Anugerah yang Pergi

assalamu’alaykum wr wb

untuk kawan2 XII-IPA 3 di berbagai kampus…

hari ini tepat dua tahun yang lalu, ingatkah kalian pada tanggal itu??
yak, hari Rabu tanggal 10 Januari 2007, hari ketiga di semester genap *semester terakhir kita*
waktu itu sekitar waktu dhuha lagi ga ada guru *pelajaran sapa ya? kalo ga salah bu heny yah?* tapi tiba-tiba bu marlen masuk ke kelas dengan wajah rada panik sambil bertanya *kira2 seperti ini*…

“di kelas ini ada yang namanya ANUGERAH???”

kita pun langsung meng-iya-kan, tetapi beliau seolah tak percaya dan bertanya lagi,

“bener ada yang namanya ANUGERAH???”

wajahnya menunjukkan ketidakpercayaan bahwa di kelas IPA 3 ada murid yang bernama Anugerah, beliaupun menambahkan…

“katanya… meninggal”

DEG! satu kelas hening dan saya sendiri masih nyambung-ga nyambung tentang apa yang diucapkan bu marlen. perlahan otak saya dapat menerima berita itu tapi masih mencoba menolak kenyataan tersebut…

kelas pun mulai rame, cawang sebagai ketua kelas sigap mengambil tindakan untuk men-tabayyun-i berita tersebut. emang sih dari awal semester genap, anu belum pernah masuk *terakhir kali liat anu, pas lagi pembagian rapot, dia ngerjain tugas bu lelly yang belum tuntas di kantin, nilai bahasa indonesia di rapotnya masih pake pensil. udah itu, balik bareng dengan diwarnai insiden motor dipta yang mogok*
sebagai gantinya, datang sebuah surat yang memberitakan bahwa anu sedang di rawat di rumah sakit pertamina pusat.

tak lama kemudian, cawang masuk ke kelas dan membenarkan berita tersebut. anugerah telah menghembuskan nafas terakhirnya di kota jakarta karena DBD *telat datang ke dokter*

namun, jenazah anu masih ada di jakarta. kata bu marlen nunggu nyampe di bogor aja baru satu kelas ke rumahnya bareng2.

akhirnya kita berangkat menuju kediaman anu. ketika sampai di rumahnya, ternyata jenazahnya masih diperjalanan. di sana, kami sekelas berbincang sejenak dengan guru ngajinya anu. katanya sebelum masuk rumah sakit, anu bercerita ke beliau tentang hal yang tidak biasa, yaitu tentang nikah. disampaikan oleh beliau, kalau anu punya istri, pengen yang memakai jilbab karena menurutnya yang berjilbab berarti bisa menjaga dirinya.

setelah itu kami sekelas bantu2 keluarganya, yang ikhwan masang2 bendera kuning di sekitar kompleks rumah, sedangkan yang akhwat bikin rangkaian bunga2 gitu dan nyiapin tempat. subhanallah banget! warga di sekitar rumah anu, langsung membantu juga. mereka bagi2 tugas dengan inisiatif yang tinggi banget *malah kata ira mayasari, koordinasinya lebih hebat dari panitia TOP*

tetangga2 anu lebih mengenalnya dengan nama tito.

setelah jenazah tiba, mungkin beberapa dari kalian ada yang udah tahu. beliau dishalati karena sebelumnya telah dimandii dan dikafani. trus dibuka sebentar petinya *kebetulan saya tidak melihat dan untungnya nggak*
terus, jenazah dibawa ke halaman rumah dan ada sedikit pesan dari pihak keluarga dan pak agus suherman, serta doa.

then….
anu di-kebumikan di dreded…

umm, seorang sahabat telah pergi. sahabat yang ga pernah marah sedikit pun, selalu tersenyum. kalo di kelas suka menyipitkan mata dengan tangannya *kayak cyclops di x-men* soalnya tangkai kacamatanya rusak jadi susah di pake. kalo lagi presentasi sangat menggebu2. semangat 45-lah! ALLAHU AKBAR!!! keren, nu!

kawan, semoga kau diridhoi oleh-Nya. amin. makasih dan maaf untuk semuanya, walaupun cuma kenal 1,5 tahun *dari kelas XI IPA 6 sampe pertengahan XII IPA 3* saya banyak salah banget ke kamu, nu. afwan jiddan ya… insya Allah ga lama saya bakal nyusul…

oia, saya pernah ketemu kamu di mimpi. semoga itu bener2 kamu. sehat kan?
oia (lagi), untuk novy nurwahyuni XII-IPA 3 juga: makasih dan maaf untuk semuanya..

3 thoughts on “Anugerah yang Pergi

  1. Kabar menyedihkan… gw dapetnya dari Berri lewat email, sempet shock juga. Ga nyangka aja

    temen yang baik dari SMP, sempet sekelas 2 tahun..
    semoga almarhum amal ibadnya diterima oleh Allah SWT

  2. mau protes *maaf agak mengganggu kehidmatan..
    eh kata siapa ane ceburu sm Ulfah gara2 udah 19 taun belom di-khitbah???? hehh… sekate-kate… bentar lagi jg ada yang dateng… tunggu aja! *dateng bwt nagih utang… haha…

Tinggalkan Balasan ke wina Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.