Konten Syi’ar Rohis/DKM Sekolah

Setelah sebelum-sebelumnya saya menulis tentang konsep-konsep dan metode-metode syi’ar untuk Rohis/DKM sekolah, saya merasa perlu untuk menulis mengenai konten syi’arnya. Penentuan konten ini sangat penting, karena meski semua ajaran Islam itu penting mulai dari gimana mengurus negara dan masyarakat hingga menyisir rambut ataupun menggunting kuku, hanya saja perlu ada prioritas yang harus disampaikan kepada objek da’wah Rohis/DKM.

Saya biasa membagi konten syi’ar menjadi dua macam, yaitu: konten yang sifatnya mengoptimalkan momentum dan konten yang sifatnya tetap (tak berubah-ubah). Untuk konten yang mengandalkan momentum (misalnya: 1 Muharram mensyi’arkan perubahan/hijrah menjadi lebih baik), tujuannya agar daya sentuhnya lebih masif. Sekali saja, tapi ledakannya dahsyat. Sedangkan yang sifatnya tetap itu sebagai konten default yang terus-menerus, tidak ada momentum apapun Rohis/DKM tetap melakukan syi’ar mengenai hal itu secara kontinyu.

Setidaknya ada 2 alasan dari sudut pandang objek da’wah mengapa setiap Rohis/DKM harus memiliki konten syi’ar yang tetap:

  • Konten da’wah yang terlalu banyak dan berubah-ubah bisa membuat para siswa kebingungan, karena terlalu banyak informasi yang didapat. Untuk itu, Rohis/DKM perlu memilih dan memilah konten da’wah dari yang paling penting dan genting.
  • Konten da’wah yang sama, bila disyi’arkan secara terus menerus akan lebih mudah membuka hati dan pikiran siswa sekolah untuk menerima da’wah sehingga mereka mau untuk berubah menjadi muslim yang kaffah.


Jadi, ini dia konten-konten syi’ar yang perlu dinuansakan oleh Rohis/DKM di sekolahnya masing-masing:

  1. Ayo Mentoring!
    Ketika beliau keluar, tiba-tiba beliau dapati para sahabat dalam halaqah (lingkaran). Beliau bertanya, “Apakah yang mendorong kalian duduk seperti ini?” Mereka menjawab, “Kami duduk berdzikir dan memuji Allah atas hidayah yang Allah berikan sehingga kami memeluk Islam.” Maka RasuluLlah bertanya, “Demi Allah, kalian tidak duduk melainkan untuk itu?” Mereka menjawab, “Demi Allah, kami tidak duduk kecuali untuk itu.” Maka beliau bersabda, “Sesungguhnya saya bertanya bukan karena ragu-ragu, tetapi Jibril datang kepadaku memberitahukan bahwa Allah membanggakan kalian di depan para malaikat.” (HR. Muslim)
    Setiap syi’ar Rohis/DKM selayaknya harus berujung pada terekrutnya para siswa ke dalam kelompok mentoring, karena di mentoring seorang siswa akan dibina secara intensif sehingga terbentuk kepribadian seorang muslim sejati.
  2. Ayo Ngaji Tiap Hari!
    “Aku telah tinggalkan pada kamu dua perkara. Kamu tidak akan sesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya.” (HR. Malik, Al Hakim, Al Baihaqi, Ibnu Nashr, Ibnu Hazm)
    Al Qur-an adalah sumber hukum Islam yang utama sehingga mendekatkan para siswa di sekolah pada Kitab Suci ini merupakan hal yang prioritas. Tidak perlu ODOJ (One Day One Juz), untuk siswa umum itu yang penting mereka pernah membaca Qur-an dalam 1 hari, meski hanya 1 ayat. Makanya, yang diserukan cukuplah ANTH (Ayo Ngaji Tiap Hari).
  3. Ayo Teladani Nabi!
    “Sesungguhnya pada diri RasuluLlah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” (QS. Al Ahzab: 21)
    Saat ini para siswa krisis keteladanan, sampai-sampai harus mengidolakan orang-orang yang tidak layak dicontoh. Padahal pernah ada manusia paripurna di muka Bumi ini, bahkan sertifikat langit telah menjaminnya, yaitu: RasuluLlah saw. Maka, syi’ar tentang sirah haruslah rutin dilakukan oleh Rohis/DKM di sekolah-sekolah.
  4. Ayo Back to Masjid!
    “Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah SWT pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya… Seorang yang hatinya selalu terikat pada masjid…” (HR. Bukhari)
    Mari bersama-sama menjadi orang yang terikat hatinya dengan masjid agar mendapat naungan Allah SWT. Ajakan untuk shalat berjamaah kepada para siswa menjadi sesuatu yang utama untuk memakmurkan masjid sekolah. Back to masjid bisa juga jadi senjata ampuh untuk mendekatkan kelas XII kepada Allah, karena mereka akan menempuh ujian nasional yang biasanya agak horror bagi mereka.

Itu dia konten syi’ar yang bisa dilakukan oleh Rohis/DKM sekolah secara terus-menerus sepanjang tahun. Semoga bisa jadi hidayah sebanyak-banyaknya siswa untuk jadi lebih baik di mata Allah. Amiin…

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s