Umur Matahari

Lanjutan dari kuliah Astronomi dan Lingkungan bab Pengantar Astrobiologi bagian Habitable Zone and Terraforming. Kali ini akan saya ceritakan kisah tentang bintang kita, yaitu Matahari.

Matahari lahir ke alam raya pada 4.5 miliar tahun yang lalu dan diperkirakan berumur hingga 6.5 miliar tahun lagi. Kira-kira seperti ini gambarannya:

Setelah 11 miliar tahun sejak kelahirannya, Matahari akan mengalami supernova dan melepaskan materi yang ada dikandungnya sehingga menjadi bintang katai putih.

Nah, sebelum supernova, matahari itu akan menjadi bintang merah raksasa. Disebut raksasa karena memang besar sekali sehingga merkurius dan venus tertelan. Perbandingan matahari sekarang dengan saat itu seperti ini:

Akibat tertelannya Merkurius dan Venus, maka Bumi akan menjadi planet yang paling dekat dengan matahari. Bahkan saking dekatnya, matahari akan berjalan ditepian matahari. Serupa dengan hadits berikut ini:

“Sesungguhnya matahari mendekat kepada manusia pada Hari Kiamat. Jarak dari mereka hanya satu mil. Ketika itu mereka dikenali sesuai amal masing – masing.” (HR. Bukhari)

Di hadits lain (yang tidak saya temukan redaksinya), matahari akan berada sejengkal di atas kepala kita. Mungkin itu akan terjadi saat matahari menjadi bintang merah raksasa. Bayangkan saja, saat itu langit akan tertutupi sepenuhnya oleh matahari.

sereem banget gak sih? merindiing…

Shadaqallah wallahu’alam

3 thoughts on “Umur Matahari

  1. subhanallah akh. sekarang sih kita bilang masih lama, triliunan tahun lg. tapi gimana nasib anak cucu kita ntar yang ngalamin ya? semoga udah ditemuin teknologi mutakhir.πŸ˜€

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s