Infrastruktur yang Kuat di Jawa Barat

“Don’t judge a book by its cover”

Idiom inggris di atas memang mengajarkan kita bahwa pada dasarnya memang konten seyogyanya dapat perhatian lebih daripada sampul. Begitu juga dengan pembangunan, yang terpenting adalah pembangunan nilai dan moral. Namun, tak diragukan lagi, pembangunan fisik memiliki pengaruh yang cukup besar kepada pembangunan nilai dan moral tersebut.

Bila infrastruktur baik, maka proses penyejahteraan rakyat akan semakin baik dilaksanakan. Bayangkan bagaimana bantuan kesehatan dan pendidikan dapat diterima oleh masyarakat di pedalaman yang belum tersentuh oleh jalan dan jembatan yang memadai?

Maka dari itu, untuk menjalankan amanat dari Undang-Undang Dasar 1945 yaitu Memajukan Kesejahteraan Umum sekaligus Melindungi Segenap Bangsa Indonesia dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia, pemprov Jawa Barat melakukan realisasi anggaran terbesar yang tercatat pada tahun 2010, yaitu lebih dari 522 milyar rupiah atau meningkat hampir 6 kali lipat dari realisasi anggaran tahun 2007.

Untuk tahun yang sama, pemprov Jabar juga merehabilitasi jalan dan jembatan hingga hampir menyentuh angka 293 milyar rupiah atau meningkat 179,3% dari realisasi anggaran tahun 2007. Rehabilitasi tersebut termasuk jalan pantai utara Jawa, yang kini sudah mulus. Padahal sebelum periode pemerintahan provinsi kali ini, jalan tersebut sangat kurang baik kondisinya. Silakan tanyakan kepada supir-supir truk distribusi besar, mereka lah yang paling merasakan dampak perbaikan jalan tersebut.

Dan tak kalah hebatnya, dalam kurun waktu 2008-2011 tercatat pembangunan jalan Lingkar Sukabumi dan Waduk Darma, peningkatan jalan sepanjang 352,44 km, dan penggantian jembatan sepanjang 463,9 m. Serta jangan lupa, pembangunan lingkar Nagreg untuk mengatasi kemacetan lalu lintas pada koridor tengah Jawa.

Sehingga totalnya, pemprov Jabar melakukan rehabilitasi jalan sepanjang 613.697 km, dan rehabilitasi jembatan sepanjang 2.565,1 km.

Atas kerja keras itu semua, sudah sepantasnya bila Bapak Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat saat ini) mendapatkan penghargaan dari Kementerian PU (Pekerjaan Umum) RI atas pembangunan infrastruktur Bina Marga.

Mantap pisan, teruslah berprestasi, Jawa Barat!

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s