Pilgub Jabar

Awal tahun 2013 tak pelak akan diramaikan oleh pelaksanaan pilgub Jabar. Meski waktu kampanye belum resmi dibuka, spanduk dan baligho yang bergambar kelima pasangan calon sudah mulai menghiasai tiap sudut kota di tanah pasundan tersebut. Pasangan tersebut ialah:

  1. Dikdik Mulyana Arief Mansur dan Cecep Nana Suryana Toyib
  2. Irianto MS Syafiuddin dan Tatang Farhanul
  3. Yusuf Macan Effendi dan Lex Laksamana
  4. Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar
  5. Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki

Dari kelima pasangan tersebut, ada dua nama cagub yang tidak asing lagi, terutama bagi para penonton setia layar televisi. Mereka, bersama puluhan artis lainnya, ikut-ikutan banting stir mencari peruntungan di percaturan politik Indonesia.

Sungguh mengkhawatirkan, padahal Jawa Barat memiliki posisi dan peran yang sangat sangat strategis bagi Indonesia. Penduduk Jabar saat ini mencapai 44.2 juta jiwa, hal itu menunjukkan besarnya potensi Jabar, karena itu berarti penduduk Jabar adalah seperlima penduduk Indonesia. Apalagi secara geografis kawasan Jabar berdekatan dengan ibu kota Indonesia, DKI Jakarta.

Singkatnya, Jabar adalah indikator kemajuan Indonesia: maju mundurnya Indonesia, ditentukan oleh Provinsi Jawa Barat. Dengan kata lain, kalau Jawa Barat miskin, berarti Indonesia miskin. Begitu pula sebaliknya, kalau Jawa Barat kaya, maka Indonesia juga kaya.

Fakta menunjukkan bahwa kondisi Jabar saat ini ialah angka pengangguran dan korupsi turun, tingkat kesehatan masyarakat naik, pendidikan merata, dan kualitas infrastruktur pun meningkat. Sangat disayangkan bila pencapaian pemprov Jabar dalam kurun hampir lima tahun terakhir tersebut, kembali hilang tak berbekas. Jadi, butuh pemimpin yang kredibel dan terbukti melayani, untuk menjadi Gubernur Jabar ini.

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s