Shaum 2x dalam 1 Hari

Cuma di Ramadhan, sekitar jam 20.00-20.30 WIB, banyak orang berjalan menggenakan sarung dan peci, atau mukena, berbondong-bondong. Ya, mereka baru saja menegakkan malam Ramadhan dengan shalat Tarawih. Ini akan menjadi syiar yang dahsyat bagi mereka yang asik dalam kesibukan dunia, yah misalnya berbocengan dengan lawan jenis yang belum halal baginya, atau orang-orang yang nongkrong tanpa jelas juntrungannya sembari menghisap ‘Tuhan 9 Senti’-nya.

Cuma di Ramadhan, mendadak belasan orang menjadi pengusaha dadakan mulai jam 17.00. Berbagai macam suguhan yang menggiurkan mereka jejerkan di sekitar pusat massa. Yah, semoga saja niat utamanya adalah memberi makan orang yang berpuasa, karena pahala yang akan diterima sangatlah besar. Apalagi bila kita ngasih ke ustadz yang shalihnya luar biasa.

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Coba bayangkan bila seorang yang membeli makanan yang kita jual, maka kita akan mendapatkan pahala shaum orang tersebut, sehingga kita seolah berpuasa dua kali dalam sehari. Itu baru satu orang, bagaimana bila yang beli ada 10 orang, 15 orang, 50 orang, 100 orang? Semoga saja pahala mereka mengalir pada kita.

Bahkan lebih jauh lagi, kita berpeluang mendapatkan doa dari orang-orang tersebut, karena memang dianjurkan mendoakan orang yang memberi makanan kepada kita.

“Allahumma ath’im man ath’amanii wa asqi man asqoonii. Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku.” (HR. Muslim no. 2055)

Oleh karena itu, yuk kita ikhtiarkan untuk mencoba menjadi pemberi ta’jil (jangan cuma jadi PPT: Para Pencari Ta’jil. hehe…) Sungguh, dengan sebutir kurma saja, insya Allah kita sudah bisa mendapatkan keutamaan yang telah disebutkan di atas. Allahu a’lam…

One thought on “Shaum 2x dalam 1 Hari

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.