Bintang Generasi Pertama

Ketika ikut kuliah Astronomi dan Lingkungan bab Pengantar Astrobiologi bagian pertama (tentang Habitable Zone and Terraforming), saya semakin sadar, betapa banyak nikmat Allah yang diberikan-Nya kepada kita bahkan berjuta-juta tahun sebelum kita ada. Pada saat itu, sang dosen sedang menceritakan kisah bintang-bintang generasi pertama.

Dari suatu sumber di internet, saya mendapatkan bahwa bintang-bintang generasi pertama terbentuk sekitar 300 juta tahun setelah Big Bang dan dibakar oleh waktu di alam semesta selama 1 miliar tahun. Mereka memiliki ukuran yang sangat besar dan berotasi sangat cepat.

Gemintang yang tersusun dari hidrogen dan helium ini juga menghasilkan elemen lebih berat dalam proses konsumsi bahan bakar. Kira-kira elemen atau unsur inilah yang ada di inti bintang tersebut.



Ketika waktunya habis, bintang-bintang raksasa ini meninggal dalam ledakan yang memuntahkan elemen-elemen baru yang ditempa, ke ruang antar bintang. Unsur-unsur tersebut diwariskan ke generasi bintang kemudian.

Nah, unsur-unsur inilah yang turun ke Bumi setelah beratus-ratus tahun berputar mengelilingi luar angkasa. Al Quran mencatat bahwa salah satu unsur tersebut adalah besi.

“Wa anzalnal hadi-da fi-hi bi’sun syadi-duw wamana-fi’u linna-s. Dan Kami turunkan besi, untuk (mendapat) kekuatan yang sangat dan beberapa manfaat bagi manusia.” (QS. Al Hadiid: 25)

Ditambah lagi ada penjelasan bahwa besi memang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh Bumi maupun Matahari. Yang mampu hanyalah bintang yang lebih besar ukurannya dibanding Matahari, yaitu bintang-bintang generasi pertama.

Wow, Al Quran dan dunia sains tuh senada ya?
Dan itulah nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, yaitu sejak ratusan jutaan miliaran tahun sebelum kita lahir! Subhanallah walhamdulillah…

Pertanyaannya adalah sudah berapa bersyukurkah kita atas nikmat-nikmat ini?
astaghfirullah…

One thought on “Bintang Generasi Pertama

  1. pe,,,kuliah astronomi yg paling asik buat diambil yg astroling ini ya? ada pengamatan gak macam pake teleskop gitu? insyaAllah gw jg pengen ngambil kuliah di astronomi hehe

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s