Ash Shaum, Asy Syifa

“Shumu Tashihhu; Puasalah niscaya kamu akan sehat” (HR. al-Thabrani, Sanad para perawinya adalah tsiqat sebagaimana yang disebutkan di dalam kitab ‘al-Targhib‘, karya al-Mundzirî)

Salamun’alaykum, ya ikhwah…

Waw, alhamdulillahirrobbil’alamin. Saya mendapatkan suatu pembelajaran lagi lho. Sekarang saya mau berbagi sama temen-temen, tapi janji ya, temen-temen bakal ngelakuin dan ngasih tau temen-temen lain yang belum tau. Sip!

Nah, jadi gini lho. Hadits Nabi Muhammad saw yang saya kutip diawal tulisan kali ini adalah 100% bener. Shadaqta, ya Rasulullah. Ini dia pengalaman saya:

Pernah sariawan? Beberapa waktu lalu saya terserang penyakit ini. Sariawannya ga cuma satu, tapi banyak dan besar-besar lagi. Untuk mengobatinya, saya sudah melakukan banyak cara yang memboroskan uang, yaitu dengan membeli YouC1000 dan larutan penyegar cap kaki tiga tetapi tetep ga mempan. Malah setelah saya minum, saya baru tau kalo dua minuman itu ga ada label halalnya =( Tapi, pas saya shaum, alhamdulillah sakitnya tidak terasa dan lama kelamaan sembuh =D horay. Eh iya, kejadian tersebut berulang lho, karena beberapa hari kemudian, saya sariawan lagi dan setelah puasa sembuh lagi.

Percaya ga percaya, silakan coba…

Nah, sekarang kan dah di penghujung bulan Rajab (ada peristiwa Isra Mi’raj lho, yang oleh-olehnya adalah shalat sebagai rahmatan lil’alamin), bentar lagi (suer, bentar lagi bangeeet…) dah nyampe ke ramadhan. Yuk, kita persiapkan dengan benar qalbu, maal, ruhiyy, fikriyy, dan jasadiyy kita.

Allohumma Baarik Lanaa Fii Rojab Wa Sya’baan Wa Ballighnaa Romadhoon
(Yaa Allah, Anugerahkanlah kepada kami barokah di bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan)

Saya pernah baca artikel, kalo shaum tuh bisa mengatasi masalah jet lag. Apa itu jet lag? Jet lag adalah suatu kondisi dimana tubuh belum bisa menyesuaikan diri ketika kita pindah tempat yang jauh. Contoh: tidur biasanya jam 9 malem WIB. Tapi karena kalo bepergian jauh jamnya jadi beda, malem tuh baru mulai jam 3 subuh WIB di sana. Kan beda ya? Di situ lah terjadi jet lag, tubuh belum bisa beradaptasi. Nah, puasa tuh bisa ngatasin masalah jet lag seperti itu. Penjelasannya lupa gimana, yang jelas hal tersebut bisa dibuktikan secara ilmiah.

Eh iya, satu lagi. Kalo pas puasa tuh lapernya kerasa banget dan ga ketulungan, coba deh tilawah Quran. Nikmati, hayati, dan rasakan tiap alunan katanya. Insya Allah lapernya ga kerasa lagi, malah saya sering bersendawa kayak orang kekenyangan =j

Allahu’alam bish shawab, silakan dicoba dan semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaykum wr wb

4 thoughts on “Ash Shaum, Asy Syifa

  1. asw..

    salam kenal..

    saia temennya Ashlih, ank Ars UI 2007..

    bukan mo ngasih komen sih, cuma pengen kenalan dan ngebangun silaturahmi aja.. 🙂

    pernah denger ga, forum arsitek muslim atw yang smacamnya gitu?

Tinggalkan Balasan ke yogi Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.