Water Feature

Kali ini mau bahas 1 desain yang saya bikin di sebuah taman dalam suatu cluster perumahan, yaitu water feature. Dan ada 2 hal yang ingin dibahas mengenai elemen lansekap tersebut, pertama tentang proses kreasinya dan kedua tentang gambar detail.

Ide utama dari desain ini adalah bentuknya segitiga dan keseimbangan asimetris. Penggunaan geometri segitiga memang lazim dipakai oleh kantor saya. Hampir semua desain menggunakan segitiga yang sudutnya di-fillet jadi kurva. Kadang tiap sisinya dibuat cembung, kebetulan desain water feature ini menggunakan yang sisinya cembung. Jadi, semua garis dalam segitiga ini melengkung, tidak ada yang lurus.

Kalau seimbang yang tidak simetris memang digunakan karena water feature ini ingin jumlahnya dibuat ganjil, yaitu tiga. Maksud dari seimbang atau balance adalah kesan yang sama ‘berat’ antara bagian kiri dan kanan komposisi, sedangkan simetris adalah penyebaran bentuk yang merata di sekitar garis sumbu atau titik tengah. Sedangkan keseimbangan asimetris adalah keseimbangan yang tidak sama bentuknya antara kiri dan kanan, namun tetap mempunyai kesan seimbang. Untuk lebih jelas, sila baca buku ‘Bentuk, Ruang, dan Tatanan’ karya Francis DK Ching.

Nah, 3 segitiga yang asimetris itu didesain dari angka-angka Fibonacci. Percaya gak? Hanya saja, proses mendesainnya itu sudah saya hapus, dan sekarang pas mau coba untuk bikin lagi, udah lupa caranya. Hehe. Intinya, saya bikin segitiga yang kanan dan kiri itu dari angka-angka Fibonacci, terus di-rotate. Kalo yang tengah ada 1 sudutnya yang saya geser supaya lebih asimetris. Jadi deh! Hasilnya bisa dilihat di gambar denah di bawah ini:

Gambar detail itu harus ada gambar Denah, Tampak, Potongan, dan Detail dari sebuah komponen lansekap. Dan harus ada yang skalanya 1:5 atau 1:10 atau 1:15, skala 1:20 aja belum bisa dianggap detail lho. Untuk informasi yang jelas, dalam gambar detail harus ada info ketinggian/level, dimensi/ukuran, material yang dipakai, notasi tampak/elevasi, garis potongan, dan kotak untuk gambar detail.

Pada gambar di atas, terlihat Denah, Tampak, dan Detail untuk tampak. Dan yang jadi point dalam detail adalah pola pemasangan material. Material yang dipakai adalah batu granit, dengan finish polish, warna hitam, dan ukuran panjang 400mm lebar 200mm tebal 20mm (kecuali coping tebal 30mm). Udah standar sih, kalau water feature pasti pake material batu alam berwarna gelap dengan finish di-polish. Gambar tampak dibuat untuk menunjukkan bagaimana wujud water feature saat jadi nanti, sedangkan gambar potongan dibuat untuk bagaimana cara water feature ini dibuat. Cek gambar di bawah ini ya:

Gambar kedua ini terdapat gambar Potongan dan Detail untuk potongan. Gambar Potongan menginformasikan gambaran utuh pembuatan water feature, mulai dari substructure hingga superstructure, serta material dan cara pemasangannya ke struktur. Pada desain ini, substructure-nya menggunakan agregat B, pasir yang dipadatkan, dan pelat beton. Superstructure-nya menggunakan dinding beton. Material finishing-nya menggunakan batu alam dengan pemasangan menggunakan mortar. Gambar Detail untuk potongan ini menjelaskan gambar dan dimensi/ukuran yang lebih rinci. Dan dengan skala 1:10, lebih jelas terlihat bagaimana ‘lapisan-lapisan’ pada water feature dibuat.

Itu aja postingan kali ini dari saya. Btw, gambar yang di-upload ini bukan desain terupdate ya, sengaja supaya bukan spoiler dan menjaga kerahasiaan perusahaan. Semoga bisa jadi pembelajaran, terutama untuk mahasiswa arsitektur/arsitektur lansekap untuk membuat desain atau gambar detail.

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.