Fakta Mengejutkan

Sebuah fakta mengejutkan bahwa penyusun kehidupan di Bumi, atom penyusun tubuh manusia, berasal dari unsur ringan (hidrogen, helium) yang diubah menjadi unsur-unsur berat melalui reaksi fusi nuklir di inti bintang.

Bintang-bintang ini, jika menjadi tidak stabil di masa-masa akhir hidupnya, akan runtuh dan meledak; menghamburkan atom-atom di dalam bintang ke seluruh penjuru galaksi.

Menghamburkan karbon, nitrogen, oksigen, dan bahan-bahan lain pembentuk kehidupan. Bahan-bahan ini mengumpul membentuk gumpalan gas yang memampat menjadi bola-bola kecil membentuk cikal-bakal tata surya (matahari dan planet-planet yang mengelilinginya). Dan planet-planet ini kini memiliki bahan pembentuk kehidupan.

Jadi, saat kutatap langit malam, aku tahu bahwa kita adalah bagian dari alam semesta ini. Tetapi, mungkin yang lebih penting dari semua itu adalah fakta bahwa alam semesta ada di dalam diri kita.

Saat aku merenung pada fakta tersebut, aku melihat banyak orang yang merasa kerdil, karena mereka kerdil sedangkan alam semesta itu besar. Beda dengan mereka, aku merasa besar karena atom-atom dalam diriku berasal dari bintang-bintang di sana. Ada suatu hubungan di sana.

Sungguh, itulah yang kau inginkan dalam hidup; kau ingin merasa terhubung, kau ingin merasa tertaut, kau ingin merasa menjadi sebuah peserta dalam aktivitas-aktivitas di sekitarmu. Itulah persisnya diri kita, benar-benar menjadi hidup.

[Neil DeGrasse Tyson]

Dan tahukah, kawan, bahwasanya salah satu unsur yang meledak dari bintang generasi pertama itu ialah besi (Fe)?

Al Quran pun menjelaskan, bahwa setelah berputar-putar selama jutaan tahun di angkasa, besi (Al Hadid) diturunkan ke Bumi. Yap, diturunkan, bukan diciptakan. Karena ternyata Bumi tidak bisa menciptakan besi dari tubuhnya secara alamiah.

Dan unsur itu pula lah yang terdapat dalam tubuh kita, yaitu zat besi. Jadi, memang alam semesta ada dalam diri kita.

DNA, manusia, planet, dan gemintang ber-thawaf (revolusi) ke arah yang sama, tepatnya berlawanan dengan arah jarum jam. SubhanaLlah, fakta mengejutkan itu adalah diri kita ini adalah miniatur alam semesta.

Allahu a’lam…

One thought on “Fakta Mengejutkan

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s