JALUSI

Jalusi semua

Saya yakin, selalu ada keberkahan di tiap helaian silaturahim dan itu benar-benar terbukti ketika gARis ITB mengadakan JALUSI *Jalan-jalan Silaturahmi gARis ITB* pada hari senin tanggal 26 Januari 2009 *tepat setelah Outbond DP2Q. capek banget! T.T*

Kumpul di Terminal Dago jam 7. Ketika saya datang, sudah ada K’Ghani, K’Lucky, T’Tie, dan T’Sotya. Sekitar 30 menit kemudian *Setelah yang lain berdatangan* kami pun berangkat menuju THR *Taman Hutan Raya* Ir. H. Djuanda dengan JALAN KAKI *beneran jalan-jalan, bo!*

Pas nyampe di PLTA *eh, PLTA kan?*, kami mendaki tangga yang jumlahnya buanyaak banget! Itu merupakan simulasi dari jalan dakwah: mendaki, sukar, berat, banyak godaan, dan penuh rintangan.

Ia yang punya keyakinan kuat pada visinya akan tertuntun, dan kesulitan-kesulitan pun melandai memberi jalan padanya. Ia yang tak yakin pada visinya akan sangat mudah menemukan alasan untuk berhenti. Perjalanan yang sulit. Bekal yang sedikit. Jarak yang selangit. Bagi mereka, alasan-alasan ini akan datang sendiri tanpa dicari. Karena selalu ada bagian jalan yang mendaki. Selalu ada bagian laut yang membadai.

Aku Bertanya padamu, saudaraku..
Seberapa kuat keyakinanmu ??!

Oh iya, dalam perjalanan tersebut kami disuruh mencari bahan-bahan untuk dibuat maket dakwah nantinya. Maket dakwah buatan kelompok saya, hanya terdiri dari 3 bahan. Pertama, batu berbentuk silinder ditidurkan di bagian bawah. Kedua,mainan mobil-mobilan yang tinggal chasis dan gear-nya doang. Ketiga, pecahan genteng. Filosofi itu semua: Batu silinder melambangkan kekokohan dan kedinamisan pondasi dalam berdakwah. Maksud kokoh disini adalah internal si kader dakwah harus benar-benar teruji, sedangkan maksud dinamis adalah seorang kader harus bisa mengikuti perkembangan zaman yang terus berputar. Mobil-mobilan melambangkan kreatif, ya, dalam berdakwah harus kreatif agar konten dakwah itu bisa diterima oleh objek dakwah. Gear mobil melambangkan bahwa kita semua harus menjadi motor dakwah yang terus bergerak untuk memperjuangkan Islam. Sedangkan pecahan genteng yang fungsinya menyeimbangkan gear yang ada di belakang, melambangkan tawazun. Dakwah harus seimbang antara lisan dan perbuatan, dengan kata lain harus berintegritas.

Lalulalu, kita dapet materi tentang kerja tim dalam dakwah yang menghadirkan Kang Muhamad Yunus PN’05 (Kahim KMPN tahun lalu yang memecahkan rekor MURI) dan Kang Anggun MS’04 (Komandan Menwa ITB). Ada kata-kata menarik dari Kang Yunus, “Dalam sebuah tim, jika seseorang tidak bergerak untuk menjalankan tugasnya, berarti sesungguhnya dia telah dzalim terhadap saudaranya yang lain”

Setelah maksiat *makan, sholat, dan istirahat*, kami pergi ke goa jepang dan goa belanda. Di goa jepang, satu per satu kelompok yang ada *cuma 4 kelompok* masuk ke dalamnya. Kebetulan kelompok saya *yang bernama HAMAS 2* masuk terakhir. Disitu ada suatu renungan tentang dakwah di Arsitektur yang sangat berat namun penuh pahala. Ya Allah, bukakan pintu rahmat-Mu di langit Arsitektur. Sedangkan di goa belanda, kami masuk sendiri-sendiri tanpa senter dan harus berjalan lurus ke pintu satunya. Hikmahnya, kita harus fokus untuk mencapai tujuan dan mengabaikan godaan-godaan.

Meski putaran kita gelap pekat, visi yang bersinar terang di kejauhan akan memberi kita arah. Ia ada di sana, bercahaya. Dan kita tetap akan menujunya meski harus merangkak, terantuk, terjerembab, dan kadang terperosok. Tapi pasti, di antara berbagai kejatuhan itu akan ada saat di mana kita bisa berlari, meloncat, bahkan melayang dan terbang.

Seberapa terang cahaya visimu ??!

Jalusi goa jepang

Ketika keluar goa belanda, T’Qisthi memerintahkan untuk menutup mata saya dengan slayer, kemudian K’Dedy menuntun saya ke suatu tempat. Di situ kami diperdengarkan sebuah ucapan yang sangat menyentuh. Tentang dakwah. Memang, jalan ini sungguh berwarna. Saya sangat bersyukur bisa berada di sini dan masih bisa bertahan dan bersabar hingga saat ini.

BAIT JUANG

Jiwa, siapakah yang masih dirindu?
Sementara ada Dia yang menanti di sana
Raga, manakah yang masih sakit?
Bila jiwa telah terbang bersama cinta-Nya
Nafas, masihkah menghembus terengah?
Sedang jihad adalah udaranya
Cinta, masihkah berwarna merah jambu?
Padahal hijau surga telah membentang sejauh pandanganmu
BANGKIT DARI SELIMUTMU !

Saat semua orang masih terlelap,
aku harus bangun !
Saat semua orang telah terbangun,
aku harus berdiri !
Saat semua orang telah berdiri,
aku harus mulai melangkah !
Saat semua orang mulai melangkah,
aku harus berlari !
Saat semua orang terus berlari,
aku harus terbang !

Laa izzati illa bil jihad
Sungguh, dakwah ini hanya untuk seorang
PAHLAWAN !

Yang tahu medan bagaimana yang akan ia lalui
Yang tahu musuh yang akan dihadapi
Yang tahu strategi apa yang harus diterapkan
Yang tahu senjata apa yang harus digunakan
Dan tahu pada Siapa ia memohon bantuan
Sesungguhnya dakwah ini baru akan berhenti
Ketika menginjakkan kaki di surga
Insya Allah !

Acara jalan-jalan ini ditutup dengan penyerahan ‘kekuasaan’ secara simbolik dari kepengurusan K’Nico kepada K’Ghani dan sepatah-dua patah kata dari Pembina gARis yang diwakilkan oleh K’??? *aduh, sapa ya namanya? lupa* Dan dengan itu, resmilah sebuah kepengurusan baru di Lembaga Dakwah Program Studi Arsitektur.

Untukmu Saudaraku….

Semoga dalam perjalanan amanah ke depan dapat membawa maslahat bagi umat…

Semangat kawan!! Allah akan selalu menolong orang-orang yang menolong agama Allah…

Saudaraku, biarkan singa-singa penuh semangat hadir dalam jiwamu. Rawatlah singa-singa itu dengan keluhuran budi dan kebersihan nurani. Susunlah bulu-bulu kedamaiannya, cermati terus rahang persahabatannya. Perkuat punggung optimismnya, dan pertajam kuku-kuku kesabaran miliknya.

Selamat berjuang para mujahid dan tentara Allah !
Teruslah berjuang dengan ikhlas dan cinta pada Allah.
Kuatkan ukhuwwah Islamiyyah.

Semoga apa yang dilakukan, diniatkan hanya untuk beribadah kepada Allah.

Jadikan momen-momen ke depan sebagai sarana pembelajaran dan selalu memperbaiki niat dan mengedepankan keikhlasan.

Jadilah keluarga yang solid. Bekerjasamalah dengan baik, karena dengannya akan membuat orang-orang biasa menghasilkan sesuatu yang luar biasa!

Jadilah yang paling bertahan ketika yang lain tertekan!

TOGETHER TO HEAVEN

4 thoughts on “JALUSI

  1. wah, sudah dipublish,, mudah-mudahnan yang baca pada ngiri yaa..
    oia, fotonya kurang keliatan(blur atau terlalu kecil ya?)

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.