Draft Arahan Agenda Ramadhan gARis ITB

ISLAMIC ARCHITECT INSTITUTE

RAMADHAN 1430 H

gARis ITB

___________________

Reza Primawan Hudrita AR’07

Staf Force-T Gamais | Kepala Sektor Internal MuSA | Staf Sektor Syi’ar gARis | Staf Subbidang Pengembangan Sumber Daya Anggota IMA Gunadharma | Staf Divisi Pembinaan Anggota Majelis Ta’lim Salman | Koordinator Divisi Kaderisasi AAEI

081311158182 | kooei_ikh1@yahoo.com | https://rezaprimawanhudrita.wordpress.com

 

Latar Belakang

 

Ramadhan tahun ini, akan semakin berdekatan dengan diterimanya mahasiswa baru ITB tahun masuk 2009. Bahkan, mungkin Ramadhan yang jatuh pada tanggal 22 Agustus 2009 – 19 September 2009, akan lebih kita temui dibanding bangku kuliah di awal semester ganjil nanti.

 

Walaupun begitu, momen sebesar ini tidak boleh kita biarkan lewat begitu saja. Ia harus benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ramadhan yang merupakan momen paling puncak dalam syiar umat islam dalam setahun adalah bulan yang begitu spesial bagi kita dan umat muslim di seluruh dunia. Keberadaannya merupakan anugerah yang besar. Betapa tidak, banyak keutamaan yang terkandung di dalam bulan ini dan keutamaan itu tidak akan pernah kita jumpai pada bulan-bulan selain Ramadhan.

 

Ramadhan memiliki daya Syiar Islam yang sangat luar biasa. Momen yang serentak terjadi di seluruh dunia itu terbukti mampu menjadi perhelatan paling akbar umat Muslim yang penuh dengan Syi’ar Islam hingga saat ini. Kehadirannya bagaikan suatu oase iman penyejuk ditengah gersangnya gemerlap kehidupan dunia saat ini.

 

Keistimewaan bulan Ramadhan tak jarang membuat sebagian besar umat muslim lebih membuka diri dan pintu hatinya untuk lebih menerima cahaya rahmat dan hidayah Allah SWT. Membuatnya lebih rajin mendekatkan diri pada Allah SWT, karena kita tahu bahwa sekecil apapun amalan kita di bulan ini, itu akan menjadi ‘wah’ di sisi Allah SWT, padahal bisa jadi jika di bulan-bulan lain tidak akan mendapatkan apapun dari Allah SWT. Amalan mubah akan bernilai amalan sunnah, amalan sunnah akan bernilai amalan wajib, dan amalan wajib tentu akan dilipat gandakan pahalanya. Oleh karena itu, kita harus pahami dengan baik adalah pada saat ramadhan, peluang menyuarakan Islam dan menjadi jalan hidayah bagi banyak orang semakin besar.

 

Kita harus menjadikannya momen akbar bagi umat muslim khususnya di ITB. Hal ini seharusnya menjadi pemicu bagi gARis untuk lebih intens dan gencar melakukan syiar Islam. Oleh karena itu, kepanitiaan ini perlu untuk diinisiasi sedini mungkin, mengingat sebelum hadirnya bulan ini, kita semua akan ‘terlena’ di liburan panjang menjelang tahun ajaran yang baru. Harapannya agar panitia tidak kewalahan menghadapi suatu acara namun kondisi panitia sedang berpencar sehingga hanya beberapa orang saja yang terbebani dan mengorbankan masa-masa liburannya. Padahal, kepanitiaan ini merupakan ladang amal terbesar dan tadrib amal termegah sehingga harus dimatangkan konsep dan teknisnya agar lebih berasa efeknya, bahkan hingga bulan-bulan berikutnya.

 

Tujuan

Tujuan diadakannya kegiatan Ramadhan ini adalah

1.   Sebagai syiar Islam di lingkungan program studi Arsitektur. Mengondisikan dan memberikan suasana Islam di lingkungan program studi Arsitektur. Ini menjadi sangat penting, terutama untuk mahasiswa Arsitektur 2008 yang baru merasakan beraktivitas di program studi Arsitektur. Dengan adanya kegiatan Ramadhan, diharapkan kesan yang tercipta pada diri mahasiswa baru tersebut adalah Arsitektur sebagai program studi yang Islami.

2.   Pelayanan terhadap mahasiswa Arsitektur dengan memfasilitasi peningkatan keilmuan dan keprofesian Arsitektur, peningkatan keilmuan ke-Islaman, dan peningkatan suasana beribadah yang kondusif.

3.   Bargaining Position untuk gARis ITB. Sebagai suatu lembaga resmi yang legal-formal, sampai saat ini, gARis masih dipandang sebelah mata oleh mahasiswa Arsitektur. Diharapkan dengan kegiatan ini, gARis bisa menjadi organisasi yang mapan, mandiri, dan eksis dengan adanya solidisasi, dinamisasi, dan sinergisasi antarsektor di gARis, memiliki karakter dan citra yang bersahabat bagi setiap mahasiswa Arsitektur, serta menjalin hubungan baik dengan keluarga/organisasi di sekitar gARis.

4.   Proses kaderisasi dan tadrib amal bagi panitia. Kepanitian ini menjadi tempat belajar dan pembinaan aktif bagi panitia. Hal ini memberikan konsekuensi bahwa setiap kegiatan yang dilakukan pada Ramadhan harus bermanfaat bagi semua stakeholder, terutama panitia.

 

Arahan

 

Arahan ini merupakan breakdown dari tujuan kepanitiaan.

 

1.        Propaganda

Salah satu prioritas utama selama perhelatan Ramadhan tahun ini adalah pada propaganda/pewacanaan. Propaganda dibuat untuk mengondisikan dan menyuasanakan aura Ramadhan dan Islam di program studi Arsitektur.

Propaganda menjadi penting mengingat beberapa hal berikut:

a.       Membawa nuansa Islami

Bagi, mahasiswa Arsitektur 2008, kesan di awal itulah yang kemudian dikenang dan mempengaruhi kehidupan di program studi Arsitektur selanjutnya. Penyuasanaan ber-Ramadhan diharapkan membuat objek dakwah lebih bersemangat untuk menjadikan Ramadhan kali ini sebagai ramadhan terindah sepanjang hidupnya. Sedangkan penyuasanaan ber-Islam jika istiqomah dan konsisten kita angkat ke program studi bisa merasuk ke alam bawah sadar mahasiswa baru membuat mindset baru di pikiran mereka: Arsitektur Program Studi Islami.  Mindset seperti ini yang nantinya bakal ia bawa seterusnya dan biasanya susah diubah karena sudah mengakar kuat di alam bawah sadar mereka. Efek jangka panjangnya, menumbuhkan semangat untuk berislam lebih dalam, membuat mereka lebih mudah menerima pengaruh dan nilai-nilai Islam.

b.       Sarana Reminder dan Penyadaran

Sudah jelas. Propaganda/media salah satu tujuan utamanya adalah terus mengingatkan sesama dalam kebaikan dan kesabaran. Karena manusia tempat salah dan lupa.

c.        Menumbuhkan Izzah dan kepercayaan publik

Kuantitas dan kualitas propaganda bisa menunjukkan betapa besar, kuat, aktif, dan berpengaruhnya suatu lembaga di mata publik, tak peduli seberapa baik atau buruknya lembaga itu di balik layar. Propaganda yang sukses akan menumbuhkan kredibiltas dan kepercayaan pada gARis sehingga akan naik bargaining position-nya. Selanjutnya, bila gARis telah terlihat baik di mata objek dakwah, hal tersebut akan membuatnya membuka diri pada gARis. Dakwah pun lebih mudah.

 

2.       Pelayanan

Prioritas selanjutnya dalam Ramadhan dalah bentuk khidamiy (pelayanan). Untuk Gamais wilayah seperti gARis, aktivitas ini akan menjadi salah satu prioritas mengingat potensi wilayah yang memiliki daya rangkul lebih kuat dan dekat ke objek dakwah. Pelayanan yang dilakukan pun adalah pelayanan yang memiliki daya ikat dan ukhuwah yang kental (kaderisasi). Diharapkan dengan sebuah pelayanan, banyak mahasiswa yang semakin tertarik kepada Islam. Aktivitas pelayanan akan dan harus memiliki follow up sehingga nantinya akan tercipta kader-kader baru penerus dakwah di Arsitektur ITB.

Pelayanan-pelayanan yang ditawarkan berupa fasilitas dalam:

a.     Peningkatan keilmuan dan keprofesian Arsitektur

        Seperti yang kita sadari bersama, bahwa kita berada di program studi Arsitektur salah satunya adalah untuk mendalami ilmu Arsitektur. Oleh karena itu, kegiatan dengan pendekatan akademis akan lebih mempermudah penerimaan nilai-nilai Islam karena para objek dakwah sangat meminatinya. Nama rangkaian kegiatan ini pun sengaja dibuat untuk menarik objek dakwah, mengingat brand IAI sudah mencapai skala nasional. Selain itu, pendekatan akademis ini memberikan peluang bagi gARis untuk bermusyarokah dengan lembaga kemahasiswaan berbasis keprofesian di program studi Arsitektur, yaitu IMA Gunadharma. Musyarokah ini berdampak pada gARis dan IMA Gunadharma. gARis akan semakin naik bargaining position-nya, mengingat perhimpunan kemahasiswaan sangat dihormati oleh mahasiswa Arsitektur. Sedangkan IMA Gunadhrama akan terwarnai dengan nilai-nilai Islam dan akan semakin membuka diri untuk musyarokah-musyarokah selanjutnya.

b.     Peningkatan keilmuan ke-Islaman

        Ketika Ramadhan, bisa dipastikan seseorang akan semakin lebih sholeh dari bulan-bulan lainnya, ia akan mencari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Islam, terutama masalah ilmu dalam ibadah di bulan Ramadhan dan keutamaan bulan Ramadhan. Kesempatan yang baik ini, marilah digunakan sebaik mungkin. Perlu dicatat juga bahwa saat Ramadhan, melakukan hal-hal Islami tidak akan dianggap aneh.

c.     Peningkatan suasana beribadah yang kondusif.

        Jika pada poin kedua, hanyalah  sebatas ilmunya, pada poin ini lebih ke pengondisian suasananya dan penyediaan sarana prasarana beribadah. Akan lebih baik jika membentuk kondisi berlomba-lomba dalam kebaikan dan mendahulukan kepentingan saudaranya di atas kepentingannya sendiri.

 

3.     Kepedulian Sosial (tambahan)

Kepedulian sosial akan baik sekali jika bisa dimasukkan dalam program-program yang dirancang. Mengingat setiap amalan di bulan Ramadhan bernilai lebih dibanding bulan-bulan lainya. Juga sebagai inisiasi gARis untuk membentuk departemen Pengabdian Masyarakat.

 

Catatan

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah

1.     Jadwal akademis Arsitektur

2.     Jadwal GAMAIS pusat

3.     Jadwal IMA Gunadharma

One thought on “Draft Arahan Agenda Ramadhan gARis ITB

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.