Bogor 528 Tahun

Mulai 3 Juni 1482 hingga 3 Juni 2010 jika dihitung berjumlah 528 tahun. Itu merupakan rentang waktu yang telah ditempuh oleh kota Bogor di salah satu bagian negara Indonesia ini. Dan pada ‘hari jadi’ kali ini, kota Bogor mengusung tema ‘Bogor Babakti’

Saya sendiri baru tiga kali ke Bogor di tahun 2010 ini, pertama bulan Mei lalu ketika beberapa hari sebelum pengumpulan studio, yang kedua setelah pekan UAS sebelum acara The SIMS III, dan terakhir pada tanggal 5 Juni kemarin bersama adik saya yang kuliah di DKV IM-Telkom. Ya, sejak tahun baru 2010 saya belum pernah ke Bogor lagi karena saya ke Bandung tanggal 2 Januari (kalo tidak salah) dan terus di Bandung hingga bulan Mei.

Nah, ketika saya ke Bogor beberapa hari sebelum acara The SIMS III, saya melihat stiker yang berbeda di angkot-angkot Bogor, yaitu stiker pelarangan merokok di tempat umum, termasuk di angkot. Wah, saya senang sekali melihatnya, berasa di alam mimpi. Hehe =D

Selidik punya selidik, ternyata ketika bertepatan dengan ‘Hari Tanpa Tembakau Sedunia’ yang jatuh pada Senin tanggal 31 Mei, Kota Bogor mendeklarasikan diri menjadi Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Waktu itu LDSAPPK “MuSA” ITB lagi ngadain The SIMS III sedangkan Majelis Ta’lim Salman ITB lagi ngadain DP2Q II. Sehingga beberapa hari sebelumnya pemkot Bogor ‘berkampanye’ terkait larangan merokok ini.

Deklarasi ini melibatkan 400-500 orang dan akan diawali dengan apel siaga pagi di Balai Kota Bogor, dipimpin Wali Kota Bogor Diani Budiarto. Wah, i lop yu pul lah pak walikota, salut! haha =D Semoga nantinya rokok dilarang dijual di Bogor.

Hari itu merupakan hari pemberlakuan Peraturan Daerah (Perda) No 12/2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok dan Peraturan Walikota (Perwali) nomor 17 tahun 2010 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Oleh karenanya, sejak itulah perokok yang kedapatan merokok di delapan KTR akan dikenai sanksi. Kedelapan KTR itu adalah tempat umum, perkantoran/tempat kerja, sekolah/lingkungan tempat proses belajar mengajar, tempat ibadah, sarana transportasi, sarana olahraga, tempat hiburan/tempat bermain/berkumpul anak-anak, dan tempat kesehatan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr Rubaiah MM, menjelaskan bahwa hukuman tahap pertama adalah sanksi administrasi, sebanyak tiga kali berturut-turut kedapatan melakukan kesalahan yang sama akan dikenai saksi tindak pidana ringan. Bagi masyarakat umum yang kedapatan melanggar aturan perda akan didenda Rp100000, minimal Rp50000 (murah amat). Bagi lembaga atau badan didenda 1 juta rupiah hingga 13 juta rupiah. Sedangkan bagi kepala badan yang tidak menerapkan Perda KTR, akan diancam pidana kurungan paling lama tiga minggu. Bagi pejabat teknis yang membiarkan pegawainya merokok akan dikenai hukuman penjara selama tiga hari. Ayo, bersama-sama tegakkan perda ini =9

Dan ternyata Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat telah menyiapkan 100 personel Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan pemantauan dan pengawasan di kawasan-kawasan yang ditetapkan sebagai KTR. Satgas yang akan diterjunkan itu akan diberikan pelatihan khusus agar bisa menjalankan tugas itu dengan baik.

Para satgas berwenang memberikan sanksi terhadap pelanggar Perda KTR di lingkungan perkantoran dan pemerintahan. Satgas akan melaporkan adanya pelanggaran dan mengeluarkan surat teguran bagi aparat yang kedapatan masih merokok.

Luar biasa dengan pemkot Bogor ini. Mereka rela mengalami kerugian berupa pendapatan pajak dari rokok sebesar 4 miliar rupiah untuk mewujudkan generasi yang lebih baik. Beda dengan suatu kota yang melegalkan miras hanya untuk pendapatan daerah. Puih! Turun lo walikota ga becus!! Sudahlah, yang penting Bogor akan menjadi pusat peradaban di Indonesia. Amin…

Bogor Tegar Beriman! Tetap Garing Berlandaskan Keimanan (Loh?)
Jayalah kota Bogor!

4 thoughts on “Bogor 528 Tahun

  1. “Bogor Tegar Beriman! Tetap Garing Berlandaskan Keimanan (Loh?)”
    Waduh, jadi ingat masa SMA :))

    Btw, sejak awal Juni, spanduk anti rokok memang sudah terpasang..
    Sayang masih ada aja yang ngerokok di angkot. Tapi, ini sudah bagus sebagai langkah awal..

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.