Shaf Masjid

bismillah assalamu’alaykum wr wb

innalhamdalillah wash shalatu wassalamu ‘ala Rasulillah

umm, pada suatu jumat (lupa kapan, tapi udah cukup lama) saya pernah mendengar sebuah khutbah jumat di masjid di cisitu, nama masjidnya al-amanah. sang khotib berkata kira-kira begini:

“untuk mengukur kekuatan da’wah di suatu wilayah, lihatlah jumlah shaf di masjidnya. makin banyak shaf, makin cepat kebangkitan Islam terwujudkan.”

jleb, saya langsung tertohok.
tiba-tiba teringat masjid-masjid yang saya sering kunjungi di lima waktu tiap harinya. masjid di deket rumah di bogor, masjid SMA, masjid al ukhuwah ini, dan masjid SALMAN!
seinget saya jumlah shafnya masih dikit (kecuali masjid SMA, karena emang para siswa cuma bisa shalat disitu, jadi agak banyak)

lantas saya jadi mikir, apa yang telah saya lakukan selama ini?
berdakwah dari hongkong! ngajak ngelaksanain yang wajib aja belum bisa, apa lagi ngajak ke hal lain?
astaghfirullah,,,

di Salman pun begitu, sepanjang saya shalat shubuh di masjid Salman (kalo ga ada mabit) paling cuma satu shaf (meski ada beberapa orang di shaf kedua sih) bandingkan dengan ketika shalat jumat, jauuh banget! mungkin kalo jumlah shaf shalat shubuh dan shalat jumat sama, baru kemenangan Islam itu tiba. Allahu’alam…
di Pusdai pun begitu. mengaku sebagai pusat dakwah, tetapi sepi masjidnya. padahal arsitekturnya bagus, hehe =D

semoga bisa jadi renungan bagi kita semua.
walau begitu tetaplah yakin bahwa kebangkitan Islam akan ada, sejauh apapun pasti nyampe!
biidznillah =)

semangkA! semangat karena Allah!!

“ukhuwah itu seperti jari dan mata. ketika jari terluka, mata menangis. ketika mata menangis, jari menghapus air mata seolah lupa akan lukanya”

One thought on “Shaf Masjid

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.