Tentang G 08/09

Assalamu’alaykum wr wb

eisss,,, maksud ‘G’ disini bukan gamais lho =j tapi GUNADHARMA, seorang arsitek dan seniman yang salah satu Mahakarya-nya adalah Candi Borobudur. Kemudian namanya diambil menjadi nama Ikatan Mahasiswa Arsitektur ITB agar semangatnya selalu tertanam di hati para calon-calon Arsitek lulusan ITB. Vivat G!

Lalulalu, ini ada sedikit resume materi sewaktu kaderisasi G’08. Emang udah kadaluarsa, karena kahimnya pun sudah ganti jadi Ahmad Zuhdi ‘Allam G’07. Yah, semoga tetep bermanfaat…

Sejarah IMA-Gunadharma

IMA-Gunadharma berdiri pada tanggal 15 November 1951 yang bermula dari bincang-bincang antara Suhartono dengan Prof. Ir. F. Dicke dan H.G. Smelt.

IMA-Gunadharma pernah menyelenggarakan kejuaraan softball se-Bandung dan menjadi ikon dari IMA-Gunadharma. Selain itu pernah menyelenggarakan diskusi dengan mengundang Arsitek terkemuka di Student Center (sejak tahun 1973 resminya bernama Student Center, kemudian di tahun 2002 menjadi Campus Center hingga sekarang). Ada juga kegiatan LKM (Latihan Kepemimpinan Mahasiswa) yang bekerja sama dengan Dewan Mahasiswa dan Himpunan lain, Manajemen Konstruksi di Arsitektur karena Arsitek adalah kontraktor sekaligus planner, punya majalah Arsitektur, dan sebelum ada LBH (Lembaga Bantuan Hukum), IMA-Gunadharma membuat LBP (Lembaga Bantuan Perencanaan).

Prestasi: Juara II dan III Sayembara Rancang Monas, anggota IMA-Gunadharma menjadi ketua angkatan Diklat Aktivis Terpusat, IMA-Gunadharma menjadi pimpinan kajian Babakan-Siliwangi, IMA-Gunadharma aktif mengonsep buku putih tentang BBM.

Perkenalan IMA-Gunadharma

Pada struktur kemahasiswaan pusat ITB. Kongres merupakan lembaga tertinggi yg fungsinya sebagai legislator. Di dalam Kongres KM, terdapat senator dari seluruh Himpunan dan tiap rumpun beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa. Perwakilan IMA-Gunadharma adalah Ezra Ganesha AR’04, yang secara struktural setara dengan Ketua Himpunan.

Sedangkan pada struktur IMA-Gunadharma. Badan Perwakilan Anggota-lah lembaga tertingginya, yang merupakan wakil-wakil dari tiap angkatan IMA-Gunadharma dan mengeluarkan GBP kepada Badan Pengurus untuk dijalankan dalam masa kepengurusannya. Satu orang BPA mewakili 20 orang di angkatannya.
Mengenai BP, pos tertinggi diisi oleh Ketua Himpunan, yaitu Reza Aryandi AR’05, yang bertanggung jawab pada BPA. Kahim memiliki dua perpanjangan tangan: ke internal dan ke eksternal, serta membawahi langsung Bidang Litbang (Penelitian dan Pengembangan). Di internal dipegang Wakil Ketua Bidang I yang membawahi langsung Bidang Keanggotaan, Bidang Keprofesian, Bidang Inventaris, dan Koordinator Kelompok Minat, serta mengawasi kepanitiaan Kaderisasi. Sedangkan di eksternal ada Wakil Ketua Bidang II yang membawahi langsung Bidang Humas (Hubungan Masyarakat), Bidang Pengmas (Pengabdian Masyarakat), dan Bidang Wirausaha, serta menjadi pengawas kinerja panitia Dies Natalis IMA-Gunadharma.

Perkenalan Kelompok Minat di IMA-Gunadharma

Di IMA-Gunadharma terdapat ciri khas, yaitu terdapat Kelompok Minat yang bagaikan ‘unit kegiatan mahasiswa’ kecil di dalam himpunan. Hingga saat ini, Kelompok Minat berjumlah sembilan, yaitu:
1. Jepret, adalah kelompok minat yang bergerak di bidang fotografi. Sebenarnya dulu ada Mata Kuliah Fotografi di jurusan Arsitektur. Namun, sejak mata kuliah tersebut ditiadakan, Ruang Gelap di Basement Gedung Labtek IX B dimanfaatkan oleh para mahasiswa dengan mendirikan kelompok minat Jepret.
2. Kambin-G, adalah kelompok minat yang menyukai petualangan. Para Backpackers ini sangat suka berjalan kaki ke pegunungan melewati hutan beberapa hari. Kambin-G pernah bertualang ke Ujung Kulon.
3. Bilik, adalah kependekan dari Biro Lintas Arsitektur. Untuk masuk ke dalam kelompok minat ini harus telah lulus Mata Kuliah AR2200. Salah satu proyeknya telah hampir jadi dan tinggal di beri finishing.
4. Kunci-G, yaitu kelompok minat yang para anggotanya menikmati musik sebagai hiburan. Biasanya sering mengadakan Musik Sore di Amfiteater Arsitektur untuk mengembalikan keceriaan untuk Anggota IMA-Gunadharma pascapengumpulan.
5. Tacklin-G, yaitu kelompok bagi orang-orang yang hobi bersepak bola. Baik lapangan besar, maupun futsal. Bermula dari kegiatan Ganesha Football League yang diadakan oleh PS ITB, Tacklin-G didirikan guna mengoordinasi latihan untuk berbagai kejuaraan.
6. Dancin-G, yaitu kelompok minat yang menyukai seni tari. Pernah tampil di acara wisudaan IMA-Gunadharma. Saat itu Dancing-G, membawakan tarian tradisional hasil aransemen sendiri.
7. Morfosis, merupakan kelompok minat yang bergerak di bidang jurnalistik. Saat ini, Morfosis mengelola majalah Arsitektur: VOID dan madin-G. Selain itu, Morfosis juga sering menghasilkan banyak puisi-puisi yang bagus.
8. Cursor, merupakan singkatan dari Cumpulan Orang-Orang Suka Komputer. Dari namanya, sudah bisa ditebak bahwa kelompok minat ini bergelut di bidang multimedia, desain, dan sekitarnya.
9. Basket-G, adalah kelompok bagi orang-orang yang hobi bermain basket. Tujuan didirikannya adalah untuk memperbaiki citra basket mahasiswa Arsitektur yang dahulu pernah terkenal kehebatannya.

Sejarah Ketua IMA Gunadharma

…, dari G’05: Ezra, G’06: Reza, G’07: Zuhdi, G’08: ? (R*z* lagi kah? =D)

Allahu’alambish shawab wassalamu’alaykum wr wb.

2 thoughts on “Tentang G 08/09

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.