Beasiswa “ITB untuk Semua”

Salam GAMAIS, mulai!
Assalamu’alaykum wr wb *salamnya mahasiswa muslim =j*

Temen-temen ITB dan calon ITB =j alhamdulillah nih, ada kabar gembira tentang beasiswa lagi *sebelumnya bisa postingan saya yang berjudul ‘Kinerja ITB 2007’*
Berita ini saya dapat dari MWA ITB mengenai program beasiswa yang diberi nama “ITB untuk Semua”. Program ini merupakan gagasan dari salah satu anggota MWA dari wakil masyarakat, yakni Ibu Betty Alisjahbana (alumni Arsitektur ITB). Penjelasan mengenai program ini adalah sebagai berikut:

“ITB untuk Semua”

Suatu upaya dari ITB untuk membantu mengentaskan kemiskinan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Program ini akan menjangkau calon mahasiswa pandai dari kalangan ekonomi lemah. Mereka akan dipertemukan dengan alumni ITB yang sukses untuk dibiayai dan dibimbing agar mereka sukses dan berhasil mengubah nasibnya serta memajukan masyarakat.

Latar Belakang
Angka kemiskinan Indonesia yang terus meningkat dan ada kecenderungan mereka yang miskin akan terus miskin. Calon mahasiswa dengan ekonomi lemah sulit masuk ke ITB karena kalah bersaing dengan mereka yang datang dari sekolah dengan kualitas yang baik dan kalah dari mereka yang dapat ikut bimbingan tes. Kenyataan lain, beberapa calon mahasiswa kurang mampu dari daerah tidak lagi mencoba daftar ke ITB karena tidak mampu bayar uang kuliah dan biaya hidup di Bandung yang tergolong tinggi.

Target
Menjangkau calon mahasiswa potensial dari kalangan ekonomi lemah. Target sebesar 10% dari mahasiswa baru (10% dari 3000 = 300 mahasiswa). Penelusuran dilakukan sejak satu tahun sebelumnya dengan menghubungi SMA Negeri di luar kota besar di Pulau Jawa dan di setiap provinsi di luar Pulau Jawa. Kriteria calon penerima beasiswa adalah juara 1-3 di sekolah tersebut dan penghasilan orang tua di bawah UMR Regional. Sebagaipilot project di tahun 2008 ini akan dipilih sekitar 50 mahasiswa yg telah diterima di ITB dengan syarat penghasilan orang tua di bawah UMR Regional. Mengingat kemungkinan besar banyak calon mahasiswa ini datang dari sekolah yang kurang baik kualitasnya, maka diperlukan program bimbingan agar mereka berhasil, yakni bridging program, orang tua asuh dan wali khusus dari ITB yang akan memberikan bimbingan agar bisa berhasil (bisa dosen atau mahasiswa/kakak asuh).

Besar Beasiswa
Beasiswa diberikan sebesar 75 juta per mahasiswa. Beasiswa ini akan diberikan untuk tahun pertama sampai tahun terakhir, meliputi biaya kuliah (25juta), biaya hidup (42,5juta) dan biaya bridging program (7,5juta).

Donatur Beasiswa
Beasiswa ini diperoleh dari alumni ITB. Dana beasiswa akan dikumpulkan dalam bentuk Dana Lestari ITB (melalui SKD = Satuan Kekayaan Dana). Alumni yang akan memberikan beasiswa berperan sebagai orang tua asuh yang akan membimbing calon mahasiswa dalam di bidang softskill. Kategori donatur adalah alumni ITB yang sedang menjadi MENTERI, Direksi Perusahaan, Entrepreneur yg sudah mapan, PNS Eselon 1 dan kelompok alumni yg bersedia secara kolektif menjadi donatur (misal: angkatan 70, 80, 90, dsb).

Demikian kira-kira penjelasan dari program “ITB Untuk Semua”. Program ini telah dibahas di rapat pleno MWA (beberapa hari yg lalu) dan tengah dipersiapkan detail teknis pelaksanaannya oleh pihak rektorat (dalam hal perekrutan calon donatur dan calon mahasiswa).

Di akhir artikel, MWA Mahasiswa memohon agar mempublikasikan program ini kepada kolega, saudara atau adik kelas. Apabila temen2 menemukan adik kelas yg memenuhi kriteria untuk memperoleh beasiswa ini, silakan hubungi MWA Mahasiswa. Begitu juga jika ada temen2 memiliki orang tua yg tergolong dalam kategori donatur untuk program ini, maka tolong himbau/bujuk/ajak agar terlibat dalam program ini (dgn menjadi donatur).

NB:
Program ini berbeda dengan program KEMITRAAN NUSANTARA yang sudah ada dari tahun 2004. Dana untuk program ini direncanakan tidak diambil dari alokasi dana beasiswa yang tercantum dalam RKA ITB (alokasi anggaran beasiswa dlm RKA 2008 adalah sebesar 21,1 M); Dana untuk program ini sebesar 22,5 M (75jt x 300 = 22,5 M); Jadi kalo ditotal keseluruhan dengan asumsi dana beasiswa dalam RKA 2009 adalah 21,1 M, maka total dana beasiswa utk tahun 2009 adalah 22,5 M + 21,1 M = 43,6 Milyar.

Untuk TUHAN, Bangsa, dan Almamater. Merdeka!
Wassalamu’alaykum wrwb

28 thoughts on “Beasiswa “ITB untuk Semua”

  1. Assalamualaikum Wr. Wb
    saya dari daerah terpencil bisa nggak saya dapat beasiswa S2 ITB, saya pengen sekali tolong saya ya, untuk biaya kuliah nya aja udah syukur terima kasih ya mbak ya

  2. mbak/mas hehehe… wordpressnya pasangi iklan biar dapat duit aku liat di search engine blog saudara lumayan teratas , ni link program bisnis yang menyediakan iklan dan kita dapat bayaran
    http://www.kumpulblogger.com sekarang wordpress juga bisa bergabung , dulu hanya blogger

  3. wah ph blogny urutan atas2 y,bisa jd bisnis th,lumayan.
    kalo perlu,ikt nyari info2 beasiswa biar bnyk pahala membantu orang lain.

  4. Saya pingin bgt msk itb, apalagi jurusan teknik arsitektur’a.. Tp gk da biaya’a, saya brasal dr keluarga yg gk mampu.. Pgn dapetin beasiswa’a tp saya bukan top 3 se sekolah. Tapi nilai2 saya trgolong bagus,trutama plajaran seni rupa(ipa). Saya sekolah di sman3depok. Saya juga pernah jd juara utama lomba ngerenovasi tas d salah satu majalah trkemuka di jakarta. Saya juga konseptor ekskul mading d sekolah saya. Karya pernah menang d prlombaan tingkat sma se depok,bogor,cibinong. Bisa gk saya dapet beasiswa? Jujur saya ingin bgt kuliah d itb. Gapapa kalo ada tes2 gitu. Kalo ada informasi lagi tolong kirimin ke email saya,saya sangat brharap jawaban’a. Terima kasih sebelumnya.

  5. Untuk Dadang Hd. S.si dan Bunbunbun:

    yakinlah bahwa di itb buanyaak sekali yang namanya beasiswa. hanya saja itb kurang menyosialisasikannya ke luar sehingga yang terasumsi di tiap orang itb adalah kampus 45 *hehe. ngertilah =D*

    selain itu, saya tidak pernah dengar ada anak itb yang di DO gara2 masalah finansial *kalopun ada, mungkin si anak tsb tidak berusaha mencari beasiswa*

    ikhtiarkan saja terlebih dahulu untuk masuk itb setelah itu berdoalah dan minta yang terbaik bagi hidup dan agama kalian

    Allahu’alambishshawab, semoga bermanfaat
    wassalamu’alaykum wr wb

    nb. ada yang bisa bantu?

  6. jazakumullohu khoir atas informasinya, semoga bermanfaat bagi yang mengunjungi situs ini, terutama saya…klo ada informasi sambungan mohon di update lagi plz.syukron..

  7. bisa bantu saya???saya sedang mencari beasiswa s2 jurusan arsitektur..spesifiknya tentang landscape ato bangunan yang berwawasan lingkungan…saya masih melakukan penelitian tentang kawasan lingkungan siap bangun yang ada di banjarmasin..(HKSN)..Yang kemungkinan besar saya jadikan thesis saya…adakah beasiswa di ITB yang menunjang keinginan saya ini
    terima kasih

    http://www.irwanhadinata@gmail.com

  8. Sy pengen banget kul d ITB dan dpt beasiswa.Tp orangtua sy g’ mampu biayain. Sy ank ke-1 dr 6 b’saudara n hanya Ayah sj yg krj,sbg GURU.BISa ngk sy dapat beasiswa tp sy g’ msk 3 besar skLH dr kls X-XII.KLs X rngkng 7 umum,kLs XI smt 1 rngkng 1 umum n smt 2 n kLs 3 rngkng 2 umum.Sy sklh d SMA NEGERI 1 PALOPO,SULSEL.PEngen masuk jurusan kimia.Sy pernah mwkili sulsel pd OLIMPIADE SAINS NASIONAL bidang kimia.Sy bnr2 bth beasiswa ini. . .klo ad info lbh lnjt,mhon dbrtahukan.Terima kasih

  9. @irwan:
    wah, untuk s2 saya kurang tau, tapi saya punya kenalan yang bisa ditanya. insyaallah segera ditulis di sini.

    @vinsensia:
    sepertinya bisa, coba aja klik http://itb.ac.id

    semangat semuanya! semoga selalu diberikan yang terbaik…
    makasih

  10. Allow salam kenal…
    nama sy Kris lg studi s1 arsitektur di Kendari-Sulawesi Tenggara..
    sy mau tanya apa aja yah yang perlu sy lakukan n persiapkan biar nantinya gampang dapet beasiswa s2 k itb? mohon sarannya yah.. tlg balesannya diemail ke: krz.vista@gmail.com . trims yah mohon infonya dari abang/mbak skalian..

  11. Assalamu’alaikum wr.wb.
    kaifa halukum yaa asdiqooi….. fi gamais?
    buat akh Rino, akh Arif maju terus menghapal Al-Qurannya semoga digolongkan bersama ahlulQuran…terima kasih mushafnya…….

    Saya Jajang Arifin ingin kuliah diitb…. . Ibu saya telah pulang ke rahmatullah, Bapak saya sakit sejak tahun 1997.ana lulus di SMK negeri 8 Thun 2004 Alhamdulillah sebagai juara umum, niat saya akan langsung kuliah namun sayang tak ada biaya, lalu saya coba mencari dana dengan bekerja di bengkel selama 3 tahun, namun upah yang didapat hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga… bisakah saya kuliah di itb tanpa biaya?……kalau tidak keberatan mohon bantuannya akhii…. Jazakumullohu Khoiron Katsiro.

  12. saya dari cianjur..
    penegn skali masuk ITB arsitektur..
    saya di biayai kakak saya..
    walaupun pendapatannya melebihi UMR,tapi masih tetap sulit untk biaya pendidikan,
    slain itu peringkat 1-3 pada saat kelas berapa saja?
    apakah hanya pada saat ujian akhir atau selama belajar di SMA?
    adakah pertimbangan lain apabila saya tidak memenuhi kriteria tersebut?
    trims.

  13. assalamualaikum,

    kak,saya sudah kuliah di universitas lain.tapi saya ingin sekali kuliah di itb.apa boleh mahasiswa seprti saya mendaftar beasiswa ini?syukron utk balasannya.

  14. Ping-balik: Beasiswa “ITB untuk Semua” (part 2) « perjalanan seorang arsitek merancang peradaban islam

  15. Saya ina di bogor
    saya kan sklah di sma,jadi hnya blajar plajaran umum saja,tdak menjurus
    apa saja yang di tes jika masuk universitas itb jurusan t.arsitektur??
    Pa plajaran umum seperti di sma or dasar” tntang t.arsitektur??

  16. @ina:

    tes masuknya sih.
    kalo umptn, ya itu, matdas, b indo, b ing, mat ipa, fis, kim, bio, ipa terpadu *eh, udah berubah belon sih?*
    kalo usm, bisa diliat di http://www.itb.ac.id/usm-itb/

    tapi nanti milihnya masih fakultas (SAPPK), terus di tahun pertama akan menjalani tahap persiapan bersama. baru dijuruskan ketika tahun kedua (ke ‘arsitektur’ atau ke ‘perencanaan wilayah dan kota’. tergantung minat dan prestasi.)

  17. Assalamu’alaikum warahmtulahi Wabarakatuh…
    gmn caranya untuk dapat beasiswa itu???
    apa saja persyaratannya?
    mohon balasannya

  18. nama saya franderdi, saya lulusan s1 Arsitektur Itenas , bagaimana mendapatkan beasiswa untuk s2 nya/ mohon bantuannya.

  19. Assalamualaikum.. kk..
    Kenalkan saya Lia..
    Mohon bantuan info ttg pendaftaran beasiswa s2 arsitektur ITB, apakah kita harus mendaftar terlebih dahulu, atau jalur khusus untuk para calon pendapat beasiswa?
    Punten, tanya lagi.. kalo dr sudut padang kk, antara Magister Arsitek ITB dengan sekolah pasca nya jenjang utk kedepannya, bagaimana? Jazakumullah..
    (jikalau di response via email, saya sungguh berterima kasih)

  20. assalamu’alaikum,,,
    perkenalkan saya lukmanul hakim,,,
    ingin menanyakan,,kalo pendaftaran mulai di buka’y bulan apa ya kak…??

    terus saya pengen banget masuk itb jurusan arsitektur,,,yaaa,,walaupun sayaa akui masih banyak kekurangan dalam diri saya untuk hal ini,,tapi saya akan tetap semangat untuk mencapai semua ini,,,’

    mohon info’y ya kak ttg pendaftaran s2 arsitektur…!!

    jazakumullah ahsanal jazaa…’!!

    Reply:
    wa’alaykumsalam wr wb. mohon maaf, saya sendiri tidak tahu infonya. mungkin bisa kunjungi situs resminya.

  21. mohon info;y tentang pendaftaran beasiswa s2 arsitektur…!!

    Reply:
    mohon maaf, saya sendiri tidak tahu infonya. mungkin bisa kunjungi situs resminya.

Tinggalkan Balasan ke lukmanul hakim Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.