Kota Baru Parahyangan: Perumahan Berpendidikan

Kota Baru Parahyangan, sebagai kota satelit, mempunyai keunikan desain yang berbeda dengan kota baru lainnya, yaitu dengan menghadirkan visi dan spirit sebagai kota pendidikan yang akan memberikan kontribusi kepada seluruh penghuni dan masyarakat Bandung.

Spirit pendidikan ini disebar pada keseluruhan proyek, baik secara masterplan maupun segmental, yang juga menempatkan institusi formal maupun informal.

Fasilitas hunian Kota Baru Parahyangan yang terdiri dari perumahan berkepadatan rendah, menengah, dan tinggi, serta condominium, apartemen, town house.

Perumahan di Kota Baru Parahyangan terbagi menjadi beberapa cluster, yaitu: Tatar Wangsakerta, Tatar Pitaloka, Tatar Jingganagara, Tatar Rambutkasih, Tatar Banyaksumba, Tatar Ratnasasih, Tatar Larangtapa, Koridor Bandoeng Tempo Doeloe, Tatar Mayangsunda, dan Tatar Naganingrum.

Salah satu inovasi yang ada di perumahan Kota Baru Parahyangan adalah desain di setiap cluster memiliki ciri khas arsitektur tersendiri. Kemudian, inovasi selanjutnya adalah mayoritas tanah tiap kaveling yang dibangun rumah hanya 50%-nya atau bahkan kurang dari itu, sehingga dari sisi ini bisa disebut perumahan Kota Baru Parahyangan menggunakan konsep green architecture.

Selain itu, perumahan ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas perkotaan lainnya yang bertemakan pendidikan. Maka dari itu, perumahan di Kota Baru Parahyangan memang bisa dikatakan perumahan yang inovatif karena menyisipkan unsur edukasi di setiap sudutnya.

Ruang Terbuka

Perumahan di Kota Baru Parahyangan memiliki taman tematik di setiap cluster-nya. Taman tematik ini merupakan implementasi dari tema pendidikan yang dikemas secara informal. Desain dan objek-objek permainan yang diaplikasikan di dalam taman tersebut sarat dengan muatan edukasi yang interaktif sekaligus menjadi area terbuka untuk bermain dan interaksi penghuni di cluster itu.

Fasilitas Ibadah

Kota Baru Parahyangan memiliki sebuah fasilitas ibadah bagi umat Islam, yaitu sebuah Masjid Raya yang dibangun di atas lahan seluas 1 Ha. Luas bangunan masjid adalah 1700 m2 dan selasar 800 m2 sehingga diharapkan dapat menampung 1500 orang jamaah.

Bapak Sanusi Tanawi, Presiden Direktur Kota Baru Parahyangan, dalam sambutannya mengatakan bahwa masjid tersebut dibangun untuk menampung kebutuhan spiritual, pendidikan, dan sosial warga, khususnya umat Islam Kota Baru Parahyangan. Dengan pembangunan masjid tersebut diharapkan Kota Baru Parahnyangan juga dapat tumbuh, berkembang dan terus berusaha memenuhi fungsinya sebagai Kota Mandiri Berwawasan Pendidikan.

Fasilitas Pendidikan

Sedikitnya ada tiga fasilitas pendidikan yang terdapat di Kota Baru Parahyangan, yaitu Cahaya Bangsa Classical School, Bandung Alliance International School, dan Al Irsyad Satya Islamic School. Ketiga fasilitas pendidikan ini semakin menguatkan bahwa Kota Baru Parahyangan merupakan kota pendidikan.

Fasilitas Kesehatan

Kota Baru Parahyangan memiliki sebuah Rumah Sakit bernama Cahya Kawaluyan yang merupakan sebuah fasilitas kesehatan muktahir dan bertaraf internasional dengan didukung tim kedokteran dan tenaga medis profesional.

Fasilitas Rekreasi

Tema pendidikan pun masuk ke dalam fasilitas rekreasi di Kota Baru Parahyangan. Hal ini terlihat dari adanya sebuah Sundial di dekat gerbang masuk Kota Baru Parahyangan. Gedung dengan ketinggian tidak kurang dari 20 meter ini berfungsi sebagai jam matahari baik vertikal maupun horisontal. Sundial merefleksikan spirit ilmu pengetahuan sebagai dasar kemajuan manusia di dunia. Didukung oleh Menteri Riset dan Teknologi, gedung ini dijadikan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPA IPTEK) Jawa Barat.

Fasilitas Jasa

Selain fasilitas fisik, Kota Baru Parahyangan memiliki fasilitas jasa yang di sebut Town Management. Town Management merupakan suatu departemen khusus yang mengatur seluruh aspek kegiatan perkotaan, dengan tujuan utamanya adalah membentuk suatu kota yang asri, aman, nyaman, terawat dan mampu meningkatkan nilai bagi penghuninya.

a. Pelayanan Konsumen/Penghuni (City Care)
City Care adalah suatu bagian yang mengurus tagihan, baik Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL), air bersih, maupun perawatan taman. Selain itu, telah direncanakan akan adanya transportasi di lingkungan Kota Baru Parahyangan (City Link), perbaikan yang bersifat teknik dirumah-rumah (Care Call), dan pasar.
b. Perawatan Lingkungan (Environtment Service)
Kualitas lingkungan yang bersih, perawatan taman, dan sarana pengangkutan sampah merupakan tugas pada bagian ini. Dengan adanya bagian perawatan lingkungan diharapkan tercipta suasana yang asri dan dan sehat bagi penghuninya.
c. Pengamanan (Protective Service)
Aspek keamanan merupakan salah satu hal yang mendapat perhatian khusus, sehingga gangguan keamanan yang akan terjadi dapat ditekan seminimal mungkin. Pada waktu mendatang juga akan dibentuk Satuan Pemadam Kebakaran (Fire Brigade).
d. Perawatan Fisik (Engineering Service)
Engineering Service bertugas untuk memastikan seluruh fasilitas umum (jalan, jembatan, gedung, lampu penerangan, dan lain-lain) bekerja dengan baik dan sempurna.
e. Perkotaan dan Masyarakat (Municipal Affair)
Subdepartemen ini bertugas untuk menyelaraskan sistem perkotaan saat ini dan mendatang, disana terdapat community development, building control, kemasyarakatan dan redevelopment department.

Dari penjelasan itu semua, sudah cukup membuktikan bahwa perumahan di Kota Baru Parahyangan memang berbeda dengan perumahan lainnya. Itu adalah usaha inovasi dari pengembang perumahan ini agar perumahan di Kota Baru Parahyangan bisa lebih edukatif dan rekreatif.

4 thoughts on “Kota Baru Parahyangan: Perumahan Berpendidikan

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s