Beasiswa yang Ditawarkan ITB

Assalamu’alaykum wr wb

Apa yang terlintas dalam benak temen-temen saat pertama kali mendengar kata “ITB”?
a. USM -> 55 juta
b. BHP -> bayaran mahal
c. Biaya Tetap per Semester (TS) -> tiap tahun naik (tahun depan diperkirakan Rp. 1.750.000,- per semester)
d. Terus ada biaya tambahan Rp. 150.000,- per SKS yang diambil dalam satu semester.
e. SBM -> bayaran lebih gila lagi!!!

wow, semuanya berorientasi pada biaya kuliah ya?
emang bener gitu ITB semahal itu?

Eits, jangan salah loh, di ITB banyak bergelimpangan beasiswa. Hanya saja mahasiswanya kurang mengoptimalkannya. ITB sendiri agak kurang memblowup propaganda tentang info beasiswa ini.

Beasiswa? Mau?

Nah, berikut ini ada jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan oleh ITB untuk mahasiswa-mahasiswanya yang membutuhkan, diantaranya (informasi dari kementrian pelayanan dan kesejahteraan mahasiswa kabinet KM ITB 0910):

A.BEASISWA EKONOMI

merupakan jenis beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi. Berdasarkan kebutuhan pokoknya, maka beasiswa ekonomi diklasifikasikan dalam 7 jenis beasiswa, yaitu :

1.Beasiswa BPPP ( Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Pokok )
Sumber dana : ITB, IOM-ITB, Tanoto Foundation, Eka Cipta Foundation, SHW, dll.
Persyaratan yang didanai ITB adalah sebagai berikut :
-penghasilan Orang Tua dibawah UMR
-pekerjaan orang tua : Guru, PNS gol 1 dan 2, Buruh, Petani, Pedagang Kecil.

2.Beasiswa Biaya Hidup
Besar beasiswa biaya hidup yang diberikan dari berbagai sumber. Beasiswa saat ini besarnya antara Rp. 100.000,- (Beasiswa Supersemar untuk 300 mahasiswa) s.d Rp. 650.000,- (Beasiswa Sampoerna Foundation).

3.Beasiswa Pondokan/Asrama
Beasiswa diberikan kepada mahasiswa agar mendapat tempat tinggal yang layak, terutama mahasiswa yang menunggak pembayaran iuran asrama ITB yang besarnya Rp.100.000,- per bulan saat ini. Mahasiswa mendapat rekomendasi dari Dosen Wali bahwa yang bersangkutan memerlukan bantuan Pondokan/Asrama.
(btw, saya tinggal di asrama ITB loh. kamar E13 =D)

4.Beasiswa Tugas Akhir
Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang duduk di semester terakhir yang sedang melaksanakan tugas akhir, diberikan hanya satu kali. Sumber bantuan beasiswa Tugas Akhir saat ini diberikan oleh IOM-ITB sebesar Rp.750.000,- per mahasiswa.
Mahasiswa pemohon beasiswa ini menyerahkan rekomendasi dari Prodi/Dosen Wali bahwa yang bersangkutan membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan Tugas Akhirnya.

5.Beasiswa Makan Siang
Beasiswa makan siang ini diberikan kepada mahasiswa yang belum dapat memenuhi kebutuhan makan tiga kali sehari. Mahasiswa pemohon beasiswa ini menyerahkan rekomendasi dari Prodi/Dosen Wali bahwa yang bersangkutan membutuhkan bantuan makan siang.

B.BEASISWA PRESTASI

diberikan kepada mahasiswa sebagai penghargaan atas prestasi yang telah dicapai oleh mahasiswa tesebut, baik prestasi akademik maupun non akademik.

1. Beasiswa Lulusan TPB Terbaik
diberikan kepada 10 mahasiswa yang lulus terbaik dari TPB

2. Beasiswa IP Tertinggi
diberikan kepada seorang mahasiswa yang duduk di tingkat 2 dan 1 orang mahasiswa di tingkat 3 atau yang mempunyai IP terbaik di prodinya masing-masing

3.Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Utama
mahasiswa dengan IPK > 3.00 dan berprestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler

4. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas
5. Beasiswa Karya Ilmiah
6. Beasiswa Unggulan Akademik
7. Beasiswa Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler Mahasiswa.

——————————————————————————————————–

diatas itu adalah gambaran beasiswa yang ITB tawarkan untuk mahasiswanya, banyak kan?
dengan ini, diharapkan mahasiswa ITB dapat lebih fokus dalam menuntuk ilmu sebanyak mungkin di kampus tersebut, sehingga ga perlu kerja sampingan yang lebih banyak menyita waktu belajar temen-temen.

jadi, untuk semua siswa-siswi di Indonesia, jangan takut untuk masuk ke ITB yup…
sampai ketemu, kawan.
memang ITB bukan segalanya, tapi segalanya berawal di ITB =D

oia, di ITB ga cukup kalo cuma prestasi dan ekonomi yang oke, attitude pun harus oke.
rekomendasi -> BE BETTER with GAMAIS (Keluarga Mahasiswa Islam) ITB!

1. Gamais unit kegiatan yang LEGAL FORMAL di ITB (gada yang sesat-sesat kok)
2. One of THE BIGGEST unit kegiatan’s in ITB (unit mahasiswa terbesar dan tersebar di ITB. anggota aktifnya lebih dari 1000 orang)
3. Gamais, Exist (kegiatannya beragam, dari yang asik-asik, sampai yang aksi-aksi. bebas mau pilih yang mana. sstt, Gamais punya beasiswa juga loh)
4. Komplit, gapake telor. (Mau belajar agama? Belajar organisasi? Belajar Komunikasi? Jalan-jalan? Nambah koneksi? Belajar akademik? Semua deh ada disini)
5. Lingkungan dan pergaulan yang positif dan kondusif.
6. Jaringan Nasional, Bahkan Go International
7. Jaringan Alumni yang Besar dan Kuat
8. Mau belajar bisnis, pas banget (cash flow Gamais hingga ratusan juta pertahunnya)
9. Dan lain-lain. (rasakan sendiri manfaatnya. priceless dech! poko’nya gabung aja ya…)

satu lagi unit yang recommended: MAJELIS TA’LIM SALMAN ITB
lebih dekat dengan Allah, hidup lebih mudah
lebih dekat dengan Rasulullah, hidup lebih berkah
lebih dekat dengan Quran, hidup lebih terarah…

kawan-kawan, semoga kehidupan di kampus membuat kita menjadi lebih baik, bukan malah menjadikan kita lebih buruk.
pinter-pinter jaga diri di kampus, ya…

wallahu’alam wassalamu’alaykum wr wb

8 thoughts on “Beasiswa yang Ditawarkan ITB

  1. Benar… sayang kalo ga mau kuliah itb gara2 terhalang dana. Perasaan gak ada anak ITB yang di DO gara2 ga punya duit. heu

    japeb

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.