Jawa Barat Meningkatkan Perekonomian Rakyat

Tulisan kali ini masih membahas tentang kepedulian pemerintah provinsi Jawa Barat untuk Memajukan Kesejahteraan Umum sesuai amanat preambule UUD 1945 alinea ke, tetapi bidang yang akan dikupas adalah Ekonomi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya aspek yang harus dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, bahkan sebenarnya setelah ini ada lagi, yaitu mengenai infrastruktur di Jawa Barat.

Ekonomi adalah hal penting yang menjadi indikasi kesejahteraan rakyat. Bila ekonomi (daya beli) rakyat baik, tak peduli seberapa besar kenaikan harga barang-barang, insya Allah rakyat akan mampu menjangkaunya untuk kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Jawa Barat, dalam waktu 2 tahun 4 bulan saja, Pemrpov Jabar berhasil merealisasikan janji pembukaan 1 juta lapangan kerja di sektor perdagangan, pertanian, perkebunan, kehutanan, rumah makan dan jasa akomodasi, serta sektor industri.

Beberapa caranya antara lain dengan menyediakan 2.102 sarana perdagangan di pasar modern dan 3.442 sarana perdagangan di toko modern, memfasilitasi kompetensi SDM bidang perdagangan sebanyak 600 orang, merevitalisasi 8 pasar tradisional, dan menertibkan 64.021 unit SIUP. Jumlah yang besar ya. Kalau masih ada yang merasa bahwa Pemprov Jawa Barat tidak melakukan apa-apa selama 5 tahun belakangan ini, tentu sangat aneh kan?

Selain itu, Pemprov Jawa Barat juga sangat peduli dengan para pengusaha, terutama pengusaha kecil, lebih khusus lagi dari golongan wanita. Buktinya adalah Pemprov Jabar telah memfasilitasi standardisasi mutu produk industri rumah tangga dan industri kecil. Kemudian, menyalurkan Bantuan Sosial untuk koperasi wanita dan kelompok wanita produktif, serta bekerjasama dengan Bank Jabar-Banten dalam memfasilitasi penyaluran Kredit Cinta Rakyat (KCR) bagi pengusaha kecil. Juga mengembangkan industri kreatif berbasis teknologi informasi dan menumbuhkan 100 orang pengusaha baru di bidang teknologi informasi.

Ketika kepala daerah di tempat lain ingin mendapatkan penghargaan dengan cara menyuap, beda dengan Pemprov Jabar. Pemerintah di provinsi tersebut hanya melakukan kerja, kerja, dan kerja sesuai kemampuan yang ada, tanpa memperdulikan penilaian dari siapapun.

Oleh karena kinerja terbaik tersebut, Bapak Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat saat ini) mendapatkan sedikitnya penghargaan di bidang Ekonomi, yaitu: REGIONAL CHAMPION dari Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) RI tahun 2010 sebagai salah satu dari tujuh provinsi unggulan dengan iklim investasi terbaik, serta Penghargaan sebagai kepala daerah terbaik dalam pengembangan kewirausahaan dari Menteri Negara UKM RI tahun 2011.

Mengetahui itu semua, membuat saya merasa lega karena di negeri ini masih ada orang-orang yang tulus bekerja untuk bangsanya. Dalam diam, mereka terus memperbaiki negeri ini dengan melakukan yang terbaik dalam peran-perannya. Maka, percayalah kebangkitan Indonesia bukan sekedar mimpi…

Semangat untuk terus bekerja membangun bangsa!

One thought on “Jawa Barat Meningkatkan Perekonomian Rakyat

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s