[jurnal] buletin MuSA

Salam Redaksi

Assalamu’alaykum wr wb
Innalhamdalillah, wash shalatu wassalamu ‘ala Rasulillah.

Teman-teman yang semoga dirahmati Allah, tak terasa sekarang kita berada di penghujung rangkaian acara PMBR (Penyambutan Mahasiswa Baru 2010 dan Ramadhan 1431) yang mengusung tema MELOMPAT LEBIH TINGGI. Semoga dengan berbagai macam suguhan yang ditawarkan GAMAIS, baik di pusat maupun di SAPPK, bisa menambah kedekatan kita kepada Sang Maha Pencipta.

Walau begitu, ramadhan belum habis, kawan. Kami dari LDSAPPK “MuSA” ITB, ingin memberikan sedikit pelayanan ibadah, yaitu:

  1. Zakat memerdekakan
  2. Tilawah Checkup
  3. Sahur Call
  4. Konsultasi Ibadah

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaykum wr wb

Zakat Memerdekakan

MuSA ITB bekerja sama dengan PKPU (Lembaga Kemanusiaan Nasional) membuka program Zakat Memerdekakan.

Oleh karena itu, bagi teman-teman yang ingin menyalurkan zakat (infaq juga bisa) tetapi bingung mau lewat mana, bisa disalurkan zakatnya lewat MuSA (yang kemudian akan disalurkan lagi via PKPU)

Landasan syar’i
QS Adz Dzariat: 19
QS Al Baqoroh: 267
QS At Taubah: 103

Manfaat zakat
Meningkatkan kemandirian ummat: PKPU membantu terbentuknya 103 kelompok swadaya masyarakat, pusat inkubasi kemandirian, 10 balai latihan kerja, dan koperasi ‘Busra’
Memberikan pendidikan yang lebih baik: beasiswa nusantara hingga sarjana, sekolah terbuka untuk anak putus sekolah, pembangunan SD-SMP berbasis kompetensi, 8 sekolah darurat, dan lain-lain.
Layanan kesehatan cuma-cuma: program bina masyarakat sehat, program kesehatan masyarakat keliling, klinik peduli, program perlindungan keluarga miskin, dan lain-lain.
Aksi tanggap darurat tanpa menunggu: 4.821 relawan PKPU siap membantu daerah bencana.

Program zakat memerdekakan
Voucher yatim Rp250000/anak
Paket ta’jil Rp10000/paket
Paket ifthar Rp15000/paket
Paket ramadhan Rp200000/paket
Sebar quran nusantara Rp100000/paket
Selain itu, bisa juga menyalurkan zakat fithrah, profesi, emas dan perak, perdagangan/niaga, tabungan, pertanian, investasi, pertambangan, dan hadiah, serta infaq/sedekah dalam bentuk uang.

Informasi dan penyaluran
Reza PH AR’07 081311158182

Tilawah Check-Up

“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, ‘Siapakah mereka ya Rasulullah?’ Rasul menjawab, ‘Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.’” (HR. Ahmad)

Ramadhan adalah momen terbaik bagi kita untuk menjadi ahlul Quran. Hal pertama yang mesti dilakukan untuk menjadi ahlul Quran adalah dengan membacanya secara rutin sehingga kita bisa mengkhatamkan Al Quran dalam 1 bulan.

Dari Abdullah bin Amru bin Ash, dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam beliau berkata, “…dan bacalah Al-Qur’an (khatamkanlah) dalam sebulan.” Aku berkata, “Aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.” Beliau terus melarang, hingga batas tiga hari. (HR. Bukhari)

Menurut hadits di atas, kita dilarang mengkhatamkan Al Quran lebih dari 30 hari. Karena bila kita membaca Al Quran kurang dari 1 juz per harinya, kita akan kehilangan ruh dan akan menjauh dari Allah. Hanya saja, sudah benar dan baik kah bacaan Quran kita?

Sahur Call

Merujuk kepada hadits akan keutamaan sahur, yaitu:
“Makan sahurlah kalian karena dalam sahur ada berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Disebutkan bahwa pada hadits tersebut ada perintah untuk sahur dan ternyata yang dituju ketika sahur adalah keberkahan (bukan hanya perut kenyang), jadi sahur itu penting untuk kita lakukan.

Nah, bagi temen-temen yang agak sulit bangun untuk sahur, MuSA menyediakan fasilitas SAHUR CALL selama ramadhan.

Caranya:
ketik SCnamanomer HPingin dibangunkan pukul berapa, lalu kirim ke 081311158182
atau langsung saja daftar di stand MuSA.

Jika temen-temen mendaftar, temen-temen akan dimiskol oleh MuSA pada jam yang diinginkan, sehingga bisa makan sahur deh =D

Konsultasi Ibadah

Sekarang sudah memasuki tanggal 15 Ramadhan 1431, pertanyaannya: Sudah sejauh manakah ibadah-ibadah kita?

Bagi temen-temen yang masih bingung tentang masalah peribadahan atau ingin meningkatkan jumlah dan kualitas ibadahnya, MuSA menyediakan sebuah fasilitas konsultasi ibadah.

Intinya, bila ada masalah terkait ibadah (misal: minta tips untuk rutin tilawah, ingin tahu hukum menggosok gigi ketika shaum, atau apapun itu), silakan ditanyakan.

Caranya:
ketik KInamapertanyaan/permintaan, lalu kirim ke 081311158182
Atau
Datang saja ke stand MuSA dan masukkan pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak temen-temen ke kotak konsultasi ibadah. Insya Allah akan dijawab oleh ustadz-ustadz masjid Salman ITB.

Target Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keutamaan. Bulan dimana setiap nafas menjadi tasbih (itu berarti, hidup di bulan ramadhan aja udah dinilai ibadah), setiap amalan sunnah dinilai pahala amalan wajib, sedangkan setiap amalan wajib dinilai berlipat ganda pahalanya. Bulan ini juga menjadi momentum kita untuk berubah menjadi seorang muslim yang lebih kaffah. Sangat merugi bila kita tidak mempunyai target tertentu di bulan mulia ini.
Ayo, kita tuliskan target kita di bulan ini agar lebih tervisualisasi sehingga lebih bersemangat untuk menggapainya. semangkA! semangat karena Allah!!!

One thought on “[jurnal] buletin MuSA

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.