Jawaban Pertanyaan Seputar Islam (2-edited)


*iseng buka-buka file lama, eh, nemu ini. tulisan ini dibuat waktu kelas xii. karena waktu itu ga ada aktivitas lain, selain belajar (haha), akhirnya para rohis kelas (irvan, dodo, nadia, uswah, izzah, dll) berinisiatif untuk membuat mading yang isinya berupa pertanyaan-pertanyaan dari temen-temen sekelas. mungkin hal ini juga yang melatarbelakangi munculnya KoMa (kotak kemajuan),, hmm… terimakasih kawan, untuk kenangannya*

Bismillahirrohmanirrohim. Assalamu’alaikum warrohmatullohi wabarokatuh

Segala puji bagi Alloh, Yang Maha Penyayang lagi Maha Pengampun, Maha Pemurah lagi Maha Perkasa, yang membolak-balikkan hati dan penglihatan, mengetahui yang nampak maupun yang tersembunyi. Aku senantiasa memuji-Nya, baik pagi maupun sore. Dan aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Kalimat syahadat (kesaksian) inilah yang menyebabkan diselamatkannya orang yang mengucapkannya dari azab neraka. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah nabiNya yang dipilih (olehNya), semoga shalawat tercurah terus menerus sepanjang hari kepadanya, keluarganya, dan para sahabatnya, mereka pantas mendapatkan kedudukan yang agung dan mulia.
___________________________________________________________________________

1. Selain puasa, nadzar itu bisa dalam bentuk apa saja? (XII-IPA 8)

Kawan, berikut ini kami lampirkan sebuah artikel mengenai nadzar…

Nadzar Potong Kambing kalau Diterima di PTN

Assalamualaikum wr. wb.

Ustadz Ahmad yang dirahmati Allah, 9 tahun yang lalu saya pernah bernadzar dalam hati, “Jika saya lulus dari test dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri, maka saya akan memotong kambing.” Alhamdulillah akhirnya saya lulus dan diterima di PTN tersebut, tapi saya masih masih belum menunaikan nadzar tersebut.
Yang saya tanyakan adalah:
1. Apakah nadzar saya itu termasuk nadzar yang dibenarkan oleh syariat?
2. Apakah saya harus melaksanakan nadzar tersebut? Jika iya, sebaiknya saya serahkan/bagi ke mana kambing tersebut?
Jazakumullah khairon katsiron,

Iwa
iwa at eramuslim.com

Jawaban

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabaraktuh,

Selama isi materi yang dinadzarkan itu bersifat ibadah atau amal-amal yang mendatangkan kebaikan dan manfaat nyata serta tidak bertentangan dengan larangan-larangan agama, tentu saja nadzar itu sah dan wajib dilaksanakan. Sebagaimana sabda beliau SAW

“Siapa yang nadzar untuk mentaati Allah, maka taatilah (laksanakanlah). Dan siapa yang nadzar untuk maksiat kepada Allah maka dilarang.”

Misalnya ketika anda bernadzar untuk menyembelih seeokor kambing, tentunya niat anda agar daging kambing itu bisa bermanfaat buat orang lain untuk dimakan. Hal itu tidak bertentangan dengan syariat Islam. Karena menjadi sedekah anda buat mereka.

Namun kalau dalam hati anda niatnya untuk dijadikan persembahan kepada jin, roh, dukun atau ritual dari alam ghaib lainnya, tentu saja hukumnya haram. Selain syirik, praktek seperti itu melahirkan dosa besar, sehingga kalau nadzarnya seperti itu, hukumnya tidak boleh dilaksanakan.

Kalau anda bertanya tentang ke mana memberikan daging kambing itu, jawabnya tergantung yang terbetik di benak anda saat bernadzar. Kalau yang terbetik adalah memberi kepada fakir miskin, maka carilah fakir miskin. Boleh secara langsung anda mencari sendiri dengan menyusuri pemukiman kumuh pinggir kali misalnya, atau anda serahkan kepada lembaga yang secara khusus bisa dipercaya untuk menyampaikannya.

Tapi kalau nadzar anda hanya bersifat umum, tanpa ada kepastian untuk siapa, sebagian dari daging itu boleh anda hadiahkan kepada orang lain yang tidak termasuk ke dalam kategori fakir miskin. Namun alangkah baiknya bila pemberian itu tetap memprioritaskan orang-orang yang kelaparan dan sangat membutuhkan.

Hukum Melakukan Nadzar
Baca lebih lanjut

milad blog


HAAAAA!!!!
kena deh!

karena kamu udah baca tulisan ini, jadi kamu kudu ngasih komen!
(wajib! kalo ngga, saya gak rela. dosa lho! hohoho =D)
isi aja tentang kekurangan dan sifat-sifat buruk saya…

lagi pengen intropeksi nih, mumpung blog lagi milad di bulan ini (yeeyy!), yawda, manfaatkan momen ini saja untuk bisa lebih baik lagi ^^v

jangan lupa ya!
tuliskan kekurangan dan sifat-sifat buruk saya yang perlu dirubah!
Allah Maha Tahu…
=D

semangat berpikir…
makasih kk ^^v

Cerita Tentang Kita (BARCELONA)


Barcelona tadi malam berhasil membuat decak kagum para penonton yang memadati stadion kandang AS Roma dan SS Lazio sehingga berhasil menggondol piala Champions League ke Catalan, Espana dengan mengalahkan setan merah inggris, manchester united. Keberhasilan ini tak lepas dari penampilan gemilang sang bintang argentina, Lionel Messi yang mencetak gol kedua di menit 70an sekaligus man of the match.

Tapi, itu semua ga berhubungan dengan tulisan yang saya buat di bawah ini. hehe =D
Paling cuma nama BARCELONA saja, yang merupakan akronim dari Barudak Science Tiloe Asuhan Bu Diana, yang merupakan nama dari kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Bogor lulusan 2007

Hhh…
XII IPA 3…

Wahh, klo mo ngomongin cerita tentang kami-kami nih nak IPA 3 bakalan panjang and lebar banget deh, Coz Kelas kami yang dipimpin sama seorang maestro gitar, Chandra Wangsa (Cawang) and wakilnya Kunto Wibisono (yang kata nak ceweknya sih cool abiz) berisikan sekumpulan nak2 cerdas, narsiz, talented, and pinter juga loh,

Disatu sisi kisah-kisah kami sangatlah menyenangkan seperti mulai dari menangnya kelas kami dalam beberapa perlombaan di bulan Ramadhan lalu, Wajah-wajah seneng beberapa siswa-siswinya yang keterima di tempat kuliahan favorit mereka, Wali kelas kami Bu Diana yang sabar dalam ngebimbing kami khususnya dalam pelajaran kesayangan kami matematika.
Baca lebih lanjut

Follow up Beasiswa ITB 2009


Berdasarkan hasil evaluasi ITB terhadap permohonan keikutsertaan program beasiswa “ITB untuk Semua”, bersama ini disampaikan daftar nama dan rekomendasi calon peserta yang diperkenankan untuk mengikuti salah satu program beasiswa yang ditawarkan pada pelaksanaan PMBP-ITB 2009 Terpusat.

Pengumuman beasiswa klik ini

Kepada calon peserta yang tidak menerima rekomendasi, ITB tetap mengundang calon peserta yang bersangkutan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta PMBP-ITB 2009 Terpusat, kategori umum, dengan memenuhi semua ketentuan yang berlaku bagi peserta PMBP-ITB 2009 Terpusat, kategori umum. Bila calon peserta yang berkeberatan atas biaya SDPA yang dibebankan, ITB menawarkan program beasiswa minat, pada pelaksanaan PMBP-ITB 2009 Terpusat.

Kepada calon peserta yang dinominasikan untuk mengikuti program beasiswa “ITB untuk Semua”, diharuskan hadir sendiri (tidak dapat diwakilkan) dan melakukan pengambilan kartu tanda peserta PMBP-ITB 2009 Terpusat, pada tanggal 29 Mei 2009, pukul 08.00 – 11.00 WIB, di Loket Direktorat Pendidikan ITB, Gd. CCAR ITB lt. 1, Jl. Tamansari no. 64 Bandung, dengan membawa dokumen-dokumen berikut :

  • Menunjukkan surat pemberitahuan program beasiswa “ITB untuk Semua” ini.
  • Menunjukkan Kartu Identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar) yang masih berlaku.
  • Menunjukkan Akte Kelahiran Asli atas nama calon peserta yang bersangkutan
  • Menyerahkan 1 (satu) lembar fotokopi Akte Kelahiran atas nama calon peserta
  • Menyerahkan 4 (empat) buah pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 cm hitam putih dengan berpakaian sopan dan rapih. Seluruh pas foto harus berasal dari klise/file digital yang sama
  • Menyerahkan surat keterangan dari sekolah (berfoto dan dicap sekolah) asli , yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan pelajar kelas 3 dan telah mengikuti UN 2009

Kepada calon peserta yang dinominasikan untuk mengikuti program Beasiswa Penuh dan Beasiswa Ekonomi Lemah, dapat melaksanakan pendaftaran peserta PMBP-ITB 2009 Terpusat secara online dan tidak perlu mengajukan Permohonan Pembelian Formulir kategori Beasiswa.

Calon peserta yang bersangkutan dipersilakan untuk langsung melakukan pendaftaran peserta PMBP-ITB 2009 Terpusat secara online di situs http://usm.itb.ac.id/, sebelum tanggal 28 Mei 2009, dengan melengkapi persyaratan dokumen-dokumen sebagai berikut :

  • Menyerahkan print out Pendaftaran PMBP-ITB 2009 Terpusat dari situs USM-ITB 2009 Terpadu .
  • Menyerahkan bukti pelunasan biaya Pendaftaran PMBP-ITB 2009 Terpusat asli (bagi peserta Beasiswa Ekonomi Lemah).
  • Menyerahkan surat rekomendasi Beasiswa Penuh atau surat rekomendasi Beasiswa Ekonomi Lemah.
  • Menyerahkan 1 (satu) lembar fotokopi akte kelahiran yang dilegalisasi oleh catatan sipil/notaris. Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenisnya tidak dapat digunakan.
  • Menyerahkan surat keterangan dari sekolah (berfoto dan dicap sekolah) asli , yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan pelajar kelas 3 di sekolah tersebut dan telah mengikuti UN 2009.
  • Menyerahkan 4 (empat) buah pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 cm hitam putih dengan berpakaian sopan dan rapih. Seluruh pas foto harus berasal dari klise/file digital yang sama.
  • Menyerahkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna asli dari dokter spesialis mata, bagi mahasiswa yang memilih FMIPA (Kimia), SITH, SF, FITB (Teknik Geologi), FTTM (Teknik Pertambangan), FTI (Teknik Kimia), FTSL (Teknik Lingkungan), dan FSRD. Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter umum/non spesialis mata, tidak dapat dipergunakan.
  • Menyerahkan Surat Kesediaan Pembayaran SDPA yang telah ditandatangani orang tua calon peserta di atas meterai Rp. 6.000,00. Penanda tangan Surat Kesediaan Pembayaran SDPA harus merupakan salah seorang orang tua yang namanya tercantum dalam akte kelahiran calon peserta.
  • Menyerahkan Perjanjian Mengikuti Tata Tertib PMBP-ITB 2009 yang telah ditandatangani calon peserta diatas meterai Rp. 6.000,00.

Tata cara dan prosedur pendaftaran PMBP-ITB 2009 Terpusat bagi calon peserta yang dinominasikan untuk mengikuti program Beasiswa Penuh dan Beasiswa Ekonomi Lemah, dapat diperoleh di situs http://usm.itb.ac.id/PMBPPusat/Pusat-4d.htm

Arsitek Menjadi Salah Satu Penentu Terjadinya Kiamat (Bag V)


Bab IV Penutup

1. Kesimpulan

Alhamdulillah.

Setelah melalui perjalanan panjang dalam penulisan makalah ini. Penulis semakin bertambah keimanannya kepada Allah SWT dan Rasul saw.

Karena sekali lagi, pernyataan dari Allah SWT dan Rasul saw yang menyebutkan salah satu tanda kiamat adalah semakin banyak berdirinya bangunan-bangunan, ternyata terbukti benar dengan salah satu penjelasannya dalam sisi arsitektur terdapat di makalah ini.

Penulis yakin masih banyak penjelasan mengenai pernyataan tersebut dari berbagai sudut pandang yang di luar kepahaman penulis.

2. Saran

Marilah kita senantiasa meningkatkan pengetahuan dari sisi ke-Islaman dengan rutin. Karena itu lah yang akan membimbing kita untuk mendapatkan kesuksesan di dunia dan akhirat.

“Semakin banyak tahu, semakin tahu banyak yang kita tidak tahu…”

Ilmu Allah SWT itu sangat luas dan yang diketahui oleh umat manusia sangatlah sedikit. Oleh karena itu, tidak patut untuk kita merasa sudah pandai dan tahu segalanya. Itu hanyalah setetes air dari lautannya ilmu Allah.

Alangkah baiknya kita seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk dan semakin dekat kepada Allah, Sang Maha Pemilik Ilmu. Agar ilmu yang kita miliki bisa membawa keberkahan, yaitu membuka pintu-pintu kebaikan lainnya.

Jangan takut ilmu kita akan berkurang. Berbeda dengan harta, ilmu bila dibagi dengan orang lain tidak akan berkurang, justru akan bertambah. Oleh karena itu, penulis mengajak jika ada pembaca yang memiliki penjelasan dari sisi lain mengenai masalah ini, bisa segera membuat karya sejenis agar bisa saling melengkapi dan menambah ketaqwaan kita kepada-Nya

Allahu’alam, Mahasuci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Ilah melainkan Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Arsitek Menjadi Salah Satu Penentu Terjadinya Kiamat (Bag IV)


Bab III Arsitek Menjadi Salah Satu Penentu Terjadinya Kiamat

 

A.    Tugas Manusia

 

øŒÎ)ur tA$s% š•/u‘ Ïps3Í´¯»n=yJù=Ï9 ’ÎoTÎ) ×@Ïã%y` ’Îû ÇÚö‘F{$# Zpxÿ‹Î=yz ( (#þqä9$s% ã@yèøgrBr& $pkŽÏù `tB ߉šøÿム$pkŽÏù à7Ïÿó¡o„ur uä!$tBÏe$!$# ß`øtwUur ßxÎm7|¡çR x8ωôJpt¿2 â¨Ïd‰s)çRur y7s9 ( tA$s% þ’ÎoTÎ) ãNn=ôãr& $tB Ÿw tbqßJn=÷ès? ÇÌÉÈ  

 

“ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” mereka berkata: “Apakah Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Q.S. Al Baqarah: 30)

 

Tugas kita selain menyembah Allah adalah menjadi khalifah di muka bumi. Satu-satunya tugas yang hanya bisa diemban oleh manusia. Manusia benar-benar terpilih oleh Allah dan mengalahkan gunung, jin, dan malaikat untuk dititipkan Bumi.

 

Pada ayat itu, malaikat telah menggolongkan manusia sebagai makhluk yang akan membuat kerusakan dan menumpahkan darah, tetapi justru di situlah hebatnya. Analoginya seperti Lintang pada tetralogi Laskar Pelangi. Orang cerdas yang berasal dari lingkungan terbelakang akan lebih ‘wah’ daripada orang cerdas dari lingkungan cerdas.

 

B.    Arsitektur dalam Alquran

       

¨bÎ) ©!$# =Ïtä† šúïÏ%©!$# šcqè=ÏG»s)ム’Îû ¾Ï&Î#‹Î6y™ $yÿ|¹ Oßg¯Rr(x. Ö`»uŠ÷Yç/ ÒÉqß¹ö¨B ÇÍÈ  

“Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.”  (Q.S. Ash Shaff: 4)

 

Mungkin setiap orang yang mendengar ayat di atas, hampir semuanya akan mengambil pesan tentang pentingnya merapatkan dan merapikan barisan di jalan Allah. Itu memang benar, tetapi, ada hal lain yang dapat kita ambil.

 

Dalam quran surat ash shaff ayat 4 di bagian terakhir, disebutkan bahwa ‘bunyanum marshush’. Kenapa tidak ‘bunyanum matiin’ atau ‘bunyanul qowiyy’? Itu karena didalam kata marshush yang artinya kokoh/kuat, terkandung juga kata indah.

 

Bangunan itu tidak hanya kuat saja tetapi juga harus indah, karena dengan keindahan terdapat ketentraman dan memberikan kemanfaatan yang lebih dibandingkan hanya kuat saja.

 

Arsitektur adalah gabungan dari fungsi, struktur, dan estetika. Sebuah arsitektur harus memiliki fungsi yang mampu memberikan manfaat pada pengguna sesuai kebutuhannya, sebuah arsitektur harus memiliki struktur yang yang kuat sehingga penggunanya aman berkegiatan di dalamnya, dan sebuah arsitektur harus memiliki keindahan yang membuat pengguna menjadi nyaman.

 

Begitu juga dengan keimanan, iman yang kuat saja, mungkin hanya akan melahirkan orang yang shalih untuk pribadinya sendiri bahkan bisa menjadi seorang muslim yang fanatik atau ekstrim. Dengan ditambah keindahan, iman itu akan mengeluarkan auranya. dia akan memberikan keteladanan, ketertarikan. Sungguh mempesona iman yang marshush itu.

Baca lebih lanjut

Arsitek Menjadi Salah Satu Penentu Terjadinya Kiamat (Bag III)


 Bab II Tentang Kiamat

 

A.    Kepastian Hari Kiamat

 

Hari Kiamat pasti terjadi. Seluruh umat Islam wajib mengimaninya, karena percaya kepada hari kiamat merupakan bagian dari Rukun Iman. Selain itu berita tentang akan datangnya hari kiamat sering kita temui di manhaj hidup kita, Alquran alkarim. Berikut kutipan dari firman Allah dalam Alquran:

 

¨bÎ) sptã$¡¡9$# ×puŠÏ?Uy žw |=÷ƒu‘ $ygŠÏù £`Å3»s9ur uŽsYò2r& Ĩ$¨Z9$# Ÿw šcqãYÏB÷sムÇÎÒÈ  

“Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman.” (Q.S. Al Mu’min: 59)

 

z>uŽtIø%$# Ĩ$¨Y=Ï9 öNßgç/$|¡Ïm öNèdur ’Îû 7s#øÿxî tbqàÊ̍÷è•B ÇÊÈ  

“telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya).” (QS. Al Anbiyaa’ : 1)

 

#sŒÎ) ÏMyès%ur èpyèÏ%#uqø9$# ÇÊÈ   }§øŠs9 $pkÉJyèø%uqÏ9 îpt/ό%x. ÇËÈ   ×pŸÒÏù%s{ îpyèÏù#§‘ ÇÌÈ  

“apabila terjadi hari kiamat, tidak seorangpun dapat berdusta tentang kejadiannya.” (Q.S. Al Waaqi’ah: 1-2)

 

B.    Tanda-Tanda Hari Kiamat

 

Setiap Nabi dan Rasul yang datang, telah mengkabarkan tentang hari akhirat yang merupakan hari terakhir dari kehidupan di dunia dan permulaan dari hari akhirat, hari yang agung, hari yang yang akan terus berlanjut secara terus menerus, hari yang kadarnya dalam sehari sebanding dengan 50.000 tahun dunia.

 

Asyraath (kata jamak) berasal dari kata syarth artinya tanda atau alamat. Apabila seseorang berjalan maka ia senantiasa membutuhkan adanya rambu-rambu atau tanda-tanda dimana ia sedang berada, demikian pula halnya dengan kehidupan ini, yang merupakan suatu proses perjalanan yang mana kita semua melaluinya sampai akhir, dan Rasulullah saw telah menyampaikan tanda-tanda atau alamat-alamat yang apabila tanda-tanda tersebut terjadi atau kita saksikan maka hal tersebut merupakan suatu pembenaran terhadap akan datangnya hari yang dijanjikan yang pasti akan terjadi setelah kematian, dan pengetahuan akan tanda-tanda hari kiamat merupakan diantara tanda kenabian dari Rasulullah. Rasulullah banyak mengkhabarkan tentang tanda-tanda hari kiamat tersebut, hingga lebih dari 150 tanda-tanda akan datangnya hari kiamat tersebut dan diantaranya ada yang telah terjadi, ada yang sedang terjadi dan ada yang belum terjadi dan semua ini menunjukkan bahwa Rasulullah menceritakan semuanya itu berdasarkan wahyu dari Allah. Tanda-tanda Hari Kiamat terbagi dua : yaitu tanda-tanda kiamat kecil dan tanda-tanda kiamat besar.

 

1.   Tanda-tanda Kiamat Kecil

Baca lebih lanjut