Paranormal Experience

Saat ini di dunia Youtube, sedang marak konten-konten tentang Paranormal Experience. Gegara ada artis yang bikin hal tersebut di channel Youtube-nya. Memang pada awalnya orang-orang yang cerita tuh sebagai korban yang tidak sengaja melihat atau mendengar hal-hal ghaib. Tetapi, sekarang jadi banyak yang sengaja berburu jin. Dulu memang ada sih di TV, tetapi itu kan cuma beberapa stasiun TV aja dan cuma ditayangkan pada waktu-waktu tertentu saja. Kalau di Youtube bisa dilihat berulang-ulang dan bisa dibikin tiap hari dengan durasi tak terbatas.

Jin itu memang ada, dan salah satu dari makhluk yang Allah SWT ciptakan. Jin terbuat dari api, diciptakan sebelum manusia, merupakan makhluk yang berkembangbiak/berketurunan, dapat melihat manusia namun manusia tidak dapat melihatnya, serta memiliki kehendak/hak memilih sehingga ada yang beriman dan ada yang kafir. Seperti manusia, jin Allah ciptakan untuk beribadah hanya kepada-Nya semata.

Saya sendiri suka film-film horor yang ceritanya tentang hantu (bukan yang sadis-sadis). Apalagi sama nonton sama keluarga, jadi bisa sekalian menakuti adik-adik dan sepupu-sepupu. Hehe. Tetapi ya hanya itu saja, hanya sebagai hiburan dan supaya mengetes akidah saya, apakah setelah nonton jadi takut atau tidak. Soalnya waktu kecil, saya pernah takut setelah nonton film Anak Ajaib-nya Joshua Suherman pas episode ada drakula. Saya sampai merinding, susah tidur, dan takut ke kamar mandi. Hehe. Jadi, sekarang tentu tidak mau seperti itu lagi. Harus berani. Akan tetapi bukan berarti saya menantang dan ingin berinteraksi dnegan jin, karena yang saya pahami berhubungan dengan jin itu tidak boleh dalam Islam.

Nah, meski jin itu sama-sama makhluk Allah dan ada beberapa kemiripan, manusia diperintahkan oleh Allah SWT untuk melakukan pergaulan dengan sesama manusia saja, bukan dengan jin. Hal ini dikarenakan tujuan hubungan sosial adalah untuk melahirkan ketentraman hati. Semua itu dapat berlangsung dan terwujud dengan baik, karena seorang manusia dapat mendengarkan pembicaraan saudaranya, dapat melihat sosok tubuhnya, maupun berjabatan tangan dengannya. Itulah fitrah manusia. Dengan begitu, Allah tidak pernah menganjurkan manusia untuk menjalin hubungan dengan makhluk ghaib yang asing bagi manusia. Bahkan Allah tidak memerintahkan kita untuk berkomunikasi dengan malaikat sekalipun (kecuali para Nabi dan Rasul), padahal semua malaikat adalah makhluk Allah yang taat kepada-Nya.

Apabila manusia meminta jin agar bersedia berhubungan dengannya, maka pasti jin tersebut akan mengajukan syarat-syarat tertentu yang berpotensi menyesatkan manusia dari jalan Allah swt. Hal ini membuat kita tidak dapat berhubungan dengan mereka secara wajar sebagaimana hubungan sesama manusia. Kalau pun terjadi hubungan, maka kita berada pada posisi yang lemah, karena kita tidak dapat melihat mereka dan mereka bisa melihat kita.

Dengan demikian, berhubungan dengan jin adalah salah satu pintu kerusakan dan berpotensi mendatangkan bahaya besar bagi pelakunya, karena berhubungan dengan jin tidak mungkin dilakukan kecuali apabila jin itu menghendakinya. Sering kali dia baru bersedia apabila manusia memenuhi syarat-syarat tertentu. Syarat-syarat ini dapat dipastikan secara bertahap akan menggiring manusia jatuh kepada kemaksiatan, bahkan mungkin kemusyrikan dan kekufuran yang mengeluarkannya dari ajaran Islam. Na’udzu billah.

Kesimpulannya. Pilah dan pilih tontonan horror di youtube, kalau sudah dengan sengaja berhubungan dengan jin, ada adegan memasukkan jin ke dalam tubuh manusia, atau sudah bekerja sama dengan jin; mending tidak usah ditonton. Supaya mereka tidak membuat konten yang seperti itu lagi. Lebih dari itu, masih banyak konten bermanfaat di Youtube. Semoga kita menjadi orang yang selalu dijaga oleh Allah dari hal kemusyrikan. Amiin.

Allahu a’lam.

Silakan menanggapi tulisan ini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.