Filosofi Pendidikan dan Kaderisasi

UNDANG-UNDANG DASAR 1945
BAB XIII
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Pasal 31
(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.
(3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.
(4) Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurangkurangnya dua puluh persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional.
(5) Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.

UNDANG-UNDANG NO. 20/2003

Tujuan Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi perserta didik agar menjadi manusia yang:
a. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa:
b. Berakhlak mulia;

c. Sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri;
d. Menjadi warga negara yang demoktratis;
e. Bertanggung jawab.

********

Pendidikan sejati adalah yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dilakukan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa
Pendidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi perserta didik agar menjadi manusia yang: Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Berakhlak mulia; Sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri; Menjadi warga negara yang demoktratis; Bertanggung jawab.

Begitu juga dengan kaderisasi dalam sebuah lembaga (dalam hal ini ditujukan dalam kenaikan jenjang anggota/kader). Kita sudah sepakat bahwa perjenjangan adalah proses pendidikan.
Jadi, sungguh aneh bila mengagendakan untuk telat beribadah ketika merancang kegiatan perjenjangan tersebut. Sungguh aneh bila perjenjangan tidak mengajarkan akhlaq mulia atau pengkader tidak mencontohkan akhlaq mulia. Sungguh aneh bila dalam perjenjangan diajarkan untuk terlalu bangga dengan lembaga tersebut sehingga merendahkan lembaga lain. Sungguh aneh bila ada lembaga yang mengeluarkan calon anggotanya dalam sebuah perjenjangan.

Yuk, kita bikin sebuah kaderisasi yang mengacu pada pendidikan nasional,,,
Tidak hanya untuk IMA G yang lebih baik,
tidak hanya untuk KM ITB yang lebih baik,,
tidak hanya untuk Indonesia yang lebih baik,,,
tetapi juga untuk dunia yang lebih baik
Sadarlah, kita sedang merancang peradaban!

Karena kita akan tahu, semakin banyak tahu, semakin tahu banyak yang kita tidak tahu…

Bener gak nih? Tanggepin dong,,
Makasih ya…

5 thoughts on “Filosofi Pendidikan dan Kaderisasi

  1. hmm… sepakat sama paragraf terakhir.. sekalian nyindir nih ya?
    intinya sih, klo kata kahim-ku: sangat lucu apabila ustadz nyuruh mabuk, dan pemabuk nyuruh shalat… tapi adakah yang lebih baik di antara keduanya? Allahu a’lam..

  2. @pakhanung: amin, makasih pak.
    @qie: walah, gak mau ah. kok bisa mikir gitu?
    @dhani: mmm,,, kalo sebagai yang disuruh, mending yang kedua. *liat kontennya, bukan orangnya* kalo jadi penyuruh, mending ustadz yang nyuruh shalat. hehe… Allahu’alam

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.