Pengembangan Komunitas

ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT

Rangkuman

Roles of Organizations in the Community
Peran-peran organisasi dalam suatu komunitas:
1. Menghasilkan barang-barang dan pelayanan-pelayanan yang diperlukan komunitas
2. Memberikan akses kepada sumber daya dan peluang-peluang yang ada dalam komunitas
3. Menjadi perantara terhadap sumber daya di luar komunitas
4. Membantu perkembangan sumber daya manusia
5. Menciptakan atau meningkatkan identitas dan komitmen komunitas tersebut
6. Mendukung advokasi komunitas dan penggunaan kekuatan dalam komunitas

Tanggapan

Setiap manusia membutuhkan wadah untuk berinteraksi dan berkarya. Adanya organisasi akan memfasilitasi kebutuhan manusia untuk berkreativitas dan membuat potensi-potensi yang ada dalam diri manusia bisa saling bersinergi menghasilkan karya yang luar biasa. Semakin berkembang suatu organisasi akan semakin mengembangkan community capacity.

COMMUNITY ORGANIZING

Rangkuman

Definisi Community Organizing adalah suatu proses yang membawa banyak orang secara bersama-sama untuk menyelesaikan masalah yang terdapat dalam suatu komunitas dan membawa mereka menuju tujuan kolektifnya.
Tujuan dari Community Organizing bisa berubah-ubah, mulai dari untuk bisa mendapatkan sumber daya hingga agar mendapatkan kekuasaan untuk menentukan ulang identitas sebuah kelompok. Mungkin juga untuk menggulingkan sebuah institusi, mungkin juga justru meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu institusi.

A. Community-Organizing Strategies
Community organizing menawarkan banyak cara untuk meningkatkan kapasitas dari sebuah komunitas.
1. Dengan cara konflik atau konsensus
Strategi konflik menggunakan taktik oposisi dalam membangun kapasitas komunitas. Pawai di dalam kota, aksi menduduki sebuah gedung, dan protes massa di jalan-jalan merupakan beberapa contohnya.
Sedangkan strategi konsensus adalah kebalikan dari strategi konflik, dia lebih memilih untuk bekerjasama dengan orang-orang yang cukup memiliki posisi yang berpengaruh dan memungkinkan untuk menerima perubahan tersebut, atau minimal terbuka terhadapnya.
2. Dengan cara satu isu atau banyak isu
Strategi selanjutnya untuk mengembangkan kapasitas komunitas adalah dengan berfokus pada satu isu atau satu set isu yang saling berkaitan
Namun, kita juga bisa menggunakan banyak isu untuk bisa merekrut dan memobilisasi actor-aktor pembangun kapasistas komunitas.
3. Dengan cara perekrutan langsung atau perekrutan melalui organisasi
Strategi perekrutan secara langsung sangat memerlukan effort yang besar karena kita harus melakukan perekrutan dari rumah ke rumah agar banyak yang bisa bergabung dengan komunitas kita.
Alternatif pendekatan dalam memobilisai tiap individu adalah dengan melakukan perekrutan yang dilakukan melalui sebuah organisasi dalam komunitas.

B. Relationship Between Community Organizing and Community Capacity
Dalam sebuah komunitas, tentunya banyak sekali potensi yang terdapat. Untuk bisa menyalurkan potensi-potensi tersebut, membutuhkan suatu organisasi yang memfasilitasinya. Dengan Community Organizing pun, tiap potensi bisa saling bertemu dan bersinergi sehingga bisa menghasilkan sebuah karya besar yang luar biasa.

Tanggapan

Setiap manusia membutuhkan wadah untuk berinteraksi dan berkarya. Adanya organisasi akan memfasilitasi kebutuhan manusia untuk berkreativitas dan membuat potensi-potensi yang ada dalam diri manusia bisa saling bersinergi menghasilkan karya yang luar biasa.

COLLABORATION, PARTNERSHIP, and ORGANIZATIONAL NETWORK

Rangkuman

1. Membentuk organisasi perantara
Organisasi perantara bertujuan untuk memediasi, mempromosikan, dan memelihara hubungan di antara organisasi-organisasi yang ada di suatu komunitas atau antara mereka dengan organisasi di luar komunitas.
2. Kemitraan yang terspesialisasi
Lingkup dan intensitas kemitraan sangat beragam. Biasanya kemitraan ini terjalin akibat adanya peluang untuk mendapatkan keuntungan secara financial atau mendapatkan manfaat yang tercipta dari hubungan tersebut.

Tanggapan

Di zaman sekarang ini, jaringan menjadi sangat penting. Tim yang baik tidak akan pernah cukup untuk memperbaiki masyarakat. Butuh banyak tim yang bekerja sama. Untuk itu, perlu adanya hubungan yang terkoordinasi agar kinerjanya lebih efektif dan efisien.

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.