Preseden Bandara Antariksa

Spaceport America

Bangunan yang menjadi Bandara Antariksa komersial pertama di dunia ini bernilai 200 juta USD terletak di Las Cruces, bagian selatan New Mexico (yang berjuluk “the Land of Enchantment”), Amerika Serikat. Luasnya 27 square mile dengan landas pacu (runway) sepanjang 2 mil atau sekitar 3,2 kilometer.

Bangunan yang diarsiteki Foster + Partners ini memiliki bentuk bergelombang yang terlihat jelas baik dari lanskap maupun interiornya. Bentuk ini seolah ingin mengabadikan suatu drama dan misteri penerbangan antariksa, sekaligus menimbulkan sensasi perjalanan antariksa bagi para turis antariksa tersebut. Bentuknya juga seperti sedang terbaring rendah diantara gurun dengan bentuk organik yang mengikuti kontur lanskap.

Bangunan ini didirikan dengan membuat dampak seminimal mungkin terhadap lingkungan, konsep ini akan menjadi fasilitas utama dari bandara antariksa dan akan menjadi model untuk pembangunannya di masa depan. Selain itu, bangunan ini juga menggunakan bahan-bahan dan teknik konstruksi lokal, keduanya sustainable dan merespon terhadap lingkungan di sekitarnya.

Bangunan ini diatur dalam rencana yang sangat efisien dan rasional, karena diharuskan untuk memperhatikan dimensi pesawat antariksa.

Desain juga harus memperhatikan proporsi antara aksesibilitas dan privasi suatu ruangan. Ruang untuk astronot dan pengunjung sepenuhnya terintegrasi dengan seluruh bangunan agar tercipta kesan yang kuat tentang perjalanan antariksa. Zona yang lebih sensitif (seperti ruang kontrol) bisa dijumpai, tetapi memiliki akses terbatas. Pengunjung dan astronot masuk ke dalam gedung melalui koridor panjang yang masuk ke dalam lanskap. Dinding penahannya membentuk suatu ruang pameran yang merekam sejarah dari daerah tempat bandara ini berada dan riwayat para astronot, di samping sejarah eksplorasi ruang angkasa itu sendiri. Bila kita menarik garis linier, kita akan menemukan ‘superhangar’ -tempat pesawat antariksa- melalui gedung terminal.

Bandara ini dirancang untuk mengandung seminimal mungkin karbon dan sesedikit mungkin tambahan energi, skemanya telah didesain untuk mencapai akreditasi LEED Gold yang prestisius. Bentuk yang merebah dan masuk ke dalam lanskap untuk memanfaatkan thermal mass, menahan bangunan dari iklim ekstrem New Mexico serta menangkap angin barat untuk ventilasi. Cahaya alami masuk melalui skylight. Fasad kaca yang disediakan untuk bangunan terminal, membangun sebuah platform untuk pemandangan ke arah landasan.

Foto-foto:

sumber

One thought on “Preseden Bandara Antariksa

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s