Orion-Canis Major dan Scorpius

Ada apakah dengan rasi Orion-Canis Major dan rasi Scorpius? Ini gak tau sih secara presisi bener atau ngga, tapi yang pasti setiap saya pulang dari masjid abis shalat maghrib atau isya, selalu rasi Orion-Canis Major dan rasi Scorpius menghadap ke arah kiblat. Jadi ini pengamat empiris aja yak, gunanya hanya sebagai pengira-ngira saja, bukan penunjuk pasti. Dan menurut saya sih sangat membantu, terutama pas kemah di alam terbuka yang tidak ada sinyal (dengan catatan langit cerah ya).

Untuk itu, yuk kenalan sama rasi Orion-Canis Major dan rasi Scorpius. Pertamax dengan rasi Orion-Canis Major ya. Kenapa digabung? Karena awalnya saya hanya mengamati rasi Orion saja, ternyata sabuk Orion kurang lebih menunjuk arah kiblat. Tapi kalo lagi ga deket masjid, malah bingung ke arah yang sebelah mana. Nah, pas ketemu dengan rasi Canis Major dengan Sirius sebagai bintang alpha-nya, jadi ga bingung lagi. Karena arah kiblat itu adalah arah yang berlawanan dengan arah Sirius kalo dilihat dari sabuk Orion. Jelasnya, coba lihat gambar di bawah:

Lihat 3 bintang yang berjejer di rasi Orion kan? Nah, kalo kita tarik garis ke kiri, akan nyampe ke bintang paling terang di rasi Canis Major. Itulah bintang Sirius. Kalo Sirius ada di sebelah kiri (dalam kasus gambar di atas), berarti arah kiblat kurleb ada di sebelah kanan. Gitu lho maksudnya.



Orion adalah sebuah rasi bintang yang digambarkan sebagai seorang pemburu yang sedang mengacungkan senjatanya. Kira-kira seperti gambar di atas lah bentuknya. Walaupun ada yang menggambarkan kalo tangan satunya sedang memegang tameng. Orion punya bintang α: Betelgeuse (ada di bahu kanan), bintang β: Rigen Rigel (ada di kaki kiri), dan bintang γ: Bellatrix (ada di bahu kiri). Yang menarik adalah banyak nama bintang di rasi Orion ini dengan menggunakan bahasa Arab. Apakah artinya itu sumbangsih dari ilmuwan muslim di Arab? Saya belum ngecek sih.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, rasi Canis Major digambarkan sebagai anjing besar (kalo anjing kecil itu rasi Canis Minor) pengikut dari Orion sang pemburu. Dan bintang α-nya adalah Sirius, bintang paling terang di langit malam. Di Al Qur-an menyebut bintang Sirius dengan bintang Syi’ra.

“Dan bahwasanya Dialah yang Tuhan (yang memiliki) bintang Syi’ra,” (TQS. An Najm: 49)

Allah mengenalkan diri-Nya sebagai Tuhan yang memiliki bintang Syi’ra. Bintang Syi’ra disembah pada zaman jahiliyah karena paling terang, padahal bintang Syi’ra hanyalah salah satu makhluk Allah. Jadi, harusnya Allah-lah satu-satunya yang patut disembah.

Kalo di novel Harry Potter, Sirius adalah teman James Potter, ayah Harry. Sirius Black adalah seorang animagus yang bisa mengubah dirinya menjadi anjing (sesuai bentuk dari rasi Canis Major). Sedangkan sepupu Sirius, Bellatrix (Lestrange) adalah bintang di rasi Orion.

Rasi kedua yang akan kita bahas adalah rasi Scorpius, si kalajengking. Rasi Scorpius adalah salah satu rasi bintang yang menonjol di langit selatan dan termasuk rasi yang dilewati oleh garis edar semu matahari. Kita bisa langsung bisa mengidentifikasi rasi ini karena bentuk melengkung ekor yang sangat jelas, serta adanya kepala dan 2 capit di bagian depan. Ditambah lagi dengan bintang α-nya, Antares yang berwarna merah terang, berada di jantung rasi ini. Saya waktu pertama kali ditunjukin rasi Scorpius langsung tercengang dan tertakjub-takjub lho: “Kok bisa ya, orang zaman dulu berimajinasi kayak gini?”

Satu fakta kecil yang menarik adalah rasi Scorpius dan rasi Orion tidak pernah berada pada langit secara bersamaan. Karena kalo rasi yang satu terbit, rasi yang lain akan tenggelam. Jadi, kita cuma bisa pake salah satu rasi tersebut untuk menentukan arah kiblat. Yang perlu diingat adalah arah tersebut hanya sebagai panduan saja, karena pasti tidak presisi. Konklusi ini didapat dari pengamatan secara empiris pas pergi atau pulang shalat di masjid.

Semoga bermanfaat. Allahu a’lam.

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.