Pemilu dan Baksil

Tulisan di bawah ini adalah catatan dari partisipasi saya dalam dua aksi.

1. Pemilu

Aksi ini diadakan pada hari jumat jam 13.00 oleh FSLDK se-Bandung Raya. Kumpul ba’da jumatan di Masjid Pusdai, introduksi dari al akh yang saya gatau namanya siapa ^^ berupa penjelasan teknis dan ditutup dengan doa.

Yang saya tahu ada yang dari Unpad, STT Tekstil, IT Telkom, dan tentu saja ITB!!! haha, tapi cuma 3 orang (saya, kang Dida, dan kang Adi)

Diawali long march ke Gedung Sate dengan kawalan dari polisi. Lancar, ga buat macet. Dengan sedikit orasi dari danlap dan yel-yel singkat yang nadanya gitu-gitu aja. hehe. Oia, ada juga yang megang poster dan membagikan selebaran yang isinya menyatakan sikap dari FSLDK.

Sesampainya di Gedung Sate (ikhwan menghadap gedung sate, akhwat menghadap ke jalan). Ada orasi dari petinggi FSLDK dan perwakilan UNPAD. Dari ITB ga ada, wong gaada yang bisa orasi. hihi. Kemudian bunker ikhwan melakukan penekanan ke polisi yang berjaga di gerbang gedung Sate. Trus juga ada perwakilan dari anggota legislatif, seorang ibu yang tidak disebutkan partainya.

Nah, setelah itu barisan membentuk lingkaran dan orasi-orasi lagi dari danlap. Ditutup dengan doa.

Kemudian kita berjalan lagi ke arah BIP. Tapi karena udah jam 3, saya duluan pulang karena harus menyiapkan diri untuk mengajar tahsin temen-temen dari Teknik Industri.

Nah, isu yang dibawa oleh FSLDK adalah: Gunakan hak suara. Jangan golput, karena golput hanyalah diperuntukkan kepada golongan yang putus asa. Yang sudah tidak punya cita lagi kepada bangsanya. Pilih caleg yang bermoral. Tolak caleg yang cabul dan korupsi. Pilih partai yang berasaskan Islam. Karena dengan berasaskan Islam, insya Allah calegnya memiliki moral yang baik.

2. Baksil

Aksi ini diadakan pada hari sabtu, mulai jam 19.00 diadakan oleh IMA Gunadharma dan Satgas Baksil KM ITB. Aksi ini dilakukan secara paralel, ada yang di fly over, plaza dago, BIP, dan Ciwalk.

Saya kebagian di fly over yang deket tempat fitness Rebel, berdua dengan Putar.

Manteph banget lah. Banyak yang ngamen. Ada yang buat Baksos dan Makrab, ada yang buat korban Situ Gintung, dan ada juga yang emang profesinya ngamen. Pada berebut penumpang, wah, rusuh lah. Pas nyanyi paheboh-heboh deuih.

Semua itu berdampak pada kita, pas kita nyamperin mobil-mobil tersebut, si sopir langsung memberikan kelima jari tangannya sambil mengucapkan maaf. Gedubrak! Tapi setelah kita menjelaskan bahwa kita ga minta sumbangan, baru mereka mau ngambil flyernya. Baru udahan jam 21 lebih.

Oia, aksi ini juga dihadiri temen-temen dari Gea, Terra, PSIK, HMF, dan Himafi. Makasih banyak ya…

Tentang Baksil

Kawasan babakan siliwangi yang diapit oleh Jalan Taman Sari dan Jalan Siliwangi memiliki luas 3,8 hektar. Baksil termasuk pada kawasan lindung Bandung Utara dengan kemiringan lereng 40% sehingga berfungsi sebagai Kawasan Perlindungan Kawasan Bawahan. Setiap kawasan lindung, harus memiliki Koefisien Dasar Bangunan (KDB) maksimum sebesar 2% dari luas lahan dan Koefisien Lantai Bangunan (KLB) maksimum 0,02 yang digunakan untuk prasarana dan sarana vital. Potensi kawasan lindung adalah sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk mencegah erosi dan sebagai penghasil oksigen, penyerap panas, pengendali kelembaban, dan menjaga iklim mikro. Nah, arahan pengembangan kawasan lindung adalah melestarikan dan melindunginya dari alih fungsi. Jadi, kita harus menolak isu pengembangan Kawasan Babakan Siliwangi yang mengubah fungsi lindungnya menjadi fungsi apapun dan menuntut transparansi rencana pengembangan kawasan lindung di kota Bandung dari Pemerintah kota, terutama rencana pengembangan kawasan Baksil.

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.