Cerita KP #0: Pendahuluan

Mata Kuliah AR4098 Praktik Profesi (2 SKS) merupakan mata kuliah wajib di program studi Arsitektur ITB. Mata kuliah ini membahas profesi arsitek dan berbagai jenis profesi terkait, termasuk membahas etika profesi; menyiapkan peserta kuliah untuk melakukan magang praktik profesi; serta membahas laporan hasil magang praktik para mahasiswa.

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa memiliki wawasan tentang profesi arsitek dan profesi lain terkait dengan pendidikan arsitektur, memiliki pengalaman praktik nyata di salah satu profesi tersebut, dan memiliki beberapa pengetahuan tentang pengalaman praktik yang tidak dialami sendiri secara langsung yaitu pengetahuan didapat oleh rekan sesama mahasiswa peserta yang magang di tempat lain, dan sikap kritis dalam menghadapi pengetahuan dari dunia profesi.

Pada kesempatan praktik profesi ini, praktikan memilih untuk melakukan praktik profesi di Elang Group.

Berikut ini beberapa alasan mengapa praktikan memilih berpraktik di sini:

  1. Elang Group adalah sebuah perusahaan terpadu dalam bidang arsitektur, yaitu perusahaan yang memiliki berbagai macam jenis anak perusahaan. Ada yang bergerak sebagai developer and general contractor (PT Dwikarsa Semestaguna), serta ada yang bergerak sebagai urban planning, architecture, and development consultant (PT Bild Consultant).
  2. Meski begitu, praktikan lebih banyak melibatkan diri pada bagian developer. Tujuan dipilihnya developer karena praktikan berharap bisa belajar banyak mengenai konstruksi bangunan langsung dari lapangan, mulai dari manajemen konstruksi, konstruksi bangunan, hingga pemilihan jenis-jenis material.
  3. Apalagi proyek developer ini fokus pada perumahan. Hal ini pula yang menjadi tujuan praktikan, yaitu mengetahui hal-hal yang dibutuhkan untuk membangun perumahan. Kita ketahui bahwa perumahan merupakan kebutuhan primer manusia. Sampai kapan pun perumahan pasti dibutuhkan oleh setiap manusia. Maka dari itu, mempelajari isu perumahan adalah suatu investasi ilmu yang penting untuk masa depan.
  4. Elang Group merupakan didirikan oleh pemuda dengan prestasi hebat dalam bidang enterpreuneur, yaitu a Elang Gumilang (alumni SMA Negeri 1 Bogor). Prestasi beliau diantaranya: Juara 1 Wirausaha Muda Mandiri 2007 (dari PT. Bank Mandiri Tbk), Top Youth Entepreneur 2008 (dari Warta Ekonomi), Man of The Year 2008 (dari Jawa Pos Group), Pemuda Pilihan 2008 (dari TV One), International Good Company Award, Tokoh Pilihan 2009 (dari Majalah TEMPO), dan Most Promising Entrepreneur 2010 dari Asia Pasific Entrepreneur Award. Harapannya, praktikan bisa belajar enterpreneurship dan berprestasi di sini.
  5. Terakhir, a Elang dan a Nunu (Humas Elang Group) pernah bilang: “Reza nanti kalo udah lulus, kerja di sini aja.” Huahahaha *tawa kemenangan =p*

Tujuan praktikan memilih Elang Group sebagai tempat praktik profesi adalah:

  1. Mempelajari organisasi dan manajemen perusahaan developer
  2. Mempelajari proses dan metode kerja perusahaan developer
  3. Mendapatkan pengalaman bekerja bersama orang lain dari berbagai disiplin ilmu
  4. Menambah skill dan wawasan terkait arsitektur yang aplikatif langsung dari lapangan

Praktikan melakukan praktik profesi selama 8 pekan full-time sejak tanggal 8 Juni 2011 hingga 3 Agustus 2011. Waktu kerja Elang Group dimulai pukul 08.00 s/d 17.00, dengan briefing pagi setiap pukul 07.55-08.00, serta waktu istirahat pukul 11.30 s/d 13.00 dan 15.00 s/d 15.30. Sementara pada hari Jumat, waktu kerja hanya hingga pukul 15.00 karena setelah istirahat, ada pengajian rutin untuk semua karyawan.

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s