Jawa Barat yang Cerdas

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia…”

Sengaja saya ulang teks preambule UUD 1945 di atas, agar kita kembali apa saja seharusnya yang dilakukan oleh pemerintah kita, termasuk pemerintah daerah, dalam menjalankan roda kepemimpinannya.

Untuk kesempatan kali ini, saya akan sedikit membahas tentang kepedulian pemerintah provinsi Jawa Barat untuk turut Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dengan memberi perhatian pada program-program pendidikan.

Dalam kurun hampir lima tahun terakhir ini, provinsi Jawa Barat berhasil melakukan pembangunan 12.000 Ruang Kelas Baru (RKB) dan mengembangkan sarana dan prasarana SLB dengan anggaran melebihi Rp 31 milyar.

Kemudian, pemprov Jabar pun ikut andil dalam meningkatkan penyelenggaraan pendidikan nonformal dengan anggaran hampir menyentuh 15 milyar rupiah dan meningkatkan pelayanan PAUD, KF, Paket B, dan Paket C dengan anggaran lebih darri 9 milyar rupiah.

Sedangkan untuk bantuan dana, pemerintah Jawa Barat menyiapkan anggaran melebihi Rp 1,5 trilyun untuk BOS kepada 15.989.454 siswa SD/MI, 6.418.727 siswa SMP/MTs, dan 2.275.383 siswa SMA/SMK. Serta memberi beasiswa bagi siswa SMA/SMK dan mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu dengan anggaran hampir mencapai RP 160 milyar.

Atas kerja keras itu semua, sudah sepantasnya bila Bapak Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat saat ini) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan Nasional RI atas kepedulian dan kinerja yang tinggi dalam percepatan pemberantasan buta aksara (tahun 2009) dan pendidikan inklusif (tahun 2011).

Karenanya, saya berharap semoga warga Jawa Barat bisa cerdas dan membawa perubahan bagi bangsa!

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s