Karakteristik Eksternal Kota Bogor

KEDUDUKAN KOTA

Berdasarkan Tipologi (Besaran dan Fungsi Utama) Kota di Indonesia Tahun 2015, besaran Kota Bogor pada tahun 2015 adalah kota besar dengan fungsi kota sebagai PKW (Pusat Kegiatan Wilayah), yang dominasi kegiatan wilayahnya berupa kegiatan industri, permukiman, perdagangan, dan jasa.

PKW (Pusat Kegiatan Wilayah) menurut Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRWN) menunjukkan hierarki fungsional dalam lingup wilayah nasional. Pusat Kegiatan Wilayah berarti kota-kota yang berfungsi sebagai: (1) Pusat jasa-jasa pelayanan keuangan/bank yang melayani provinsi atau beberapa kabupaten, (2) Pusat pengelolaan/pengumpul barang untuk satu provinsi atau mepiluti beberaoa kabupaten, (3) Simpul transportasi untuk satu provinsi atau meliputi beberapa kabupaten, (4) Pusat jasa pemerintahan utnuk satu provinsi atau meiputi beberapa kabupaten, dan (5) Pusat jasa-jasa kemasyarakatan yang lain untuk satu provinsi atau meliputi beberapa kabupaten.

Dalam hal ini, PKW Kota Bogor mencakup Kabupaten Bogor, Kabupeten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Sukabumi.

Kota Bogor dalam konteks regional memiliki fungsi sebagai kota penyangga DKI Jakarta yang merupakan ibukota Negara yang secara tidak langsung sangat mempengaruhi perkembangan Kota Bogor sendiri seperti tercantum dalam RUTRK Kota Bogor Tahun 1995. Dalam peraturan daerah Provinsi Jawa Barat nomor 3 tahun 1994 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat, terdapat beberapa pokok kebijaksanaan yang berpengaruh dan terkait langsung dengan Kota Bogor, yaitu :
a. Kota Bogor diarahkan sebagai kota hierarki II A dengan kegiatan utamanya adalah permukiman dan perdagangan regional yang merupakan pusat pelayanan bagi wilayah sekitarnya.
b. Kota Bogor termasuk kota yang dilalui oleh pengembangan jalan tol lalu lintas Bogor – Sukabumi – Padalarang.
c. Pengaktifan kembali jalur kereta api pada jalur Bogor – Cianjur – Sukabumi – Bogor – Jakarta.

INTERAKSI DENGAN KOTA LAIN

Kedudukan geografis Kota Bogor di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor serta lokasinya sangat dekat dengan Ibukota Negara, merupakan potensi yang strategis bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi dan jasa, pusat kegiatan nasional untuk industri, perdagangan, transportasi, komunikasi, dan pariwisata.

Dampak dari PKW menimbulkan interaksi antara Kota Bogor dengan kota di sekitarnya.
a. Ke arah Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Karena didukung dengan aksesibilitas yang baik dan lengkap (jalan tol, jaringan rel kereta api, dan jalan raya utama), interaksi yang terjadi antara lain arus distribusi barang dan jasa (komoditi utama non-pertanian) dan arus kegiatan perdagangan. Selain itu, terjadi arus pergerakan manusia yang masuk dan keluar Kota Bogor yang besar tiap harinya.
b. Ke arah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, dan Kota Sukabumi. Karena didukung dengan aksesibilitas yang kurang baik dan kurang lengkap (jaringan rel kereta api, dan jalan raya utama), interaksi yang terjadi antara lain arus distribusi barang dan jasa (komoditi utama pertanian) dan arus kegiatan perdagangan yang lain. Selain itu, terjadi arus pergerakan manusia yang migrasi ke Kota Bogor yang besar tiap tahunnya.

Sedangkan dalam hubungannya dengan Kawasan Jabotabek, Kota Bogor mempunyai kedudukan yang sangat penting yaitu sebagai kawasan yang ditetapkan secara nasional sebagai pusat kegiatan nasional melalui Instruksi Presiden Nomor 13 Tahun 1976. Sebagai bagian integral dalam kawasan Jabotabek maka Kota Bogor diarahkan sebagai :
a. Kota yang difungsikan sebagai counter magnet bagi perkembangan DKI Jakarta.
b. Kota Bogor diarahkan sebagai pusat kegiatan wilayah (PKW) dengan kegiatan utama sebagai perdagangan regional, jasa, permukiman, dan industri dengan kapasitas tampung mencapai 1,5 juta jiwa pada tahun 2005.
c. Kota Bogor diarahkan sebagai kota yang dapat membantu DKI Jakarta dalam pengendalian banjir melalui pembangunan sodetan Ciliwung – Cisadane.

3 thoughts on “Karakteristik Eksternal Kota Bogor

  1. Alhamdulillah dapet juga tambahan ilmu dan data mengenai bogor..
    ijin buat share ya..dan makasih buat postingannya,,
    salam..

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.