Outbond DP2Q Ikhwan

Berikut ada peraturan games yang dipakai ketika outbond DP2Q ikhwan. Semoga bermanfaat! Dijamin seruuu!!!

Pengondisian di Lapangan

Pohon tertiup Angin
a. Tujuan : Pengelompokan dan saling berkenalan
b. Teknis : Danlap meminta seluruh peserta membentuk lingkaran besar dan mengikuti arahan danlap. Bila danlap mengatakan, “angin dari depan..” maka peserta bergoyang/bergerak seperti pohon yang tertiup angin ke belakang, begitu seterusnya.. (berguna untuk membuat peserta terkonsentrasi pada apa yang dikatakan danlap), lalu dikatakan, “angin meniup pohon ber…delapan!”, maka semua akan membentuk kelompok dengan jumlah anggota 8 orang, begitu seterusnya hingga dirasa semua sudah pernah sekelompok, baru yang terakhir “ber…kelompok awal!”. Kelompok awal dauroh yang dipakai outbond. Kemudian danlap berkata lagi, “angin meniup kelompok satu ke lapangan!” Setelah itu ada panitia yang mengarahkan arah jalan outbond.
c. Peralatan : –
d. PJ: Rohim

Pos Outbond

Dragon Tail
a. Tujuan : Merekatkan hubungan persahabatan dan kepemilikan dalam kelompok (ukhuwah)
b. Teknis : Tiap kelompok terdiri dari 3-5 orang, berbaris dalam 1 banjar, dan memeluk pinggang kawan didepannya (seperti main ular-ularan) kemudian, ketua kelompok yang menjadi kepala naga, saling gontok dan bertarung untuk mengambil ekor (tail) naga lawannya. Naga yang hilang ekornya akan kalah.
c. Alternatif permainan : Kecuali orang yang paling depan, semua anggota kelompok ditutup matanya dengan slayer.
d. Efek samping : Bisa luka-luka dan salah paham bila berantemnya berlebihan.
e. Peraturan : Tidak boleh menendang, memukul wajah, dan mencelakakan lawan.
f. Peralatan : Slayer.
g. PJ : Syihan

Blind Bomb
a. Tujuan : Leadership and followership, Fokus.
b. Teknis : Satu kelompok yang berisi 3-5 orang diberi misi untuk menjinakkan 3 buah bom berbentuk botol air kemasan plastik, dengan cara memasang kembali hulu ledak (sedotan) ke dalam bom tersebut. Tapi karena efek negatif dari radiasi bom yang besar, kelompok yang bertugas menjinakkan bom hanya bisa memasukkan hulu ledak dari jarak tertentu sambil membelakangi bom (tidak boleh melihat bomnya). Bila tidak, anggota kelompok bisa buta dan mengalami mutasi genetik. Dan hanya ketua kelompok yang mempunyai kacamata khusus sehingga bisa melihat bom dan mengarahkan anggota kelompoknya untuk memasang kembali hulu ledaknya. Waktu terbatas, bila misi gagal, maka bom akan meledak. Dua kelompok saling beradu cepat untuk menjinakkan bom.
c. Alternatif I permainan : Ketua kelompok yang mengarahkan tidak boleh berbicara (dengan isyarat). Alternatif II permainan : Tiap kelompok tidak melakukan permainan secara bersamaan. Kelompok yang menjalani permainan ditutup matanya dan hanya mendengarkan instruksi dari ketua kelompok. Sedangkan kelompok lain mengeluarkan suara yang mengganggu instruksi ketua kelompok lawannya.
d. Peralatan : 4 Sedotan, 6 botol air kemasan plastik, tali rafia.
e. PJ : Ahmad

Cek Hafalan dan Menyusun Arti Surat Al Muzzammil
a. Tujuan : Mengecek salah satu muwashafat dauroh dan menagih komitmen.
b. Teknis : Tiap kelompok yang terdiri dari 3-5 orang diminta mencari terjemah dari Al Muzzammil yang disembunyikan secara acak untuk kemudian ditebak ayat berapa dan disusun dengan benar. Yang paling banyak tepat adalah pemenangnya. Kemudian, peserta dites satu per satu oleh panitia mengenai hafalan surat Al Muzzammil.
c. Peralatan : Potongan terjemah Al Muzzammil, mushaf quran.
d. PJ : Khabib

Spider Web
a. Tujuan : Meningkatkan kerja sama kelompok.
b. Teknis : Peserta tiap kelompok yang terdiri dari 3-5 orang diminta untuk melewati lubang-lubang yang terdapat pada sebuah jaring laba-laba tanpa harus menyentuh jaring laba-labanya (jika menyentuh, harus ulang dari awal). Tiap anggota kelompok harus melewati lubang yang berbeda. Kelompok yang paling banyak menyebrangkan anggota kelompoknya dalam waktu tertentu adalah sang juaranya.
c. Peralatan : Tali rafia.
d. PJ : Alpian

Free Palestine!
a.Tujuan : Melatih jasadiy, simulasi strategi ‘perang’, paham tentang kondisi di Palestina.
b. Teknis : Peserta dibagi menjadi 2 kelompok yang berisi 7-9 orang. Tiap kelompok memiliki misi untuk mengalahkan kelompok lain, dengan cara: merekrut anggota kelompok lawan sampai habis secara diplomatis, menawan anggota kelompok lain sampai habis dengan melemparnya dengan air (harus pecah hingga target lemparan basah), atau dengan mengambil mahkota (tali rafia) dari ketua kelompok lain.
c. Efek samping : Bisa luka-luka dan salah paham bila berantemnya berlebihan
d. Peraturan : Tangan tidak boleh mengepal atau menggenggam, tidak boleh mengenai kepala, boleh mendorong (tapi jangan keras-keras)
e. Peralatan : Tali rafia, plastik, air, blue.
f. PJ : Ghozi

Cadangan
1. Estafet daun memakai sedotan.
2. Berdiri bersama-sama.
3. Membuat suatu benda yang bisa dijual dengan bahan-bahan yang ada di sekitar

3 thoughts on “Outbond DP2Q Ikhwan

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.