jaulah dekalah, kitalah tetalah keluargalah

bismillah,
alhamdulillah wash shalatu wassalamu ‘ala rasulillah,,
btw, kok dari tadi belakangnya pake lah yah? jadi lelah.
gapapalah asal lelahnya lillah =p

sebelum mulai ceritanya, saya mau minta maap ama panitia, karena saya telah jadi peserta yang bandel dan tidak mengikuti acara yang disiapkan oleh panitia. hehe
lalu mau mengucapkan terima kasih kepada:
Allah swt (aduh, betapa belum pandainya hamba bersyukur)
kedua orang tua (atas izinnya, semoga perjalanan tadi jadi berkah)
keluarga: istri tercinta (haha, ngarep!!! =p)
sony music (lho?)
pengurus gamais pusat, terutama G1, sekjen, dan tim FSLDK (yang udah mengadakan acara ini, udah saya manfaatkan sebaik-baiknya iAllah. hoho)
para pejuang wilayah (ayo menginspirasi, ITB Islami bukan lagi sekedar mimpi, boi!)
SNADA = senandung nasyid dadakan (lumayanlah, mengisi kekosongan di malioboro dengan syiar melalui syair, gara-gara ga bawa mushaf. dikirain cuma bentar di malioboro =p)
hendra dan kru (kata ryan korum, mata mau rihlah ke padang pas liburan ini. berapaan bro? hehe)
semua orang yang tidak bisa disebutkan satupersatu disini
dan semua orang yang selalu membantu, mengingatkan, menjaga, dan mendoakan seorang PH (siapalah awak ini,,, =D)

jadi gini cerita jaulah nya…
,,,

(bersambung)

yae nggalah,, cepet amat…

jumat 2 april 2010, sekitar pukul 09.00
bis berhenti di suatu tempat di jogja (saya ga tau nama daerahnya apa)
di situ ada lapangan hijau yang luas, mungkin lapangan ini menjadi ruang terbuka bagi masjid agung (?), karena saya anggap bahwa lapangan ini berada di depan masjid tersebut.
saya pun turun untuk mandi. eh ternyata emang ada pemandian umum gitu loh di sekitar masjid. gak cuma satu,,,
bayar dua rebu sodara-sodara. yo wess…
setelah itu, saya dan araf mencoba masuk ke masjid.

wow! masjidnya bernuansa hindu boi.
saya jadi teringat sebuah bangunan peribadahan hindu di bali, yang kalo kita masuk kesana harus menggunakan sarung dulu.
masjid ini ga pake dinding, kolom dan ring baloknya penuh ukiran yang dicat warna-warni (merah, emas, dll)
ring baloknya khas, bertumpuk-tumpuk berirama untuk saling menguatkan.
sayangnya, masjid ini menggunakan keramik sebagai penutup lantaisehingga ketika kita sholat di dalamnya, terasa silau dan panas akibat pantulan sinar matahari.
mungkin akan terasa beda bila diganti bebatuan alami, lebih sejuk =D
ok, sekarang kita bertolak ke Solo menuju UNS.

jumat 2 april 2010, sekitar pukul 13.00
di UNS, kita langsung berhenti di masjid Nurulhuda.
masjidnya diselubungi oleh kaca, saya kurang suka dengan bangunan kaca. panas!
walaupun sudah diberi bukaan dibagian bawah (agar udara dingin masuk) dan dibagian atas (agar udara panas keluar), tetap saja panas
masjidnya belum jadi seluruhnya, bagian entrance-nya masih belum selesai.
yang serem, baloknya sebagian hancur (tulangan besinya keliatan)

nah, setelah istirahat dengan ‘makanan dauroh’ (makanan standar UNS dan ITB beda. haha =D) dan sholat ashar, saya ga langsung naik ke atas untuk menyimak presentasi dari JN UKMI.
saya tetap di masjid bagian bawah untuk berbincang-bincang dengan akh Fatkhurrahman seorang mahasiswa Arsitektur UNS angkatan 2006. (hehe, kebandelan pertama)
beliau adalah ketua bagian kerohanian di Himpunan Mahasiswa Arsitektur UNS.
ternyata di UNS ga ada gARis-nya, kegiatan keislaman hanya menjadi sebuah divisi di Himpunan. (kalo di PWK lebih parah, malah himpunannya baru terbentuk. jadi belum ada divisi kerohanian)
karena kondisinya seperti itu, mereka ga ada struktur, langsung proker.
diantaranya adalah seminar arsitektur islam (sering kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta), buletin, dan kajian.
sebenernya masih banyak, tetapi cuma itu yang diingat =p

yang keren, si kerohanian ini ga ngurusin mentoring. masalah permentoringan diurus sama BIAS (biro asistensi, semacam AAEI)
BIAS ini memiliki perpanjangan tangan di fakultas. nah, karena Arsitektur berada di Fakultas Teknik. jadi, mentoring anak Arsi diurus sama BIAS di Teknik.
yang bikin saya kaget, pengurus BIAS Teknik berjumlah sekitar 20 ikhwan dan 20 akhwat. wew!

tak terasa sudah satu jam, saya merasa harus ke atas untuk setor muka ke JN UKMI. hehe
terpaksa pertemuan ini saya sudahi, padahal banyak pertanyaan yang masih menggelayut dalam pikiran saya.
oleh karena itu, sebelum berpisah, saya menawarkan kerja sama untuk ikut menyukseskan acara puncak MuSA dan alhamdulillah diterima (yeah!)
keterangan lebih lanjut akan dikomunikasikan via email. saya juga minta tolong untuk mewariskan kerjasama ini ke kepengurusan selanjutnya.

hup! alhamdulillah saya nyampe diatas. tapi kok malah si adjie yang presentasi? jadi mual (becanda)
setelah adjie presentasi, tibalah masa untuk tanya jawab. kalo saya dikasih kesempatan untuk nanya, saya akan menanyakan semuanya dari awal.
untungnya saya ga angkat tangan =D

mendengarkan saling tanya dan saling jawab antara kader GAMAIS dan JN UKMI, saya jadi pengen usul ke GAMAIS:
1. kaderisasi dilakukan terpusat saja. biar standarnya sama. mungkin wilayah cukup mengontrol dan membackup saja.
2. syiar dilakukan di wilayah. pusat cukup menyinergikannya. konsep syiar dilakukan melalui kesepakatan bersama.
3. pelayanan dilakukan untuk mahasiswa. bukan untuk dosen ataupun karyawan. ini mah lahannya jaringan. kalo tahun lalu masih bener, karena HIK ada di SPK. sekarang ada di jaringan kan?
4. fsldk memberikan contact person tiap LDK ke wilayah, biar wilayah bisa mempunyai paradigma sebagai LDK secara keseluruhan.
5. jaringan juga.
6. apa lagi ya? udah dulu deh, sekarang kita kembali ke Jogja!

jumat 2 april 2010, sekitar pukul 22.00
kita nyampe di masjid Sholahuddin Al Ayyubi, UGM.
sekretariat JS emang beneran sekretariat! bukan gudang, hehe
ada rak-rak buku, ada piala-piala, ada komputer, ada kantin kecil2an, ada ruangan khusus ikhwan, ada lobby, ada jadwal kegiatan per bulan, ada pakom, dll.
jujur, kita kalah… =p
lalulalu, masjidnya megah bener dah!
kolomnya bulat, besar, dan banyak. tipe kolomnya seperti yang ada di Yunani.
lampu di bagian tengah menjadi sculpture tersendiri. besar menggantung di atas kita.
di kanan-kirinya ada bangunan berdenah segidelapan yang dihubungkan dengan ruang utama dengan koridor.
koridor itu terus menyambungi bangunan-bangunan di sekitar masjid hingga bermuara di gerbang masjid.
di tengahnya ada taman yang berdiri pohon palem yang teratur. sangat tertata rapi.
ada kolamnya juga dengan sculpture tulisan bismillah di tengahnya. wow kk wow…
salman zaman baheula padahal ada sungainya loh, sayangnya diilangin (padahal berfilosofis)

nah, malam itu, ketika yang lain pada makan, saya malah ngobrol-ngobrol lagi sama anak AR dan PWK UGM (hehe, kebandelan kedua)
di UGM, LDPS AR dan PWK digabung, namanya Seksi Kerohanian Islam Al Banna (mentang-mentang pengarang buku Diorama Sepasang Al Banna lulusan sini =p)
Al Banna ini semacam BSO di Himpunan archiplan dan ga ada hubungannya dengan KMT (Keluarga Muslim Teknik), kecuali kerjasama tentunya.

mas’ul Al Banna bernama Fauzi Ahmad, PWK’07
dibawahnya terdapat 4 bidang: kesekretariatan dan keakhwatan, bendahara, pembinaan dan kaderisasi, serta syiar.
bendahara membawahi biro kewirausahaan dan syiar membawahi subbidang kajian, media opini, pelayanan umat, serta humas.
waktu itu yang menemui saya adalah akh Fauzi dan akh Abi AR’07 (koordinator subbidang humas)
saya dikasih proker-prokernya. kalo ada yang mau, bilang aja ya…

Al Banna ini baru saja mengadakan bersepeda bareng untuk mendalami arsitektur masjid di kota Jogja.
pernah juga Al Banna melakukan jelajah Semarang dan kebetulan ada dosen yang bisa diajak, karena beliau sendiri mengajar mata kuliah arsitektur masjid dan kota islam (waa, pengen ngambil matkulnya =D)
sama seperti di UNS, permentoringan di UGM dipegang sama ‘AAEI’-nya sana, karena memang mentoringnya serentak di tingkat 1, jadi LDK ga ngurusin.
walau begitu pengurus Al Banna berjumlah 80 orang!!! (luar biasa,,, kayaknya pengurus MuSA+pengurus gARis+pengurus KMMP kurang dari 80 deh =p)
trus, ngobrolin apa aja ya… lupa euy..
yang pasti saya menawarkan kerjasama juga, dan diterima juga… (hoho, sukses boi!!)
jam 12 malem udahan. yang lain tidur, saya malah nyari makan bareng agung (pake acara kesasar lagi)

sabtu 3 april 2010, sekitar pukul 09.00
ada yang nikahan boi, tapi kita ga ikutan, karena kita akan sharing-sharing dengan Jama’a Sholahuddin UGM…
saya akhirnya berkesempatan menyimak presentasi dari LDK yang kita jaulahi. hehe
saya cukup tertarik dengan adanya FSLDIK (forum silaturahim lembaga dakwah intra kampus), jarsus (jaringan khusus yang terdiri dari kaderisasi, syiar, media opini, jaringan, dan kemuslimahan *bener gak?*), dan forkom per rumpun (teknika, medika, sosial politik, dan lupa lagi)
mungkin GAMAIS bisa belajar banyak disini, terutama yang jarsus itu.
nah untuk forkom per rumpun, mungkin bisa jadi alternatif bentukan Gamais Wilayah. jadi Gamais Wilayah bukan lagi LDF/S yang membawahi LDPS, melainkan dikumpulkan per areanya. karena jurusan di UGM yang serumpun tuh berdekatan, jadi mudah koordinasi.
bisa jadi akan lebih efektif kalo dikelompokan berdasarkan areanya, misal Gamais Tenggara (MuSA, gARis, KMMP, KISR, Kamil, FSI-GD) terus dipilih koordinatornya (tiap tahun bisa ganti-ganti)
tapi ada kekurangannya, yaitu followup dari TPB ke Prodi. kalo liat contoh diatas, mungkin SAPPK dan FSRD ga masalah (karena areanya sama), tapi buat Kamil dan FSI-GD agak sulit untuk melanjutkan kaderisasi dan syiar dari G-FTSL dan LDFITB.
lagian, sejauh-jauhnya di ITB ga jauh-jauh amat dibandingkan di UGM. haha =D

sekitar pukul 10, forum dibagi per sektor. saya dan kepala LDW lainnya kumpul bareng akh Aqil selaku ketua JS.
yang saya catat, kaderisasi pusat dan wilayah itu berbicara tentang integritas (satu dan yang lainnya harus padu) sedangkan syiar pusat dan wilayah berbicara tentang sinergisitas (satu dan yang lainnya harus selaras dan saling menguatkan frekuensi syiarnya)
forum belum selesai, saya kabur lagi (hehe, kebandelan ketiga)
kali ini saya dan nisa diajak untuk berkunjung ke program studi Arsitektur dan PWK.
kami diculik oleh akh Fauzi, akh Abi, dan ukh Ida.

disana kami, keliling-keliling gedung AR-PWK yang digabung, ngeliat studionya, kelas-kelasnya, kantinnya, lab komputer, sampe ke ruangan S2 dan S3.
setelah itu, ada forum singkat di sebuah bangunan aceh di innercourt gedung archiplan tersebut. dikasih makanan loh! hehe, dasar mahasiswa!
karena keburu adzan, forum ditutup dan saya pun sholat di mushola teknik (ini mah masjid, boi. mana ada mushola pake adzan dan dipake sholat jumat?)
ba’da shalat, kita foto-foto di depan tulisan ‘JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR DAN PERENCANAAN’ dan di depan TUGU TEKNIK. hoho

kemudian, kami kembali ke Masjid Sholahuddin Al Ayyubi untuk berangkat ke Malioboro.
saya ga mau cerita di Malioboro ah, ngebosenin. sungguh buang-buang waktu!!!

alhamdulillah selesai, konsolidasi ke UGM dan UNS sukses!
selanjutnya ke UI, UNDIP, ITS, dan IPB… mohon doanya,, =D

PH | AR’07 | https://rezaprimawanhudrita.wordpress.com
LDSAPPK “MuSA” | Majelis Ta’lim Salman | IMA Gunadharma
kalo ada yang salah, tolong kasih tau ya.,, nuhun…
foto-foto menyusul… hoho =D

5 thoughts on “jaulah dekalah, kitalah tetalah keluargalah

  1. asslamu’alaikumwrwb…
    sengaja mampir,pas ngetik rohis arsitektur itb,keluarnya blog antum
    ijin download artikel2 antm ya
    sm2 di jurusan arsitektur,..
    smg dengan ini rohis arsitektur undip dpt ‘ketularan’ kyk garis itb ^_^
    salam semangat dari fkia undip (forum kajian islam arsitektur)

    • wa’laykumsalam wr wb
      silakan, coppas aja sesukanya…
      oh arsitektur juga?
      amin. eh, tau gARis darimana? (tolong nulisnya gARis ya =D)
      saya pengen jaulah ke arsitektur undip, dan hingga saat ini baru menghubungi akh satria (beliau ketuanya ya? oia, bilangin mampir ke blog ini dong)
      syukron udah silaturahim, semoga blog ini bermanfaat…

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.