Arsitektur dan Makanan


agak gak penting sih tapi saya kepikiran sesuatu.
ga papa ya? itung-itung nambah tulisan di blog =p

arsitektur dan makanan itu berhubungan loh.
semakin rumit arsitekturnya semakin rame pula makanannya.

lihat aja arsitektur tradisional indonesia: rumit, penuh ukiran, dan kaya warna. begitu juga dengan makanannya: bumbunya buanyak sampe-sampe rasa asli makanan tertutupi (berasa lagi makan bumbu, hehe)

dan jepang pun seperti itu. seinget saya, jepang tuh menganut ‘wabi sabi’ (bener gak ya?), saya lupa artinya apa, kalo gak salah intinya deket-deket ke sederhana (gak ribet)
coba tengoklah arsitektur jepang: efisien, sederhana, dan monokromatik (inget bilik kayu dengan ‘tatami’ dan pintu geser dari kertas [?] yang kotak-kotak kan?)
sama dengan makanannya: rasanya rasa asli bahan makanan tersebut. kalo makan ikan, ya, ikan aja (kadang gak digoreng) tanpa bumbu, kalo pun pake, ga dibanjurin (EYD-nya apa sih?) tapi dicocol (?) itu pun hanya sedikit.

nah, fenomena masakan jepang di indonesia beda banget sama yang aslinya. walaupun tulisannya masakan jepang, tapi kebanyakan disajikan ala indonesia. jadinya kurang original

Allahu’alam.
Baca lebih lanjut