3 juz

umm, sebenernya ini ga penting.
tulisan ini hanyalah cerita anak norak yang beberapa waktu ini baru bisa tilawah 3 juz dalam sehari (woi, ngapain aja selama ini!)
tulisan ini ditujukan agar setiap muslim tidak mengalami kenorakan tersebut.

jadi gini, penulis merasakan bahwa membagi rata jumlah lembar al quran dengan waktu shalat tidak cukup membuat target harian itu tercapai.
mengapa? karena aktivitas di waktu shalat tertentu berbeda dengan waktu shalat lainnya.
misal, beberapa mahasiswa ada yang kuliah dari jam 11 sampe jam 13 kurang sepuluh menit, lalu dilanjutkan kuliah lagi sampe jam 15.
nah, pada kondisi di atas, tentu agak sulit untuk tilawah dengan leluasa pada jam tersebut. apalagi targetnya 3 juz yang berarti harus baca 6 lembar per waktu shalat.

setelah coba sana-sini, ternyata kunci untuk mencapai target tilawah itu ada pada shalat shubuh!
tipsnya gini, silakan temen-temen (terutama yang ikhwan) bawa alquran ke masjid. abis shalat shubuh beres, silakan baca dzikir pagi. lalu setelah itu mulai tilawah ampe matahari terbit.
rata-rata saya baca satu lembar itu 3-5 menit. jadi, kira-kira kita mampu mencapai 1 juz sendiri di waktu ini!!!

uwow, bayangkan kalo bacaannya (tajwid, dll) bener: KITA MENGAWALI HARI DENGAN KEKUATAN RUHIYAH 1 JUZ, BOI!
belum lagi kalo kita shalat isyraq (bener gak tulisannya?), kita dapet pahala haji yang sempurna! mantap gan!!!

nah, kalo ada kuliah ampe jam 11, bisa nih diterusin lagi bacaannya. minimal 6 lembar lah. kalo sempet shalat dhuha, kita bisa bagi dua si 6 lembar itu, 3 lembar pas shalat dhuha dan 3 lebar pas shalat zuhur.
terus, biasanya ashar itu udah penuh sama kegiatan, mungkin cuma bisa baca dzikir petang dan beberapa lembar saja.

lantas, begini solusinya.
kalo gak lagi shaum, usahakan sebelum maghrib makan dulu, sehingga kita bisa menamatkan 3 juz kita dalam rentang waktu maghrib sampe isya. kalo masih gak sempet, bisa diteruskan ba’da isya. setelah 3 juz beres, baru deh bisa ngerjain tugas atau belajar (itu juga kalo rajin, hehe)

itu aja sih.
oia, lebih bagus lagi kalo tahajudnya 1 juz. beuh, totalnya 4 juz!!!
semoga bermanfaat, Allahu’alam =D

3 thoughts on “3 juz

  1. aga berat emang kalau 3 juz ga dibagi2..

    saya juga pernah nyoba, tapi keknya masih blom bisa konsisten 3 juz perhari, bahkan 1 juz perhari aja masih bolong2

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.