Just Landed on the Moon

wah, ga sengaja dapet link ke web ini, ternyata hontou sugoi sugoi sugoi =j

website yang dibuat pada 2009 lalu dalam rangka memperingati 40 tahun misi Apollo 11 untuk mengirim manusia (Neil Armstrong, Michael Collins, and Edwin “Buzz” Aldrin Jr.) ke bulan ini mengajak kita untuk sedikit merasakan apa yang dialami oleh para astronot legendaris tersebut ketika menjalan proyek Gemini pada tahun 1960an.

yah, menurut saya termasuk berhasil menghadirkan kembali peristiwa bersejarah tersebut, meski hanya sebatas audiovisual saja.

dalam situs tersebut kita diajak untuk meluncur bersama Apollo 11 menuju bulan. kita “mendampingi” spacecraft tersebut dari luar, karena hanya beberapa sesi saja yang mengambil perspektif dari dalam kapal ke luar kapal, sisanya kita hanya melihat tahapan-tahapan peluncuran dari sang pesawat.

berawal dari lepas landas di belahan Bumi, lalu mengikuti arah dan kecepatan rotasi Bumi, keluar dari atmosfer Bumi (ke semuanya dilakukan sembari melepaskan mesin-mesin pendorong spacecraft yang telah habis bahan bakarnya).

kemudian mesin pendorong terakhir (yang paling ujung) terlepas, berputar arah, dan terpasang kembali untuk menarik kokpit para astronot, lalu membawanya ke atmosfer Bulan.

tak lama kemudian, mesin tersebut melepaskan para astronot hingga mendarat ke Bulan.

stage terakhir setelah itu adalah kembali ke Bumi. kalo boleh saya tebak, ketika mencapai atmosfer Bumi si kokpit pembawa astronot ini terjun bebas, lalu menggunakan parasut sampai akhirnya tercemplung di lautan (karena memang diperhitungkan agar jatuh di air). jadi aman deh. hoho =p

yah begitulah kisah mereka. saya kagum dengan pak Kennedy yang sangat visioner jauh ke depan. meski mungkin Amerika Serikat saat itu masih dikeroyok berbagai masalah, tetapi masih menyempatkan diri mereka untuk menggelar misi akbar ini.

karena satu langkah kecil bung Amstrong di bulan adalah satu langkah besar bagi kemanusiaan di seluruh dunia.

“We choose to go to the moon in this decade and do the other things, not because they are easy, but because they are hard, because that goal will serve to organize and measure the best of our energies and skills, because that challenge is one that we are willing to accept, one we are unwilling to postpone, and one which we intend to win.”
-John F. Kennedy-

P.S. eh, ternyata dapet sertifikat mendarat di bulan lho. hehe =j

One thought on “Just Landed on the Moon

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s