (MG), dan Teknik Geofisika (TG)
6. Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian: Meteorologi (ME), Oseanografi (OS), Teknik Geologi (GL), dan Teknik Geodesi dan Geomatika (GD)
7. Fakultas Seni Rupa dan Desain: Desain Interior (DI), Kria (KR), Desain Komunikasi Visual (DKV), Seni Rupa (SR), dan Desain Produk (DP)
Sedangkan Sekolah hanya dua Program Studi atau kurang dari itu.
1. Sekolah Bisnis Manajemen: Manajemen (MB)
2. Sekolah ilmu Teknologi Hayati: Biologi (BI) dan Mikrobiologi (BM)
3. Sekolah Farmasi: Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK) dan Sains dan Teknologi Farmasi (FA)
4. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika: Teknik Elektro (EL) dan Teknik Informatika (IF)
5. Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan: Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dan Arsitektur (AR)

Cara masuk ITB:
1. UJIAN SARINGAN MASUK (USM)
Ujian dilakukan mandiri oleh ITB
Diadakan dua kali (USM Daerah, USM Pusat di Bandung saja)
Soal lebih sulit ketimbang SPMB
Kelulusan dipengaruhi banyak faktor
Kuota 30% dari USM Daerah, 20% dari USM Pusat
2. SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN)
Ujian dilakukan terpusat oleh Diknas
Soal relatif umum dan lebih mudah
Kelulusan ditentukan oleh nilai SPMB
Kuota 50%

Keunggulan ITB:
1. Staff pengajar minimal S-3 dari universitas TOP skala internasional
2. Memiliki Laboratorium Penelitian yang lengkap dan berteknologi Tinggi
3. Perpustakaan teknik terlengkap dan e-library yang terkoneksi ke Kampus besar dunia
4. Akses internet tercepat di Indonesia
5. Kesempatan Beasiswa untuk 1000 mahasiswa setiap angkatan
6. Ikatan alumni terkuat di Indonesia
7. Akses kuat dan cepat pasca-sarjana dan doktoral ke kampus di luar negeri
8. Memiliki 80 Unit Kegiatan Mahasiswa
9. Memiliki 27 Himpunan Mahasiswa
10. Memiliki Lembaga Dakwah Kampus terbaik di Indonesia

Tentang ‘Tahap Persiapan Bersama’ (TPB):
TPB atau Tahap Persiapan Bersama adalah istilah lain untuk tingkat 1 di ITB. Dimana semua mahasiswa mendapatkan mata kuliah kalkulus, fisika, kimia, olahraga, konsep teknologi. Ini adalah mata kuliah wajib.
Tahun ini, mahasiswa TPB hanya dapat memilihi fakultas atau sekolah saja.
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) saat TPB menentukan seseorang untuk bisa masuk ke program studi pilihan.
Khusus untuk para peminat SAPPK dari semua jalur ujian, yang berminat memilih program studi Arsitektur, sesaat setelah penerimaan mahasiswa baru ITB, bulan Agustus 2008, akan dilaksanakan ujian Menggambar. Dari hasil ujian tersebut, mahasiswa baru yang memenuhi syarat diperkenankan untuk memilih program studi Arsitektur, sebagai salah satu pilihan program studinya.
Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat atau tidak mengikuti ujian Menggambar, hanya diperkenankan memilih program studi Perencanaan Wilayah dan Kota saja.
150-200 mahasiswa ITB di DO karena gagal pada tahun TPB.
IPK minimal TPB adalah 2,00.

KULIAH DI ITB…. (bisa) GRATIS LHO….!!!
Prinsip: TAK ADA SATUPUN MAHASISWA ITB YANG AKAN DI DROP OUT KARENA ALASAN EKONOMI.
Jenis beasiswa:
1. Beasiswa Ekonomi (sangat dipermudah)
2. Beasiswa Prestasi
3. Beasiswa Ikatan Kerja
4. Beasiswa USM Terpusat
5. Beasiswa Pengembangan Minat (bagi mahasiswa baru yang memilih Prodi Oseanografi dan Meteorologi – FITB dan Prodi Seni Rupa dan Kriya – FSRD)
Contoh Beasiswa Ekonomi:
1. Beasiswa BPPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Pokok/SPP) , sumber : ITB, IOM-ITB, Tanoto Foundation, SHW , Eka Cipta Foundation, dll. Syarat: penghasilan orang tua di bawah UMR, orang tua adalah guru, PNS gol. 1 atau 2, Buruh, Petani, Pedagang Kecil.
2. Beasiswa Biaya Hidup (Besarnya mencapai Rp85000,- hingga Rp650000,- perbulan untuk ratusan mahasiswa)
3. Beasiswa Pondokan atau Asrama
4. Beasiswa Tugas Akhir (Rp750000,- hingga Rp1000000,- permahasiswa)
5. Beasiswa Makan Siang
Lembaga-Lembaga Pemberi Beasiswa di ITB:
yayasan achmad bakrie – yayasan ajeng suharno – yayasan amanda – yayasan asahi glass – yayasan bakti santoso – HSBC – General Electrics – Dompet Dhuafa Republika – Beasiswa Bantuan Pendidikan Mahasiswa (BBPM) – Bantuan Belajar Mahasiswa – bank rakyat indonesia – bank niaga – bank mandiri – bank indonesia – IJARI – Ikatan alumni ITB’70 – ikatan alumni itb’75 – ikatan alumni itb’76 – ikatan alumni itb’78 – IOM ITB – Pertamina – yayasan Mesin 92 solidaritas – medco energi – yayasan kosgoro – yayasan pendidikan teknologi indonesia – unilever – dikti – toyota astra – tanoto foundation – supersemar – singapore air lines untuk pendidikan – SHW – shell indonesia – sclumberger indonesia – sari ayu – yayasan salim – PPA – pikiran rakyat
*banyak kan?*

Kalo udah keterima di ITB terus ngapain?
Perlu diperhatikan: kuliah bukan cuma akademik.
Tugas utama mahasiswa emang belajar, tapi…
1. Kehidupan kuliah terlalu berharga untuk hanya dihabiskan di depan buku.
2. IP bukan segala-galanya.
3. Sukses bukan cuma IP gede.
4. Kalau bisa IP 4, aktif berorganisasi, jago komunikasi, dan banyak koneksi selama kuliah. Kenapa engga?

So, Be the best with Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais) ITB
Gamais merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa.
Di ITB ada buwannyak sekali tempat untuk beraktivitas, kenapa musti Gamais? Nih, ada 9 Alasan Kenapa harus Gamais:
1. Gamais unit kegiatan yang LEGAL FORMAL di ITB
– Diakui secara de facto dan de yure oleh pihak ITB, massa kampus, dan eksternal lainnya.
– LEGAL FORMAL = under control (tak menyimpang dan melanggar), recommended.
2. One of THE BIGGEST unit kegiatan’s in ITB
– Salah satu titik massa terbesar (the biggest community in ITB).
– Satu dari empat mahasiswa ITB milih Gamais, kenapa musti milih yang lain?
– Biggest = kuat dan dipandang, kredibel.
3. Gamais, Exist
– Bukan cuma besar, Gamais juga community paling eksis karena kegiatannya yang cukup banyak dan menarik.
– Kegiatannya juga bervariasi, mulai dari yang asik-asik, sampai yang aksi-aksi. Bebas mau pilih yang mana.
Beberapa Kegiatan Gamais ITB
Gamais Peduli: Baksos, bagi sembako, pelatihan kewirausahaan, bangun sekolah, kerjabakti, pensi, lomba-lomba, bina desa, pengobatan gratis, donor darah, dll.
Training ESQ: sudah dua angkatan, termurah sedunia.
Kajian Islam Terpusat: mengundang tokoh-tokoh terkemuka. Pak Anis Matta, Pak Adhyaksa Dault, Salim A Fillah, dll.
Seminar dan Kolokium Ekonomi Syariah
TryOut dan tutorial akademik
Pembinaan Adik Asuh
Mentoring (Islamic Learning Group)
Annisaa Day: pertama di Indonesia, one stop solution for muslimah to be beauty body, mind, and soul.
Jalan-jalan Qurban: Bagi-bagi daging Qurban ke warga-warga sekitar.
Gebyar Ramadhan: Buka Bareng se-ITB, Nonton Bareng, Tarhib Ramadhan, Pensi, Penggalangan Dana, Lomba-lomba, Pameran, Kajian/Ta’lim Rutin, Buletin Ramadhan, dll
Paket Kegiatan Mahasiswa Baru: Open House Unit, Tasyakuran Akbar, Self Development and Leadership Training, Kemuslimahan, Wahana Gamais, Free CD+Booklet, Posko Informasi, Bazaar, Pameran, dll.
Beasiswa Mahasiswa
Diklat Mahasiswa Muslim (DMM)
– Dan muwasih buwanyaaq luwagi…
4. Komplit, gapake telor.
– Your One Stop Community Solution in ITB
– Mau belajar agama? Belajar organisasi? Belajar Komunikasi? Jalan-jalan? Nambah koneksi? Belajar akademik? Semua deh ada disini..
5. Lingkungan dan pergaulan yang positif dan kondusif
– ITB, Bandung: dari yang merusak sampai yang baik, semua ada.
– Fenotif = Genotif + Lingkungan
– Gaul sama pandai besi, kecipratan panasnya, gaul sama tukang minyak wangi kecipratan wanginya.
6. Jaringan Nasional, Bahkan Go International
– Gamais ITB: punya Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) dengan anggota semua LDK dari sabang hingga merauke.
– Gamais ITB: Tim Trainer Standar Pengelolaan Manajemen Dakwah Kampus (SPMN). Telah mengirim delegasi ke: Gorontalo, Lampung, Padang, Jakarta, Bogor, Semarang, Bali, Solo, Tegal, Jogja, Malang, dll setahun terakhir.
– Mengirimkan delegasi untuk acara-acara lain dan tim taktis bencana alam, seperti gempa dan tsunami di sumatera dan pangandaran.
7. Jaringan Alumni yang Besar dan Kuat
– Alumni Gamais sejak tahun 1987 sampai sekarang masih terjaga hubungannya. Bahkan telah memiliki lembaga Ikatan Alumni (IA Gamais) yang legal formal dan berbadan hukum.
– Alumni mulai dari Anggota DPR, Pengusaha, Bos dan top manajemen di perusahaan ternama di Indonesia.
8. Mau belajar bisnis, pas banget
– Cash flow Gamais hingga ratusan juta pertahunnya.
– Diperoleh mandiri dan melalui jaringan.
– Usaha mandiri dan passive income yang sudah di running: Bundel Soal Gamais ITB, Jaket Angkatan, Jaket Gamais, Sewa Infokus, Percetakan, Voucher, dll.
9. Dan lain-lain. (rasakan sendiri manfaatnya. priceless dech! poko’nya gabung aja ya…)

“Jika kamu menolong agama Allah, maka Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (TQS. Muhammad: 7)

*sumber dari materi KADER BACK TO SCHOOL-nya GAMAIS ITB

10 thoughts on “ITB : In Harmonia Progressio

  1. pH,maw ralat
    buat FTTMnya kurang saru prodi lagi yaitu teknik geofisika..
    terima kasih ku ucapkan,hhoho

  2. Ping-balik: SMA Negeri 1 Bogor 2008 « perjalanan seorang arsitek meniti peradaban islam

  3. ga semua yang loe baca n dengerin itu benar….

    kenyataan yang ada di ITB masih kurang tepat seperti yang dideskripsikan saudara reza.

    so,
    pesan saya cuma di ITB tuh ada enak dan ga nya…
    enaknya ya…seperti yang dikatakan saudara reza.
    ga enaknya…Ruangannya terbatas….kuliah susah diatur ruangannya….hehehehe…

    so….pesan terakhir saya : AYO BANGUN ITB KITA !!!!

  4. emang internetnya tercepat ya di Indonesia…
    perasaan lemoth tuh…..
    Aware : jangan dibiasakan membandingkan dengan yang lebih lemoth
    Klo dinegara lain internetnya lancar bangeth (ga kayak itb), ngeprint pun gratis, oo iya internet jg gratis klo dikampus..ga kayak di itb dah dikasi jalur gratis USDI ITB masih aja mungut biaya AI3….untuk seluruh mahasiswa ITB coba dong lebih kritis sama ITB (terutama USDI) klo perlu laporkan saja ke rektorat pasti ditanggapi kok.
    Sebenernya kita bisa dapat lebih. Hidup Internet gratis!!

    salam
    alumni ITB

  5. Halo,

    Salam kenal. Kami suka dengan tema tulisan kamu tentang pengalaman kamu di ITB.

    Begini, LPM ITB sedang membuat situs antarmuka untuk menjembatani mahasiswa- alumni ITB, dengan siswa SMU dari seluruh Indonesia, yang berminat ke ITB, untuk bisa bertukar informasi. Tujuannya, adalah untuk mengurangi kasus “salah pilih jurusan” sebelum memutuskan masuk ke ITB, juga membuat siswa SMU mengenal lebih dekat kehidupan mahasiswa ITB, dengan harapan, mereka bisa mengoptimalkan waktu belajarnya di kampus.

    Kami berusaha untuk mengurangi bias informasi seputar jurusan di ITB, bagi siswa SMU, sehingga mereka punya spektrum yang luas dan berimbang seputar disiplin jurusan, bahkan aktivitas mahasiswa ITB.

    Kalau Kamu bersedia, silakan berkunjung, berdiskusi, berbagi, dan jangan lupa untuk menjawab keingintahuan siswa- siswa SMU dari seluruh Indonesia, tentang ITB.

    Oh iya, tulisan ini juga bisa lho, kalau mau diposting .

    Regards,

    Layanan Produksi Multimedia ITB
    http://www.masukitb.com
    http://multimedia.itb.ac.id

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.