Leadership Development

RANGKUMAN

Bab ini berfokus pada intervensi komunitas yang menjadikan aspek kepemimpinan menjadi sentralnya. Hal ini dikarenakan bahwa pemimpin adalah komponen inti dari community’s capacity. Lebih jauh lagi, pengembangan kepemimpinan ini akan menitikberatkan pada individu. Kepemimpinan akan mengikat partisipasi dan komitmen para pemimpin maupun calon pemimpin, kemudian memberi peluang bagi mereka untuk membangun kemampuannya, hingga menghubungkan mereka dengan suatu informasi dan sumber daya yang baru.

A. The Meaning of Leadership

Secara mendasar, kepemimpinan merupakan sebuah gagasan yang memiliki sifat berhubungan dengan aspek lainnya. Banyak definisi-definisi tentang kepemimpinan oleh sejumlah pakar. Oleh sebab itu, hal-hal yang bersifat teoritis seperti ini tidak terlalu terbahas.

Dalam konteks pembangunan sebuah komunitas dan memperkuat kapasitas mereka, sekiranya pemimpin melakukan hal berikut:
1. Mendefinisikan sasaran dan menjaganya agar senantiasa mengarah pada tujuan.
2. Menetapkan dan menjaga struktur organisasi
3. Memfasilitasi kerja kelompok dan pelaksanaan tugas
4. Merepresentasikan kelompoknya terhadap pihak-pihak di luar
5. Memfasilitasi suatu kerja yang memungkinkan untuk menyesuaikan diri

B. Strategies for Building Leadership

Dimensi yang mempengaruhi hasil dari suatu strategi terhadap pembangunan kepemimpinan terdiri dari dua hal, yaitu proses dan target.

Proses pertama adalah dengan cara mengikuti Formal Training terkait kepemimpinan. Biasanya, pelatihan seperti ini akan melakukan hal-hal berikut:
1. Penyebaran berbagai macam informasi
2. Peningkatan kepercayaan pada diri seseorang
3. Peningkatan kemampuan seseorang
4. Penanaman tingkah laku yang menunjukan sikap seorang pemimpin

Proses ini akan lebih mudah diserap karena programnya telah disusun sedemikian rupa (lebih terstruktur). Semakin intens pelatihannya, akan semakin cepat terjadi perubahan pada diri peserta.

Proses kedua adalah dengan cara Engagement, yaitu peningkatan aspek kepemimpinan dengan berbuat sesuatu, seperti: terlibat dalam penentuan kebijakan atau melakukan suatu kerja secara langsung. Proses ini lebih menekankan pembelajaran praktek, beda dengan proses pertama yang lebih teoritis.

Dimensi kedua dari strategi ini adalah target. Target dari pembangunan aspek kepemimpinan terbagi menjadi dua, yaitu individu dan kader.

C. Challenges for Leadership Development Programs

Beberapa isu penting dan tantangan menghadang pendekatan dasar untuk pengembangan aspek kepemimpinan ini, diantaranya peninjauan awal yang baik terhadap kepemimpinan yang ada dan yang potensial, penentuan kepemimpinan yang seperti apa yang harus dikembangkan, penyesuaian kepada perubahan keadaan dan ekspektasi yang berhadapan dengan inisiatif kapasitas pengembangan, dan legitimasi pengembangan untuk para pemimpin baru.

D. Leadership Development and Community Capacity

Pengembangan kemampuan kepemimpinan seseorang secara kebutuhan tidak diterjemahkan langsung kepada community capacity. Para pemimpin sebuah komunitas akan meningkatkan kontribusinya kepada community capacity ketika mereka belajar dan berlatih sebuah gaya kepemimpinan yang inklusif dan kolaboratif. Hal tersebut akan terlihat bahwa manfaat tambahan akan didapatkan ketika upaya pengembangan kepemimpinan dilakukan dalam rangka menguatkan strategi-strategi community capacity-building.

Tanggapan

Bab di atas kurang detail membahas tentang kepemimpinan. Tambahan dai saya, seorang pemimpin memerlukan kemampuan untuk dapat memengaruhi orang lain, sehingga orang lain taat kepada perintahnya. Selain itu, pemimpin juga harus bisa membuat yang dipimpinnya lebih baik dari dirinya, sehingga ketika kepemimpinan itu berganti, tidak terjadi kehilangan kepemimpinan, karena pemimpin yang menggantinya bisa lebih baik daripada pemimpin sebelumnya.

2 thoughts on “Leadership Development

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.