Jawaban untuk Satu KM ITB

KM ITB

Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung. Sebuah wadah kemahasiswaan yang berasaskan pancasila dan kebenaran ilmiah. Terkadang mahasiswa yang masih salah anggapan, mengatakan bahwa KM ITB adalah kabinet saja. Sedangkan Unit dan Himpunan bukanlah KM ITB. Jelas-jelas ini adalah salah karena semua itu adalah bagian dari KM ITB sendiri.

KM ITB memiliki perangkat organisasi, yaitu Kongres KM ITB yang merupakan lembaga pemegang kekuasaan legislatif di tingkat pusat dalam kehidupan kemahasiswaan di ITB sekaligus merupakan perwakilan dari mahasiswa yang terorganisasi dalam himpunan dan unit di ITB, Kabinet KM ITB yang merupakan lembaga eksekutif tertinggi dalam kehidupan kemahasiswaan di ITB dan bertanggung jawab kepada Kongres ITB, Himpunan Mahasiswa Jurusan yang merupakan organisasi di tingkat jurusan yang menghimpun mahasiswa ITB sesuai dengan jurusannya dan telah melakukan pemberitahuan secara resmi atau registrasi ke KM-ITB, Unit Kegiatan Mahasiswa yang merupakan organisasi yang berada di ITB dan menghimpun mahasiswa ITB untuk berkegiatan dalam bidang-bidang yang terdiri dari keagamaan, pendidikan, olah raga, media, kesenian dan kebudayaan, yang juga telah melakukan pemberitahuan secara resmi atau registrasi ke KM-ITB, Tim Beasiswa KM ITB yang merupakan badan independen eksekutif yang bertanggung jawab kepada Kongres KM ITB dan seluruh mahasiswa ITB dalam penyelenggaraan beasiswa KM ITB, Majelis wali amanat (MWA) wakil mahasiswa yang merupakan perwakilan mahasiswa dalam majelis pemegang kekuasaan tertinggi di ITB, dan Tim MWA wakil mahasiswa KM ITB adalah Tim yang dibentuk oleh MWA wakil mahasiswa untuk memudahkan dan membantu tugas-tugas wakil mahasiswa di MWA.

Motivasi Bergerak

Jika berbicara tentang motivasi, saya selalu memperhatikan ia berasal dari mana. Dan menurut saya, hanya ada dua sumber yang bisa membuat motivasi kita seolah-olah ‘abadi’.

Pertama, dari diri kita sendiri. Kita menggantungkan motivasi itu pada diri kita sendiri. Misal, ketika kita sedang malas mengerjakan sesuatu, kita bertekad pada diri kita sendiri bahwa bila kita tidak mengerjakan sesuatu itu, kita akan rugi.

Kedua, dari Yang Mahakekal. Seperti kata Pak Budi Faisal, motivasi bergerak itu adalah untuk pertemuan kembali dengan Dzat Yang Menciptakan kita. Bila motivasi ini berasal dari orang lain, misal agar dilihat kemudian dipuji orang lain, motivasi itu akan hilang bersama dengan hilangnya orang itu. Pertanyaannya, lalu bagaimana dengan diri kita yang sudah kehilangan motivasi? Bila motivasi ini berasal dari diri kita sendiri, motivasi itu akan hilang bersamaan dengan hilangnya diri kita. Ini masih lebih baik, setidaknya kita tidak pernah kehilangan motivasi selama hidup. Namun, dengan bermotivasi kepada Yang Mahakekal, motivasi kita itu takkan hilang ditelan umur. Motivasi itu akan kekal dan apa yang kita kerjakan insyaallah akan bernilai amal ibadah.

Jadi, motivasi saya untuk bergerak adalah yang kedua, yaitu untuk pertemuan kembali dengan Yang Menciptakan diri saya sendiri.

Langkah Strategis Sinergikan Pergerakan KM ITB

Untuk di 2007, saya akan memanfaatkan forum angkatan, Ganesha Muda, untuk bisa menularkan semangat persatuan ITB ini kemudian untuk mereka bawa ke lembaga masing-masing. Selain semangat, saya juga akan mencoba untuk mengajak teman-teman untuk peduli, setidaknya mengikuti, mengenai isu-isu yang sedang berlangsung dengan membentuk budaya diskusi.

Untuk di lembaga yang saya ikuti, baik himpunan maupun unit, saya akan melakukan sharing dengan masing-masing massa di sana sehingga bisa menyamakan suhu dan pandangan bahwa kita semua adalah satu ITB. Langkah-langkahnya adalah dengan mengajak untuk lebih inklusif dengan kader di lembaga lain dan mengusahakan untuk bekerja sama dengan lembaga lain ketika mengadakan suatu kegiatan.

Yang Bisa Dilakukan

1. Melakukan sharing dengan teman-teman di setiap lembaga yang diikuti.
2. Lebih peduli dengan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.
3. Lebih peduli dengan isu-isu yang nampak ke permukaan, baik itu tingkat kampus, tingkat lokal, tingkat nasional, maupun tingkat dunia.

Satu ITB, satu Indonesia
Untuk Tuhan, bangsa, dan almamater! Merdeka!!!

Reza Primawan Hudrita | 15207079 | Perwakilan IMA Gunadharma pada DAT 2009

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.