SALAM dan TAKBIR

A: eh, salam dan takbir-nya gimana?
B: dari zaman rasul, salam tuh assalamu’alaykum wr wb dan takbir tuh Allahu akbar!
A: *sigh*

hehe, becanda! =D

SALAM

patut disyukuri bahwa DKM memiliki peluang lebih awal untuk merekrut pengurus. ketika ekstrakulikuler lain hanya diberi kesempaan beberapa menit untuk display, DKM mendapatkan waktu 1 hari untuk ‘promosi’. ketika organisasi lain tampil dengan ‘garang’ dan penuh agitasi, DKM hadir dengan lembut dan menyenangkan. mungkin termasuk kufur nikmat ketika momentum ini lewat begitu saja. astaghfirullah..

kawan, mengajak siswa baru menuju kebaikan dimulai dari SALAM ini. jangan sampai persiapannya asal-asalan saja. siapkan apapun yang kita bisa, misal:

a. Branding

bagi para siswa baru, kesan di awal itulah yang kemudian dikenang dan mempengaruhi kehidupan di SMANSA selanjutnya. maka munculkanlah kesan bahwa DKM adalah organisasi yang eksis dan bermanfaat, yaitu memiliki karakter dan citra yang bersahabat bagi setiap siswa baru SMANSA sehingga mereka lebih membuka diri pada DKM. kalo udah gitu, da’wah pun akan lebih mudah.
tunjukkan juga bahwa DKM adalah organisasi yang besar, kuat, aktif, dan berpengaruh di mata publik. bikin asumsi bahwa kalo ga ikutan DKM, ga gaul. atau yang gak islami berarti ga trendi, hehe =D

perlu dicatat, saat SALAM ini yang dikejar adalah kuantitas karena sedang masa perekrutan, sedangkan kualitas dikejar ketika proses PODS dimulai. oleh karena itu, rekrutlah sebanyak-banyaknya para siswa baru dengan pencitraan yang baik di SALAM ini.
pencitraan yang baik mengenai lembaga dakwah, misal: acara yang tidak ngaret dan menunjukkan perilaku yang islami dari para panitia. oia, bisa juga nyambut siswa baru ketika sholat Dhuha pas MOS, insya Allah tersentuh.

b. Event (acara) dan Service (pelayanan)

para siswa baru itu butuh inspirasi, mereka butuh teladan untuk bisa sukses di SMANSA, mereka butuh role model dalam kegiatan belajar dan organisasi, mereka butuh penyeimbang antara ilmu dunia dan ilmu akhirat. berikan itu semua di SALAM ini dengan berbagai macam acara, misal:

– Talkshow siswa atau alumni berprestasi yang aktif di DKM dan Mentoring.
– Motivation Training, untuk belajar ilmu dunia dan akhirat. penekanan untuk belajar tentang Islam lebih dalam dengan ikut mentoring.
– Kemuslimahan, biasanya dilaksanakan ketika ikhwan sedang shalat Jum’at. penekanannya pada mengenakan kerudung dan hal keakhwatan lainnya.
– Open house lembaga dakwah, citrakan yang baik dan menarik.
– Bagi-bagi buku second hand atau al Quran.
– Membuat buklet yang berkonten: info umum SMA, atmosfer KBM, profil Ekskul-Organisasi (perbanyak yang bagian DKM, sedangkan ekskul/organisasi yang lain informasi secukupnya saja)

TAKBIR

Ramadhan merupakan momen paling puncak dalam syiar umat islam dalam setahun.
Ramadhan adalah bulan yang begitu spesial bagi kita dan umat muslim di seluruh dunia.
keberadaannya merupakan anugerah yang besar. betapa tidak, banyak keutamaan yang terkandung di dalam bulan ini dan keutamaan itu tidak akan pernah kita jumpai pada bulan-bulan selain Ramadhan.

Ramadhan memiliki daya Syiar Islam yang sangat luar biasa.
momen yang serentak terjadi di seluruh dunia itu terbukti mampu menjadi perhelatan paling akbar umat Muslim yang penuh dengan Syi’ar Islam hingga saat ini. kehadirannya bagaikan suatu oase iman penyejuk ditengah gersangnya gemerlap kehidupan dunia saat ini.

keistimewaan bulan Ramadhan tak jarang membuat sebagian besar umat muslim lebih membuka diri dan pintu hatinya untuk lebih menerima cahaya rahmat dan hidayah Allah SWT.
membuatnya lebih rajin mendekatkan diri pada Allah SWT, karena kita tahu bahwa sekecil apapun amalan kita di bulan ini, itu akan menjadi ‘wah’ di sisi Allah SWT, padahal bisa jadi jika di bulan-bulan lain tidak akan mendapatkan apapun dari Allah SWT. amalan mubah akan bernilai amalan sunnah, amalan sunnah akan bernilai amalan wajib, dan amalan wajib tentu akan dilipat gandakan pahalanya.
oleh karena itu, kita harus pahami dengan baik adalah pada saat ramadhan, peluang menyuarakan Islam dan menjadi jalan hidayah bagi banyak orang semakin besar.

kita harus menjadikannya momen akbar bagi umat muslim khususnya di SMANSA. Hal ini seharusnya menjadi pemicu bagi DKM untuk lebih intens dan gencar melakukan syiar Islam.
oleh karena itu, kepanitiaan ini perlu untuk diinisiasi sedini mungkin, mengingat kepanitiaan ini merupakan ladang amal terbesar dan tadrib amal termegah sehingga harus dimatangkan konsep dan teknisnya agar lebih berasa efeknya, bahkan hingga bulan-bulan berikutnya.

lantas apa saja yang bisa dilakukan? mungkin 2 hal berikut ini bisa membantu:

a. Propaganda

ciptakan suasana SMANSA jadi Ramadhan banget!
kenapa harus propaganda? cekidot:

– Membawa nuansa ber-Ramadhan dan ber-Islam
penyuasanaan ber-Ramadhan diharapkan membuat objek dakwah lebih bersemangat untuk menjadikan Ramadhan kali ini sebagai ramadhan terindah sepanjang hidupnya.
sedangkan penyuasanaan ber-Islam jika istiqomah dan konsisten disugestikan ke siswa baru, akan merasuk ke alam bawah sadar mereka dan membuat mindset di pikiran mereka bahwa SMANSA adalah sekolah Islami. mindset seperti inilah yang nantinya bakal mereka bawa seterusnya dan biasanya susah diubah karena sudah mengakar kuat di alam bawah sadar mereka. efek jangka panjangnya, menumbuhkan semangat untuk berislam lebih dalam, membuat mereka lebih mudah menerima pengaruh dan nilai-nilai Islam.

– Sarana Reminder dan Penyadaran
sudah jelas bahwa propaganda/media salah satu tujuan utamanya adalah terus mengingatkan sesama dalam kebaikan dan kesabaran. karena manusia tempat salah dan lupa.

– Menumbuhkan kepercayaan publik
saya ulang lagi.
kuantitas dan kualitas propaganda bisa menunjukkan betapa besar, kuat, aktif, dan berpengaruhnya suatu lembaga di mata publik, tak peduli seberapa baik atau buruknya lembaga itu di balik layar. propaganda yang sukses akan menumbuhkan kredibiltas dan kepercayaan pada DKM sehingga akan naik bargaining position-nya. selanjutnya, bila DKM telah terlihat baik di mata objek dakwah, hal tersebut akan membuatnya membuka diri pada DKM. Dakwah pun lebih mudah.

– Bentuk propaganda:
poster, leaflet, booklet/notebook, stiker, pembatas buku, mading, pin.
– Konten propaganda:
shalat malam sebelum sahur, tilawah setiap hari, bersedekah, tebar senyum dan kebaikan, ajakan shalat sunnah dhuha, jangan menyontek saat ujian, keutaamaan ramadhan, tips berpuasa, hari khusus baju koko dan jilbab setiap hari jumat, jadwal imsakiyah.

b. Event (acara) dan Service (pelayanan)

hal yang dapat dilakukan lainnya adalah dengan mengadakan suatu event dan pelayanan. event dan pelayanan yang dilakukan pun adalah pelayanan yang memiliki daya ikat. diharapkan dengan adanya sebuah event dan pelayanan, makin banyak siswa SMANSA yang semakin tertarik kepada Islam. aktivitas event dan pelayanan ini harus memiliki follow up sehingga nantinya akan tercipta kader-kader baru penerus dakwah di SMANSA.
contoh event: Ta’lim+ta’jil bareng, Buka bareng se-SMA, Sahur on the road, Lomba kreatifitas, I’tikaf, Bazaar murah, Baksos, dan Sanlat.

sedangkan untuk pelayanan, kegiatan yang ditawarkan berupa fasilitas dalam:

– Peningkatan keilmuan ke-Islaman
ketika Ramadhan, bisa dipastikan seseorang akan semakin lebih sholeh dari bulan-bulan lainnya, ia akan mencari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Islam, terutama masalah ilmu dalam ibadah di bulan Ramadhan dan keutamaan bulan Ramadhan. kesempatan yang baik ini, marilah digunakan sebaik mungkin. perlu dicatat juga bahwa saat Ramadhan, melakukan hal-hal Islami tidak akan dianggap aneh. misalnya dengan layanan tanya-jawab tentang Islam via SMS (yang menjawab bisa Pak Duddy/Bu Nina), konsultasi masalah ke-Islaman (curhat), mentoring by request, layanan SMS taushiyyah gratis, dan siaran radio.

– Peningkatan suasana beribadah yang kondusif.
jika pada poin sebelumnya hanya sebatas ilmu, pada poin ini lebih ke pengondisian suasananya dan penyediaan sarana prasarana beribadah. akan lebih baik jika membentuk kondisi berlomba-lomba dalam kebaikan dan mendahulukan kepentingan saudaranya di atas kepentingannya sendiri. misalnya dengan layanan ‘sahur wake up’ call, pembagian jadwal imsakiyah, dan pengadaan spot untuk tilawah.

sekian, semangkA TAKBIR dan SALAM-nya =D

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.