Arsitektur ada di Quran

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS Ash Shaff 4)

assalamu’alaykum wr wb

alhamdulillah satu ilmu lagi saya dapatkan dan alhamdulillah ilmu tersebut ada hubungannya dengan bidang yang saya geluti.

eh tapitapi, sebelum saya jelaskan, saya mau cerita dulu. hoho =j
jadi selama lima hari kemarin, saya berada pada tiga tempat yang berbeda untuk acara yang berbeda

pertama,
sabtu-ahad, 20-21 desember 2008 berada di bojongkoneng untuk pelantikan gamais 2008, disitu menjadi pj transportasi.
walah, ternyata susah bener ngurusin bapak2 angkot itu ya… T.T
pokoknya temen2 panitia yang naek angkot, tapi pada belon bayar, tolong bayar segera ke saya ya…
trus, temen2 yang dipinjem uangnya untuk transport tolong konfirmasi ke saya juga…

kedua,
senin-selasa, 22-23 desember 2008 berada di lembang untuk dauroh pengurus mata’ salman v, disitu jadi peserta dan jadi pengisi hearing kepanitian dp2q.
alhamdulillah, disinilah ilmu yang akan saya tulis disini, saya dapatkan.
di dauroh ini juga, saya dapatkan feel sebagai keluarga pengurus mata’. hal ini menguatkan saya untuk terus berada di mata’ *maaf, ya gamais T.T*

ketiga,
rabu, 24 desember 2008 berada di curug 1000 gunung bunder/halimun *gatau gunung yang bener yang mana* untuk rihlah forkom alims
alhamdulillah, seneng banget yang namanya petualangan ke gunung kayak gini
keren! keren!
apalagi pas ngeliat curugnya, langsung pengen terjun, sayangnya ga boleh ama yang lain T.T
insyaallah kapan2 diunggah deh foto-fotonya

nah, itu ceritanya…
ini dia tentang Arsitektur di alQuran

mungkin bila sahabat-sahabat mendengar ayat yang saya kutip di awal tulisan ini, sahabat akan mengambil pesan tentang pentingnya merapatkan dan merapikan barisan di jalan dakwah ini.
ya, sepatu, sepakat dan setuju!
namun, ada hal lain yang dapat kita ambil, lho…

dalam quran surat ash shaff ayat 4, disebutkan bahwa ‘bunyanum marshush’, kenapa tidak ‘bunyanum matiin’ afwan kalo tulisannya salah
karena didalam kata marshush, terkandung kata kuat dan indah.

ya, bangunan islam itu tidak hanya kuat saja tetapi juga harus indah, karena dengan keindahan terdapat ketentraman dan memberikan kemanfaatan yang lebih dibandingkan hanya kuat saja.

begitu juga dengan keimanan, iman yang kuat saja, mungkin hanya akan melahirkan orang yang shalih untuk pribadinya sendiri bahkan bisa menjadi seorang muslim yang fanatik atau ekstrim. dengan ditambah keindahan, iman itu akan mengeluarkan auranya. dia akan memberikan keteladanan, ketertarikan. sungguh mempesona iman yang marshush itu.

itulah arsitektur, itulah arsitektur!!!
arsitektur berasal dari Islam, berasal dari ayat ini!

arsitektur adalah gabungan dari fungsi, struktur, dan estetika. sebuah arsitektur harus memiliki fungsi yang mampu memberikan manfaat pada pengguna sesuai kebutuhannya, sebuah arsitektur harus memiliki struktur yang yang kuat sehingga penggunanya aman berkegiatan di dalamnya, dan sebuah arsitektur harus memiliki keindahan yang membuat pengguna menjadi nyaman.

Allahu’alambish shawab
_dari seseorang yang ingin membangung peradaban Islam di Bumi

“The mother art is architecture. Without an architecture of our own, we have no soul of our own civilization.” (Frank Lloyd Wright)

3 thoughts on “Arsitektur ada di Quran

  1. @prib:
    ada deh. pokoknya kalo menurut gw, dp2q adalah dauroh yang tak terlupakan. pengen jadi peserta lagi >.<
    @zhar3633: amin. doakan ya. waiyyakum juga. jangan lupa ikut dp2q, zar! hehe

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.