FSLDK


fsldk

FSLDK merupakan kependekan dari Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus.

Di GAMAIS ITB, FSLDK adalah sebuah departemen yang berada di sektor eksternal GAMAIS. Kerjaannya antara lain: Training Manajemen DK, Pendampingan LDK, Buku-buku ke-LDK-an, Kunjungan, Studi Banding LDK, Demonstrasi, Jalan-jalan, dan Silaturahim.

Pada GIT lalu, saya mendaftar untuk magang di departemen ini. Banyak hal yang saya dapat ketika itu, diantaranya tentang ke-FSLDK-an, tentang dakwah di dunia maya, dan tentang ke-Humas-an. Intinya saya saya ditanamkan untuk selalu memperluas jaringan dan menjaganya agar selalu baik. Selain itu, ada satu pengalaman yang mungkin tidak akan saya dapat bila tidak bergabung di sini, jalan-jalan ke UNDIP Semarang untuk nemenin kang Ucup ngisi pelatihan. Wahaha, tapi gara-gara ini juga saya ga ikutan malam alumni Dies Natalis Gunadharma ke-56. Heu..

Nah, kenapa saya cerita tentang departemen satu ini? Yup, karena saya sebenarnya ada suatu keinginan di dalam hati untuk belajar disini. Sayangnya,,, ndak boleh ma MR. hiks,, hiks… boleh ga kalo jadi simpatisan aja?

Tapi gpp, kalo ga boleh FSLDK, saya mau buat FSLDPS Arsitektur. Yeah! hohoho
Jadi, bagi temen-temen yang baca tulisan ini dan tau ada anak arsi di kampus lain yang bisa diajak kerja sama, tolong segera hubungi saya yah..
Sampai saat ini baru ada link ke UI dan UNS, tapi belum dibuka. Masih nunggu waktu yang tepat… hehe

Itu FLSDK sebagai departemen di GAMAIS,,,
Kalo FSLDK ‘sebenernya’, ada lagi…
Tapi, sebelum lanjut, perlu diketahui bahwa definisi FSLDK ada dua persepsi yang berbeda. Lebih lanjut silakan buka http://fsldkn.org/

Persepsi pertama, kita memahami FSLDK sebagai jaringan. FSLDK beranggotakan LDK-LDK (bukan orang per orang) se-Indonesia. Sifat keanggotaan FSLDK cukup terbuka, artinya setiap LDK berhak bergabung dengan FSLDK. Hal ini dikarenakan salah satu visi FSLDK adalah mengoptimalkan akselerasi da’wah kampus nasional. Jaringan FSLDK sudah tersebar luas di seluruh nusantara. Mulai dari ujung Sumatra hingga Papua.
Di dalamnya memiliki alur komunikasi yang terdiri dari Puskomnas (Pusat Komunikasi Nasional), Badan Pekerja (BP) Puskomnas, Badan Khusus (BK) Puskomnas, Puskomda (Pusat Komunikasi Daerah), Badan Pekerja Puskomda, dan Steering Commitee (SC).
Kemudian, dalam memudahkan pemetaan ranah kerja FSLDK, dibentuklah 3 komisi di FSLDK, yaitu Komisi A (Isu Keumatan), Komisi B (ke-LDK-an), dan Komisi C (Jaringan Muslimah).

Sedangkan persepsi kedua, FSLDK adalah musyawarah nasional/daerah yang diadakan secara rutin. Di tingkat nasional, kita mengenal istilah Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN). FSLDKN yang ke-14 diselenggarakan di Unila, Lampung pada pada tahun 2007. Sedangkan di tingkat daerah, ada juga istilah Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Daerah (FSLDKD). Musyawarah-musyawarah ini biasanya membahas isu keummatan (palestina, UU pornografi, dll), ke-LDK-an, dan kemuslimahan.

Untuk FSLDKD, saya pernah menghadirinya, yaitu ketika FSLDKD XX se-Bandung Raya. Bertempat di IT-Telkom Dayeuh Kolot. Waktu itu ikut pelatihannya, kebetulan bagian kaderisasi.

fsldkd-xx

Palestina Menjelang 1430 H


bismillahirrahmanir rahim
assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

innalillahi wa innailaii roji’un…

pada hari sabtu lalu, tepatnya 27 desember 2008, menjelang tahun baru Hijriyyah, Israel meluncurkan sedikitnya 30 rudal kepada saudara-saudara kita di Gaza, yang menewaskan 300 orang lebih penduduk di sana.

gaza menangis lagi, gaza mengucurkan d***hnya lagi, gaza memisahkan banyak ruh dan jasad lagi,,,
padahal di negerinyalah banyak nabi terlahir, di negerinyalah kiblat pertama berdiri,,,
padahal seharusnya umat muslim di sana sedang bermuhasabah diri mengingati apa-apa yang dilakukan di tahun yang akan ditinggalkan, seharusnya umat muslim di sana sedang merancang target-target yang ingin dicapai pada tahun yang akan disambutnya…

memang ironis. tetapi bukan gaza namanya, bila hanya berdiam diri!!! bukan palestina namanya, bila hanya menunggu bantuan orang lain saja!!! bukan ISLAM namanya, bila membiarkan kehormatan dan kemuliaannya ternoda diinjak-injak!!!

hal yang diharapkan oleh israel melemahkan perlawanan bangsa Palestina, justru akan semakin mengobarkan daya juangnya dan semakin meningkatkan dukungan dari umat Islam sedunia.

umat Islam sedunia pasti mengutuk keras atas perbuatan-perbuatan Israel yang telah merampas Hak Asasi Manusia penduduk Gaza dan daerah lainnya untuk hidup, dan melakukan penyerangan tanpa pandang bulu terhadap wanita dan anak-anak. padahal pada tanggal 10 desember lalu baru saja diperingati hari HAM sedunia.

umat Islam sedunia pasti menolak berdirinya negara Israel di tanah Palestina dan mengutuk keras penjajahan Zionis Israel terhadap bangsa Palestina yang telah menyebabkan berbagai pelanggaran Hak Asasi Manusia di Palestina.

umat Islam sedunia pasti mendukung perlawanan yang dilakukan oleh rakyat Palestina untuk membela tanah airnya dari penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan, kehormatan, dan hak-haknya.

tunggulah masanya: Islam bersatu melawan kebathilan, palestina bebas merdeka, dan zionisme enyah dari bumi Allah tergantikan peradaban Islam yang membawa cahaya terang benderang! Allahu Akbar!!!

sebagai sesama negara yang merdeka, pemerintah Indonesia diharapkan untuk bersikap lebih tegas lagi pada Israel untuk menghentikan penyerangan terhadap saudara-saudara kita di palestina baik penyerangan secara politik embargo maupun secara militer. *ingat: palestina adalah salah satu negara yang memperjuangkan dan mengakui kemerdekaan NKRI*

walaupun sudah mengirimkan bantuan uang tunai, bantuan obat-obatan, dan mendesak PBB untuk segera menyelesaikan permasalahan palestina, walaupun dubes Palestina pun mengakui bahwa bangsa Indonesia telah berbuat banyak untuk bangsa Palestina *dengan mengucapkan terima kasih yang besar untuk bangsa Indonesia* tetapi, selama penyerangan itu masih terjadi, semua usaha itu belumlah cukup.

adapun pemerintah bisa mendesak Liga Arab juga untuk bertindak tegas, atau meminta mesir untuk membuka jalur perbatasannya *sehingga jalur obat-obatan bisa dibuka*, ataupun cara lain seperti memfasilitasi bantuan-bantuan dari masyarakat Indonesia. karena banyak LSM yang berteriak keras menolak penyerangan israel terhadap palestina ini.

terakhir, marilah kita semua *pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, serta Negara-negara lainnya* untuk mendukung palestina baik dengan bantuan moril maupun bantuan finansial berupa uang, makanan, ataupun obat-obatan kepada penduduk palestina di Gaza yang pada saat ini sedang membutuhkannya.

untuk dana, mungkin bisa melalui MER-C di:

BCA, a.n. Medical Emergency Rescue Committee
No. Rek. 686.0153678

Bank Muamalat Indonesia (BMI), a.n. MER-C
No. Rek. 301.00521.15

Bank Syariah Mandiri (BSM), a.n. Medical Emergency Rescue Committee
No. Rek. 009.0121.773

Baca lebih lanjut

tolak BHP: harga mati!


bismillah
assalamu’alaykum wrwb

tanggal 17 desember 2008,
tercatat sebagai disahkannya bencana pendidikan indonesia
yup, pada saat itu, RUU BHP berubah menjadi UU BHP
sedih banget…

kenapa BHP penting untuk ditolak?
yang paling fundamental, isinya tuh bertentangan banget dengan dasar filosofis pendidikan

UU BHP menjadikan lembaga pendidikan dijadikan sebuah badan hukum privat, dimana sekolah diperjualbelikan. masa sekolah dan PT diperjualbelikan di pasar saham?! konsekuensinya sekolah harus nyari biaya sendiri untuk menjalankan roda belajar mengajar karena pemerintah cuma ngasih 20% dari total biayanya dan bisa pasti realnya kurang dari itu…

kita semua dibodohi dengan UU BHP,,
mereka bilang pemerintah dipastikan untuk membiayai pendidikan tapi, ya, ada celah hukum dimana UU BHP itu ngebuat pemerintah bisa ga bayar uang pendidikan. intinya sih, pemerintah semakin lepas tangan untuk masalah pendidikan. mana ada pemerintah yang ga peduli ama pendidikan di negaranya?!

jepang pascaperang dunia tuh, memfokuskan pembangunan pada pendidikan. bukan militer, bukan ekonomi, bukan infrasruktur. hasilnya apa? jepang jadi negara maju!!!
Indonesia yang belum maju, udah ninggalin pendidikan. hasilnya apa? … … … *tanya ama diri sendiri*
mending kalo jepang hancur, udah pernah maju. masa Indonesia belum maju, udah hancur duluan?
Baca lebih lanjut

Arsitektur ada di Quran


“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS Ash Shaff 4)

assalamu’alaykum wr wb

alhamdulillah satu ilmu lagi saya dapatkan dan alhamdulillah ilmu tersebut ada hubungannya dengan bidang yang saya geluti.

eh tapitapi, sebelum saya jelaskan, saya mau cerita dulu. hoho =j
jadi selama lima hari kemarin, saya berada pada tiga tempat yang berbeda untuk acara yang berbeda

pertama,
sabtu-ahad, 20-21 desember 2008 berada di bojongkoneng untuk pelantikan gamais 2008, disitu menjadi pj transportasi.
walah, ternyata susah bener ngurusin bapak2 angkot itu ya… T.T
pokoknya temen2 panitia yang naek angkot, tapi pada belon bayar, tolong bayar segera ke saya ya…
trus, temen2 yang dipinjem uangnya untuk transport tolong konfirmasi ke saya juga…

kedua,
senin-selasa, 22-23 desember 2008 berada di lembang untuk dauroh pengurus mata’ salman v, disitu jadi peserta dan jadi pengisi hearing kepanitian dp2q.
alhamdulillah, disinilah ilmu yang akan saya tulis disini, saya dapatkan.
di dauroh ini juga, saya dapatkan feel sebagai keluarga pengurus mata’. hal ini menguatkan saya untuk terus berada di mata’ *maaf, ya gamais T.T*

ketiga,
rabu, 24 desember 2008 berada di curug 1000 gunung bunder/halimun *gatau gunung yang bener yang mana* untuk rihlah forkom alims
alhamdulillah, seneng banget yang namanya petualangan ke gunung kayak gini
keren! keren!
apalagi pas ngeliat curugnya, langsung pengen terjun, sayangnya ga boleh ama yang lain T.T
insyaallah kapan2 diunggah deh foto-fotonya

nah, itu ceritanya…
ini dia tentang Arsitektur di alQuran
Baca lebih lanjut

Jadwal UAS AR’07


Jadwal UAS Semester I Tahun 2008/2009

Ini dia yang ditunggu-tunggu, jadwal UAS (Ujian Agak Serius).
Semuanya bertempat di studio lantai 4…

Senin
08.00-17.00 Studio Perancangan Arsitektur I
Selasa
08.00-17.00 Studio Perancangan Arsitektur I
Rabu
08.00-17.00 Studio Perancangan Arsitektur I
Kamis
09.00-11.00 Struktur, Konstruksi, dan Bahan
14.00-16.00 Arsitektur Nusantara dan Asia
Jumat
09.00-11.00 Rancang Visual
15.15-17.15 Ruang dan Bentuk Arsitektur

Setelah itu,,,
LIBUUURRR sampe FEBRUARI!!!
hehe =D

Semoga selalu mendapatkan yang terbaik dari Allah SWT. Amin
Semang-Ka! Ganbatte!!!

Hasil MuBes gARis 14 desember 2008


Assalamu’alaykum wr wb

“Jiwa yang lama segera pergi
Bersiaplah para pengganti”

(peterpan – tak ada yang abadi)

PENGUMUMAAAN!!!

Hasil Musyawarah Besar Keluarga Besar Islam Arsitektur (gARis)
GAMAIS ITB pada ahad, 14 desemeber 2008 telah memutuskan kebijakan
yang akan mempengaruhi kinerja dakwah di program studi Arsitektur ITB.
Sebuah kebijakan yang Insya Allah di iringi rasa cinta pada Allah, dan
akan menjadi sebuah kebaikan untuk kita semua.

Bismillahirrahmanirrahim,
Mubes gARis ITB memutuskan

Ghani AR’06 *afwan, lupa nama lengkapnya*

Sebagai Kepala gARis ITB 2009

Semoga Allah selalu memberikan kecintaan-Nya kepada kita semua
gARis FUTUHkan AR ITB 2009!!!

Syukron wassalamu’alaykum wr wb

Portfolio Tugas BESAR!!!!!


Bismillah
Assalamu’alaykum wr wb

WAAA,,,
masa-masa UAS nih (Ujian Agak Serius)

tadi ada UAS Matkul Studio, yang 8 sks itu lho T.T

pertanyaan pertama, bikin 3 rancangan struktur atap, terus bikin detail sambungannya..
pertanyaan kedua, studi bayangan pada tampak depan dan denah, terus bikin gambar perspektif dua titik hilangnya…

udah itu,,, PRESENTASI TUGAS BESAR!!
gyaaa!!!

sekarang beneran besar!
deg degan pisan, tapi kata yang ngintip nilai bapaknya, yang paling kecil B+ dan itu bukan saya…
Alhamdulillah, minimal bisa AB lah… hoho =D

tapi tadi laptopnya michel aneh, masa ada dua layar…
pokoknya bikin bingung dan bikin kesulitan presentasi
hihi =j

oiya, setelah bikin presentasi di powerpoint, sekrang kudu bikin portfolio dengan format jpg.
Ini diaaa…
*untuk temen2 LSWK, maaf, namanya dipake ga bilang2 =p*

Tugas Besar!!!

Nah, kawans, mohon doanya agar maketku selesai dalam tiga hari ini yaaa
=( huhu
Syukron wassalamu’alaykum wr wb
*selamat UAS semuanya, semoga selalu diberikan yang terbaik oleh Allah Yang Mahabaik. amin!*