Korupsi di Sekitar Kita

Bismillah
Assalamu’alaykum wr wb

Kawans,,, pasti kita semua tahu (meskipun malu mengakuinya), kalau negeri tercinta ini termasuk salah satu bangsa yang tertinggi angka korupsinya. Memang sakit mengatakannya. Ada rasa sedih, malu, dan marah di hati ini. Tapi, yahh,, mau gimana lagi… ='(

Btw, korupsi tuh apaan sih?
Kata korupsi berasal dari bahasa Latin, corruptio, dari kata kerja corrumpere. Artinya busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok.
Sedangkan, menurut Transparency International, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus/politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.
Dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi mencakup perbuatan melawan hukum, penyalahgunaan kewenangan, kesempatan atau sarana, juga memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi. Tindakan itu merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

Sebenarnya, korupsi enggak hanya dilakukan pejabat publik atau pegawai negeri, pegawai swasta juga bisa melakukannya. Bahkan lebih luas lagi, anak-anak kuliahan pun kerap melakukan korupsi dalam beraneka bentuk. Intinya, korupsi itu melakukan atau mengambil sesuatu yang bukan haknya. Meskipun korupsi atau kecurangan terhadap hal-hal yang ”kecil”, semisal menyontek dan nitip isi daftar hadir.
(wah,, kalo masih jadi calon sarjana aja udah gini, mau gimana membangun Indonesia???)

Nah, oleh karena itu,,,
Di tengah terjangan badai UAS (ujian agak serius. hehe) ini, marilah kita ubah paradigma kita mengenai ujian.
Ujian adalah suatu sarana bagi kita untuk menjadi lebih baik. Mungkin dahulu 1+1 adalah soal yang sangat sulit, tetapi sekarang sudah refleks menjawab dengan benar ketika ditanya hal tersebut. Kenapa? Karena kita sudah naik level.
Ujian adalah suatu momentum untuk memisahkan mana orang yang baik dan mana orang yang buruk. Dari ujian, akan terlihat siapa yang jujur dan siapa yang tidak jujur. Mana yang sabar dan mana yang tidak.

“Ketika menghadapi ujian, jangan minta soal yang mudah, tetapi berdoalah agar soal sesulit apapun dapat kita selesaikan.”

Yuk, kita isi masa muda kita dengan hal-hal yang positif. Agar kelak ketika sudah jadi sarjana, kita dapat bermanfaat bagi Islam dan negara Indonesia. Bersama kita wujudkan masyarakat madani di Indonesia,, MULAI DARI SEKARANG… =D

Subhanaka Allahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa atubuilaika.
Allahu’alam wassalamu’alaykum wr wb

UAS BERSIH: lebih baik dapet A dengan jujur, daripada dapet C hasil nyontek!!!

4 thoughts on “Korupsi di Sekitar Kita

    • lah? emang ada yang seperti itu ya?
      yang saya alami, malah dosennya yang kelamaan ngajar.
      harusnya kurang dari dua jam, jadi hampir tiga jam =p

Tinggalkan Balasan ke reZa pH Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.