Piala AFF: Memenangkan Hati Rakyat

Honestly, saya sudah tidak lagi menjadi penonton bola sejak ke bandung. Saya lebih suka jadi pemain daripada penonton. Namun berhubung yang main adalah Timnas Indonesia, ada euforia dalam dada untuk berteriak, beri dukungan, dan berdoa kepada Firman Utina dkk di Piala AFF.

Dan, sungguh luar biasa penampilan mereka. Tadinya saya cuma mengenal nama Christian Gonzalez, Firman Utina, Maman Abdurrahman, dan Markus Horison dalam starting line-up di pertandingan perdana kontra Malaysia. Sisanya, masih asing terdengar namanya. Namun, sungguh luar biasa, lima gol digelontorkan ke negeri Jiran tersebut. Dan ada satu nama yang membuat saya kagum: Arif Suyono yang bernomor punggung 14. *saya memang suka nomer empat belas =j* Sentuhan pertama pemain yang kerap disapa Keceng ini berbuah gol!

Irfan dan Arif (KOMPAS/Agus Susanto)

*umm, karena ngeliat foto Irfan Bachdim, jadi inget hadits riwayat Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutuk wanita yang menyambungkan rambut seorang wanita dan wanita yang minta disambungkan rambutnya, orang yang membuatkan tato dan orang yang meminta dibuatkan tato. (HR. Muslim; marfu’, mutawatir Nomor: 3965) na’udzubillah…*

Ketika melawan Laos, saya tidak nonton karena sedang perjalanan ke Garut untuk menghadiri pernikahan saudara. Hasilnya lebih menakjubkan: 6-0 untuk Tim Merah Putih (Arif kembali mencetak gol =j). Selanjutnya, Indonesia bentrok dengan Thailand di GBK. Saya nonton di Kamar E16 Asrama KP. Lagi-lagi Arif Suyono memberi andil di sana. Sepakannya memberikan hadiah penalti untuk Indonesia. Bepe sukses menjadi algojo saat itu dan Indonesia menang 2-1. Di semifinal, Indonesia ditantang Filipina. Dua kali tanding, Indonesia menang 1-0 lewat gol El Loco dan melaju ke babak final.

Akhirnya laga final, Tim Garuda kembali bertemu dengan Malaysia. Di Bukit Jalil, kita dibantai tiga gol tanpa balas. Dan baru saja dua hari yang lalu. Laga pamungkas piala AFF digelar di Jakarta. Tim Merah Putih mampu menjaga kesucian SUGBK dari kekalahan. Indonesia menang 2-1. Meski begitu, Indonesia gagal juara piala AFF karena agregat menunjukkan 2-4 untuk Malaysia. Kita pun hanya menjadi runner-up untuk keempat kalinya di Turnamen ini.

“Kami memang tidak juara, akan tetapi semoga kami mampu memenangkan hati rakyat Indonesia,” tulis akun twitter Bambang Pamungkas yang ditulis Kamis 30 Desember 2010. “Selamat pagi dan selamat beraktivitas.”

“Aku rindu persaudaraan di GBK, di mana tawa pemimpin kita dan pedagang asongan melebur jadi satu… sesuai semboyan bangsa… Bhinneka Tunggal Ika,” tulis Arif Suyono di akun Twitter miliknya @arifsuyono, Rabu (29/12/2010) malam beberapa menit usai pertandingan final leg kedua berakhir.

Ya, itulah indikasi kemenangan tim Indonesia. Ketika kita telah memenangkan hati setiap orang. Ketika tawa para pemimpin dan pedagang asongan melebur menjadi satu. Semuanya larut dalam perjuangan untuk mewujudkan peradaban yang lebih baik di Tanah Air tercinta!

Sama seperti dakwah ini. Kemenangan dakwah adalah kemenangan hati, bukan kemenangan posisi atau apapun yang lebih rendah dari itu! Semoga kita senantiasa mengingat ini dalam setiap perjuangan kita dalam mengusung panji Islam ini.

“And it is in the heart that all wars are won.” (Katara’s Grandma on The Last Airbender)

3 thoughts on “Piala AFF: Memenangkan Hati Rakyat

  1. siapapun yang mencetak gol yg penting tujuan kita satu yaitu perjuangan untuk tanah air….
    seperti dakwah untuk menuju kejayaan Islam kita rela menumpahkan segalanya baik itu darah, harta dan waktu meski nyawa sekalipun.
    tidak bedanya sepak bola dan dakwah yang didalamnya terdapat unsur yang satu yaitu amal jama’i….
    semangat terus garuda dan wujudkan mimpi besar bangsa kita…

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.