Hanya Kuot

Cuma pengen nulis dua kuot yang saya dengar dari pilem. Simpel aja, karena saya suka perbintangan dan bajak laut.

Pertama, percakapan antara Dr. Alan Grant dengan Erik di Jurassic Park III, kalo gak salah setelah lolos dari sangkar burung purba trus naik kapal kecil di sungai.

Dr. Grant: “I have a theory that there are two kinds of boys. There are those that want to be astronomers and those that want to be astronauts. The astronomer, or the paleontologist, gets to study these amazing things from a place of complete safety.”
Erik: “But then you never get to go into space.”
Dr. Grant: “Exactly. That’s the difference between imagining and seeing: to be able to touch them…”

Intinya bahwa seorang astronom hanya studi (terlalu sempit bila diterjemahkan ‘belajar’) berbagai macam benda yang menakjubkan dari tempat yang aman sentosa sejahtera. Sedangkan seorang astronot benar-benar pergi ke tempatnya berada dan bisa menyentuh benda tersebut saat itu juga. Pasti ada perbedaaan antara membayangkan dan melihatnya secara langsung.

Umm, saya rasa, itu jua yang musti dilakukan oleh seorang arsitek: harus ke tempatnya langsung. Meski seorang arsitek dilatih untuk membayangkan suatu ruang, tetapi seorang arsitek tidak bisa hanya membaca literatur atau mendengar cerita saja.

Dr. Alan hanya membahasakannya dengan lebih puitis sahaja. haha =j

Kedua, ada lagi kuot yang saya suka dari Pirates of The Carribean. Terucap dari seorang William Turner, suksesor kapal The Flying Dutchmann dari Davy Jones, kepada istrinya Elizabeth Swann, suksesor Sao Feng sekaligus King of the Brethren Court (padahal cewek, kok ‘King’?).

Turner: “Keep a weather eye on the horizon.”

Yah, ini maksudnya agar si Elizabeth menanti kedatangan Will. Berhubung si Will ini perompak yang cuma 1 hari di darat dan 10 tahun di laut, jadinya tanda penantian itu cuma bisa diketahui dengan senantiasa melihat garis cakrawala yang terbentuk antara langit dan laut.

Saya juga suka melihat cakrawala (dan langit tentu saja) untuk menunggu kedatangan sebuah(?) bintang terbit dari sana. Ah, di zaman sekarang ini, mau lihat bintang aja susah banget. Sampai sekarang belon pernah liat Bimasaksi secara langsung nih…

Btw, setelah liat film Pirates of the Carribean, saya jadi pengen liat cakrawala yang berpendar hijau kala sang surya kembali ke peraduannya. Kapan ya? hehe =j

-tamat-

‎”By the sweat of our brows, the strength of our backs, and the courage of our hearts, gentlemen, hoist the colors.” (Captain Swann, King of Brethren Court)

One thought on “Hanya Kuot

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s